Nama Dan Waktu Shalat Lima Waktu Serta Hadis Waktu Shalat 5 Waktu

Sholat wajib lima waktu ialah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah mukallaf yaitu orang yang menyatakan diri Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat yang sudah cukup umur dan berilmu sehat. 

Sholat wajib lima waktu ialah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah mukallaf yaitu oran Nama dan Waktu Shalat Lima Waktu Serta Hadis Waktu Shalat 5 Waktu

Dan muslim yang sudah mukallaf itulah yang wajib oleh Allah SWT untuk melakukan sholat wajib lima waktu tanpa ditawar-tawar lagi. Kecuali bagi mereka yang sedang berhalangan berdasarkan syariat Islam, menyerupai sedang menstruasi, nifas, dan lain sebagainya. Allah SWT berfirman:


فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu ialah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S. Annisa:103)
Dalam bahasa fiqih kewajiban disini disebut sebagai wajib atau fardhu 'ain. Artinya perbuatan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap individu yang sudah baligh dan berilmu sehat (mukallaf) baik pria maupun perempuan.


Nama dan waktu shalat lima waktu 

#1 - Shalat subuh 
Shalat subuh jumlah rakaat nya ada dua. waktunya yaitu dimulai dari terbitnya Fajar Shidik hingga terbitnya matahari. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW:
Dari Abdullah bin Amr bin Ash R.a. Bahwasanya Nabi SAW bersabda: Adapun waktu sholat subuh ialah mulai dari terbitnya Fajar Shidik hingga hingga terbit matahari (HR muslim).
Keterangan
Fajar Shidiq ialah suatu cahaya yang nampak jelas di sebelah timur dan terus bertambah jelas cahayanya / sinarnya hingga terbitnya matahari 
Fajar kadzib ialah suatu cahaya jelas di sebelah timur yang muncul sebelum Fajar Sidik akan tetapi sesudah nampak jelas lalu kembali gelap gulita.

#2 - Sholat dzuhur
Sholat dzuhur jumlah rakaatnya ada empat. waktu mulai tergelincir condongnya matahari di sebelah barat (dari pas di tengah-tengah) hingga bayang-bayang suatu benda sama panjangnya dengan benda tersebut. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW:
Dari Abdullah bin Amr r.a: Bahwasanya nabi bersabda: waktu dzuhur ialah apabila matahari tergelincir dan hingga bayang-bayang seorang sama panjang dengan badannya sebelum tiba waktu Ashar (H.R Muslim)
#3 - Shalat ashar
Shalat ashar jumlah rakaatnya ada empat. Waktu mulainya dari bayang-bayang suatu benda sama panjangnya dengan benda tersebut hingga hingga matahari mulai terbenam. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW yang berbunyi:
Dari Abdullah bin Amr Bin Ash r.a. Bahwasanya Nabi SAW bersabda: dan waktu sholat ashar selama matahari belum terbenam. (H.R. Muslim)
#4 - Shalat maghrib
Salat maghrib jumlah rakaatnya ada tiga. waktu mulainya mulai terbenamnya matahari hingga hingga hilangnya bayang-bayang merah (syafaqul amhar) di sebelah barat. Hal tersebut sesuai dengan sabda nabi:
Dari Abdullah bin Amr Bin a.s. sebenarnya nabi bersabda: dan waktu maghrib ialah mulai terbenamnya matahari hingga hingga hilangnya bayang-bayang merah (syafaqul amhar) di sebelah barat. (H.R. Muslim)
#5 - Sholat Isya
Sholat Isya jumlah rakaatnya ada empat. waktunya ialah mulai dari hilangnya bayang-bayang merah di sebelah barat hingga hingga terbitnya Fajar Shidik (separuh dari pertengahan malam yang akhir). Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi SAW: 
Dari Abdullah bin Amr Bin Ash R.a.: sebenarnya Nabi SAW bersabda: dan waktu Isya ialah hingga separuh pertengahan malam yang akhir. (H.R. Muslim)
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Nama dan Waktu Shalat Lima Waktu yang Perlu Anda Ketahui yang kami rangkum dari buku bacaan kami. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan anda. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Nama Dan Waktu Shalat Lima Waktu Serta Hadis Waktu Shalat 5 Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel