Memahami Analisis Swot (Pengertian, Kuadrant, Dan Matriks Swot) Lengkap

Analisis Swot : Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT - Pengertian Analisis SWOT ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengevaluasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) internal organisasi, serta peluang (opportunities) dan bahaya atau tantangan (threats) eksternal suatu organisasi atau proyek atau suatu spekulasi bisnis. 


Pengertian Analisis SWOT ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengeval Memahami ANALISIS SWOT (Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT) Lengkap

Kekuatan didefinisikan sebagai sumberdaya, keterampilan, atau keunggulan-keunggulan lain relative terhadap pesaing dan kebutuhan pasar yang harus dilayani perusahaan. Kelemahan didefinisikan sebagai keterbatasan dalam sumberdaya, keterampilan, dan kapabilitas yang menghambat kinerja perusahaan. Peluang didefinisikan sebagai situasi penting yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. 

Ancaman didefinisikan sebagai situasi penting yang tidak menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Keempat faktor itulah yang membentuk sebuah singkatan SWOT. Analisis SWOT dilakukan dengan maksud untuk mengenali tingkat kesiapan setiap fungsi dari keseluruhan fungsi yang diharapkan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam analisis SWOT. Analisis SWOT harus dilakukan terhadap keseluruhan faktor dalam setiap fungsi, baik faktor internal maupun eksternal. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal peluang dan bahaya dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Bentuk kuadran analisis SWOT digambarkan pada gambar dibawah ini.

Pengertian Analisis SWOT ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengeval Memahami ANALISIS SWOT (Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT) Lengkap
Kuadran Analisis SWOT
Kuadran 1merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Organisasi mempunyai peluang dan kekuatan sehingga sanggup memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang sanggup diterapkan ialah dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif

Kuadran 2 : Meskipun menghadapi banyak sekali ancaman, perusahaan masih mempunyai kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan ialah memakai peluang jangka panjang.

Kuadran 3 : perusahaan menghadapi peluang  pasar yag sangat besar, tetapi di lain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Fokus strateginya ialah dengan meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan, sehingga sanggup merubah peluang pasar yang lebih baik.

Kuadran 4 : merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan menghadapi banyak sekali bahaya dan kelemahan internal.

Analisis SWOT terdiri dari analisis faktor internal (Internal Factor Analysis Summary/IFAS) dan analisis faktor eksternal (Eksternal Factor Analysis Summary/EFAS). Pengambilan keputusan sanggup dilakukan menurut skor yang diperoleh dari faktor IFAS dan EFAS. Bentuk matrik posisi taktik perjuangan ialah sebagai berikut.
Pengertian Analisis SWOT ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk mengeval Memahami ANALISIS SWOT (Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT) Lengkap
Matrik Analisis SWOT
Kriteria Pengambilan Keputusan
Kriteria dalam melaksanakan pengambilan keputusan ialah sebagai berikut :
Kriteria 1. Apabila usahatani terletak di kawasan White Area (Bidang Kuat-Berpeluang), maka perjuangan tersebut mempunyai peluang pasar yang prospekif dan mempunyai kompetensi untuk mengerjakannya.

Kriteria 2. Apabila usahatani terletak di kawasan Grey Area (Bidang Lemah-Berpeluang), maka perjuangan tersebut mempunyai peluang pasar yang prospekif namun mempunyai kompetensi untuk mengerjakannya.

Kriteria 3. Apabila usahatani terletak di kawasan Grey Area (Bidang Kuat-Terancam), maka perjuangan tersebut cukup berpengaruh dan mempunyai kompetensi untuk mengerjakannya, namun peluang pasar sangat mengancam.

Kriteria 4. Apabila usahatani terletak di kawasan Black Area (Bidang Lemah-Terancam), maka perjuangan tersebut tidak mempunyai kompetensi untuk mengerjakannya dan tidak mempunyai peluang pasar.

Nah Gaes, Itulah ulasan artikel terkait dengan Analisis Swot : Pengertian, Kuadrant, dan Matriks SWOT yang kami rangkum dari beberapa literatur eksklusif kami yang lalu sanggup anda jadikan sebagai makalah. Analisis Swot ini sanggup di gunakan dalam perusahaan, pendidikan, dan sekolah. Untuk lebih memahami analisis swot ini, silahkan lihat vidio di bawah ini:

Dengan adanya artikel ini kami harap apa yang ada dalam komponen artikel ini sanggup bermanfaat bagi anda. terkait dengan artikel tersebut apakah ada yang ditanyakan?

Belum ada Komentar untuk "Memahami Analisis Swot (Pengertian, Kuadrant, Dan Matriks Swot) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel