Nilai Dan Prilaku Kebijaksanaan Perkerti Dalam Berkompetisi Secara Sehat

Nilai Dan Prilaku Budi Perkerti Dalam Berkompetisi Secara Sehat

Berikut ini  yaitu nilai-nilai  dan sikap budi pekerti yang bisa menujukan kesipan untuk berkompetisi secara sehat  dengan orang lain.

Berani Memikul Risiko

Selalu mencoba mengetahum sesuatu dengan kebijaksanaan pikiran; biasa mengerjakan sesuatu secara tuntas; selalu termotivasi untuk melaksanakan sesuatu  pekerjaan; biasa melaksanakan pekerjaan yang mempunyai tantangan, atau kesusahan; selalu mengambil pesan yang tersirat dan setiap yang dialami.

Berpikir Jauh ke Depan

Terbiasa menabung sebagian uang jajan; menghindarkin sikap mementingkan kepentingan sesaat; selalu meinpertimbangkan dengan penuh kebijaksanaan sebelum bertindak.



Bersifat Konstruktif

Terbiasa mengajukan Koreksi yang membangun bagi orang lain dan mendapatkan Koreksi yang membangun bagi dirinya; menghindarkan dan sikap berkhianatdan ceroboh; suka memdiberi masukan yang membangun; suka mendiskusikan sesuatu untuk perbaikan.

Cermat

Terbiasa mengerjakan tugas-tugas dengan penuh perhatian; menghindari sikap ceroboh; selalu berbuat dengan ketelitan penuh; tidak sembrono dan tidak suka asal-asalan.

Efisien

Terbiasa hidup dengan tidak berlebih-lebihan; sanggup menyadari bahwa tiruana penghasilan orangtua tidak harus dihabiskan; tidak memmembuang-membuang waktu; bisa menjalankan kiprah dengan baik dan tepat.

Kreatif

Terbiasa mengisi waktu-waktu luang dengan aktivitas yang positif, sanggup membuat kreasi baru; mempunyai daya khayal/imajinasi yang tinggi.

Produktif

Terbiasa melaksanakan pekerjaan yang bermanfaa buat din, orang lain, dan lingkungan; selalu bekerja dengan banyak hasil; kebiasaan membuat sesuatu yang lebih baik dan lebih banyak.

Ulet

Terbiasa dengan perjuangan seterbaik mungkin baik, dalam belajar, menuntaskan kiprah di rumah, sekolah maupun dalam masyarakat; menghindari sikap dan tindakan seadanya/sebisanya; tidak praktis frustasi dan disertai kemauan keras dalam berusaha mencapai cita-cita.

Cerdas

Terbiasa berupaya untuk menjadi orang yang cerdas; menghindarkan sikap suka meremehkan kemampuan orang lain; menyenangi berpikir dengan nalar; selalu memakai kebijaksanaan dan segala daya dalam menghadapi tantangan.

Bertanggung jawaban

Biasa menuntaskan tugas-tugas sempurna waktu; menghindarikan sikap ingkar janji; biasa mengerjakan kiprah hingga selesai.

Berpikir Matang

Biasa bertanya kalau tidak tahu atau tidak jelas; tidak tergesa-gesa dalam bertindak; biasa meminta pendapat.

Dinamis

Biasa bergerak lincah, berpikir cerdas dan berakal mengisi waktu luang untuk meningkatkan prestasi.

Berkemauan Keras

Biasa mempunyai kemauan keras dan berpengaruh serta rajin belajar; berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita.

Percaya Din

Mantap dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari dan tidak praktis terpengaruh dengan ucapan atau perbuatan orang lain.

Mandiri

Terbiasa bersikap dan berperilaku atas dasar inisiatif, kemampuan dan tanggung balasan sendiri; menghindarikan din dan sikap bergantung pada orang lain; bisa menuntaskan duduk kasus tanpa menolongan orang lain.

Kerja Keras

Selalu melaksanakan pekerjaan secara teratur dan bertanggung jawaban; selalu berdisiplin dan bertanggung balasan terhadap pekerjaan; biasa mencar ilmu dan berbakti kepada kedua orangtua; selalu berusaha mengerjakan pekerjaan dengan baik dan benar, tidak suka berpangku tangan, bermalas-malasan, dan memmembuang-membuang waktu,

Gigih

Membiasakan din untuk mencapai keinginannya dengan dorongan kuat; tidak kenal putus asa; selalu giat dalam berusaha; selalu teguh memegang prinsip.

Rajin

Terbiasa bersikap dan bertidak secara terus-menerus dengan semangat dan konsisten untuk mencapai tujuan; menghindarikan sikap pemalas; suka mencar ilmu dan bekerja; terus menerus berusaha apabila menginginkan sesuatu.

Tekun

Terbiasa dengan sikap dan tindakan yang bermanfaa, baik bagi dirinya, kawan-kawan, maupun masyarakat; menghindari sikap dan tindakan sia-sia baik dalam mencar ilmu maupun bekerja (di rumah, di sekolah, dan di masyarakat); rajin dan selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan segala sesuatu.

Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama

Belum ada Komentar untuk "Nilai Dan Prilaku Kebijaksanaan Perkerti Dalam Berkompetisi Secara Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel