Memahami Vitamin (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap

Kita sering mendengarkan istilah vitamin dalam kehidupan sehari – hari, khususnya dalam ranah kesehatan. Orang – orang di sekitar kita sering menunjukkan saran jangan hingga kekurangan vitamin supaya badan kita tetap sehat. Namun terkadang kita tidak mengetahui secara niscaya apa itu vitamin ? apa saja jenis vitamin ? dan bagaimana cara mendapat vitamin itu sendiri ?. Nah pada kesempatan kali ini mari kita ulas pertanyaan – pertanyaan seputar vitamin yang sering membesit di pikiran kita.


Kita sering mendengarkan istilah vitamin dalam kehidupan sehari  Memahami VITAMIN (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap

Pengertian Vitamin Secara Umum

Vitamin ialah sekumpulan senyawa organik berbentuk molekul kecil yang setiap jenis dari vitamin mempunyai fungsi vital dalam proses metabolisme suatu organisme. Vitamin merupakan senyawa organik yang tidak sanggup di hasilkan oleh badan kita. Oleh alasannya ialah itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, kita perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin yang di perlukan oleh tubuh.(Sumber:Wikipedia)

Terdapat aneka macam macam jenis makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin yang sanggup di konsumsi dalam rangka pemenuhan kebutuhan vitamin dalam tubuh. Jenis makanan yang paling banyak mengandung vitamin ialah buah – buahan dan sayuran. Dari buah – buahan dan sayuran kita sanggup menciptakan makanan dan minuman yang sehat dan sanggup memenuhi kebutuhan vitamin dalam badan kita tentunya.  

Fungsi dan Peranan Vitamin Secara Umum
Fungsi dan peranan vitamin dalam badan kita sangatlah spesifik dan juga sanggup menunjukkan manfaat yang signifikat bagi kesehatan tubuh. Tubuh kita tidak memerlukan jumlah vitamin dalam jumlah yang banyak, namun badan kita hanya memerlukan jumlah vitamin yang sedikit atau cukup. 

Perlu di perhatikan, apabila jumlah vitamin tidak mencukupi kebutuhan yang di perlukan oleh tubuh, maka badan proses metabolisme dalam badan akan terganggu dan akan sanggup dengan gampang terjangkit penyakit. Selain itu, Asupan vitamin yang melebih jumlah optimal (Jumlah kebutuhan vitamin dalam tubuh) juga akan sanggup menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Oleh alasannya ialah itu, Vitamin yang harus kita konsumsi harus cukup, tidak kurang dan tidak lebih. 

Klasifikasi Vitamin
Berdasarkan 13 macam – macam vitamin menyerupai yang telah di jelaskan diatas, yang secara umum di kelasifikasikan menjadi dua kelompok besar. Yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. 

Vitamin yang larut dalam air merupakan senyawa – senyawa yang di perlukan namun tidak di simpan dalam tubuh. Vitamin ini akan larut dalam air serta akan kelauar melalui urine dalam jumlah yang kecil. 

Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak (tidak larut dalam air) merupakan vitamin yang larut dan bersirkulasi dalam darah. Jumlah vitamin yang larut dalam lemak berlebihan disebut dengan  hypervitaminosis, yaitu kelebihan jumlah vitamin dalam tubuh. Jenis vitamin ini merupakan jenis vitamin yang otomatis akan tersimpan dalam badan sehabis di konsumsi.  Berikut ialah pembagian terstruktur mengenai vitamin menurut kedua kelompok besar diatas

Vitamin yang Larut dalam Air
  • Vitamin B1 (Thiamin) 
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B6 (Piridoksin, piridoksal, piridoksamin)
  • Vitamin B12 (Kobalamin)
  • Vitamin B8 (Biotin)
  • Vitamin C

Vitamin yang Larut dalam Lemak (Tidak Larut dalam Air)
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Pembahasan terkait dengan konten ini, merupakan hasil studi literasi dari aneka macam macam sumber bacaan. Artikel ini bersifat hanya sebagai pengetahuan dan bukan sebagai rujukan. Dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan, lebih utama hendaknya di konsultasikan ke dokter ahli. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Mamahami VITAMIN (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap. Semoga bermanfaat dalam pembuatan Materi Makalah Vitamin Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Terkait :
13 Macam Vitamin yang Di Butuhkan Oleh Tubuh
Hubungan Antar Tulang Manusia
Pengertian Tulang Manusia Lengkap

Belum ada Komentar untuk "Memahami Vitamin (Pengertian, Fungsi, Klasifikasi) Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel