Makalah Pengantar Ekonomi Mikro
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengantar ekonomi mikro Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikro ekonomi) ialah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari sikap konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang,dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana banyak sekali keputusan dan sikap tersebut memengaruhi penawaran dan ajakan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga, dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penwaran dan ajakan barang dan jasa selanjutnya. Kebalikan dari ekonomi mikro ialah ekonomi makro, yang membahas kegiatan ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, banyak sekali kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas bermacam-macam tindakan pemerintah ( contohnya perubahan tingkat pajak ) terhadap hal-hal tersebut. Salah satu tujuan ekonomi mikro ialah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relative terhadap produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan sumber alternative. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan banyak sekali kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro, mencakup pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam infomasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta banyak sekali aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga menerima perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam system pasar. 2.2. Kegagalan Pasar Dalam ekonomi mikro, istilah “kegagalan pasar” tidak berarti bahwa sebuah pasar tidak lagi berfungsi. Malahan, sebuah kegagalan pasar ialah situsi dimana sebuah pasar efisien dalam mengatur produksi atau alokasi barang dan jasa ke konsumen. Empat jenis utama penyebab kegagalan pasar adalah: a. Monopoli atau dalam kasus lain dari penyalahgunaan dari kekuasaan pasar dimana sebuah pembeliatau penjual biasa memberi imbas signifikan pada harga atau keluaran. b. Ekternalitas, dimana terjadi dalam kasus dimana ”pasar tidak dibawa kedalam akun dari akhir kegiatan ekonomi didalam orang luar atau orang asing. c. Barang publik menyerupai pertahanan nasional dan kegiatan dalam kesehatan publik menyerupai pembasmian sarang nyamuk. Contohnya, kalau membasmi sarang nyamuk diserahkan pada pasar pribadi, maka jauh lebih sedikit sarang yang mungkin akan dibasmi. d. Kasus dimana terdapat info asimetris atau ketidakpastian (informasi yang efisien). Informasi asimetris terjadi saat salah satu pihak dari transaksi mempunyai info yang lebih banyak dan baik dari pihak yang lain. 2.3. Penerapan Ekonomi Mikro Ekonomi mikro yang diterapkan termasuk area besar belajar,banyak diantaranya banyak menggambarkan metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajari topik menyerupai masuk dan keluar dari firma,inovasi,aturan merek dagang. Hokum dan ekonomi menerapkan prinsip ekonomi mikro kepemilihan dan penguatan dari kompetisi dengan rezim legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajari perihal upah, kepegawaian, dan dinamika pasar buruh. Finansial publik (juga dikenal dengan ekonomi publik) mempelajari rancangan dari pajak pemerintah dan kebijakan pengeluaran dan imbas ekonomi dari kebijakan-kebijakan tersebut (contohnya, asuransi sosial). Ekonomi kesehatan mempelajari organisasi dari sistem kesehatan, termasuk tugas dari pegawai kesehatan dan acara asuransi kesehatan. Politik ekonomi mempelajari tugas dari intitusi politik dalam menentukan keluarnya sebuah kebijakan. Ekonomi kependudukan , yang mempelajari tantangan yang dihadapi oleh kota-kota, menyerupai gepeng, polusi air dan udara, kemacetan kemudian lintas, dan kemiskinan digambarkan dalam geografi kependudukan dan sosiologi. Finansial ekonomi mempelajari topik menyerupai struktur dari portofolio yang optimal, rasio dari pengembalian ke modal, analisa ekonometri dari keamanan pengembalian, dan kebiasan finansial korporat . Bidang sejarah ekonomi mempelajari evolusi dari ekonomi dan institusi ekonomi, memakai metode dan teknik dari bidang ekonomi, sejarah, geografi, sosiologi, psikologi, dan ilmu politik. 2.4. Konsep Dasar Stuktur Pasar Dalam Ekonomi Mikro Ø Pasar Monopoli Struktur pasar yang sangat bertentangan. Ciri-cirinya dengan persaingan `sempurna ialah pasar monopoli . Pasar monopoli ialah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja, dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Ciri-cirinya ialah sebagai berikut: A. Pasar monopoli ialah industri satu perusahaan yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industri tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkannya tidak sanggup dibeli dari daerah lain. B. Tidak mempunyai barang pengganti menyerupai Barang yang dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak sanggup digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang menyerupai itu dan tidak terdapat barang menyerupai (close substitute) yang sanggup menggantikan barang tersebut C. Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industri Sifat ini merupakan penyebab utama yang mengakibatkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini pasar monopoli tidak akan wujud, lantaran tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya akan terdapat beberapa perusahaan di dalam industri. D. Dapat memengaruhi penentuan harga Oleh lantaran perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar, maka penentuan harga sanggup dikuasainya oleh lantaran itu perusahaan monopoli di pandang sebagai penentu harga (price setter), dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli sanggup menetukan harga pada tingkat yang dikehendakinya. E. Promosi iklan kurang diharapkan Perusahaan monopoli tidak perlu mempromosikan barangnya dengan memakai iklan. Pembeli yang memerlukan barang diproduksikannya terpaksa membeli dari padanya. Faktor-faktor yang mengakibatkan pasar monopoli a) Memiliki sumber daya yang unik Salah satu sumber penting dari adanya monopoli ialah pemilikan suatu sumber daya unik (istimewa yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain) contohnya: perusahaan permata “de beers company” di Afrika Selatan, hampir semua pertambangan permata yang ada didunia ini dimiliki perusahaan tersebut. b) Dapat menikmati skala ekonomi Jumlah produksinya sangat besar dan mencakup hampir seluruh produksi yang diharapkan di dalam pasar. Suatu industri yang skala ekonominya mempunyai sifat itu ialah perusahaan yang dikatakan merupakan monopoli alamiah (natural monopoly) menyerupai contohnya: perusahaan jasa umum (listrik, air minum, telepon, dan perusahaan angkutan kereta api). c) Kekuasaan ekonomi yang diperoleh melalui peraturan pemerintah Peraturan paten dan hak cipta (copy right) ialah jaminan aturan untuk menghindari dari penjiplakan, tetapi hak cipta khusus diberikan kepada penulis buku dan pengubahnya. d) Hak perjuangan pribadi Untuk membuat keadaan ekonomi yang baik secara serentak, pemerintah harus menjalankan dua langkah: memperlihatkan hak monopoli pada suatu perusahaan dalam suatu kegiatan tertentu, menentukan harga atau tarif yang rendah keatas barang atau jasa yang diproduksikan. Contoh : perusahaan air minum, pembangkit listrik, angkutan kereta api. Tanpa adanya hak pribadi untuk berusaha sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan mengikuti skala ekonomi secara maksimum. Kebaikan perusahaan monopoli a. Apabila menikmati skala ekonomi, biaya produksi lebih murah daripada di firma, pasar persaingan sempurna, dan tingkat produksi lebih besar. b. Mutu barang semakin meningkat dan harganya semakin murah, apabila perusahaan terus-menerus melaksanakan pengembangan dan inovasi. c. Kesejahteraan masyarakat sanggup ditingkatkan, apabila monopoli terus menghasilkan barang yang lebih murah dan lebih bermutu. Keburukan perusahaan monopoli a. Harga barang lebih mahal dan tingkat produksi lebih rendah di pasar persaingan sempurna. b. Barang yang dihasilkan tidak banyak mengalami perubahan c. Kesejahteraan masyarakat lebih jelek daripada yang diwujudkan oleh pasar persaingan sempurna. disamping itu monopoli cenderung memperburuk distribusi pendapatan dalam masyarakat. Contoh pasar monopoli: perusahaan jasa umum, perusahaan air minum, perusahaan pembangkit listrik, perusahaan kereta api. Ø Pasar Persaingan Sempurna Persaingan tepat merupakan struktur pasar yang paling ideal, lantaran diangggap sistem pasar ini ialah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) atau efisiensinya. Persaingan tepat ialah struktur pasar atau industri dimana terdapat penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pembeli tidak sanggup mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-ciri pasar persaingan tepat a. Perusahaan ialah pengambil harga (price taker) Adalah suatu perusahaan yang ada didalam pasar tidak sanggup menentukan atau mengubah pasar. b. Setiap perusahaan gampang keluar atau masuk Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tersebut. Langkah ini sanggup dengan gampang dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melaksanakan kegiatan di industri tersebut, produsen sanggup dengan gampang melaksanakan kegiatan yang diinginkanya tersebut. c. Menghasilkan barang serupa Barang yang dihasilkan banyak sekali perusahaan tidak gampang untuk dibedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa, jadi tidak ada gunanya kalau perusahaan untuk melaksanakan persaingan yang berbentuk persaingan bukan harga atau (non price competition) yaitu persaingan dengan iklan dan promosi penjualan. d. Terdapat banyak perusahaan di pasar Sifat inilah yang mengakibatkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Meliputi dua aspek yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan ialah relative kecil kalau dengan keseluruhan jumlah perusahaan didalam pasar, kesannya jumlah produksi perusahaan tersebut sedikit dibandingkan dengan perusahaan yang lain. e. Pembeli mempunyai pengetahuan tepat mengenai pasar Mereka juga mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perusahaan-perusahaan ke atas harga tersebut. Akibatnya para produsen tidak sanggup menjual barangnya dengan harga yang lebih tinggi dari yang berlaku di pasar. Di bandingkan dengan struktur pasar yang lain, pasar persaingan tepat mempunyai beberapa kebaikan dan keburukannya : Kebaikannya: a. Dapat memaksimumkan efisiensi, b. Tingkat kebebasan bertindak dan menentukan tinggi c. Dapat membuat distribusi pendapatan yang lebih baik. Kelemahannya: a. Tidak menggalakkan motivasi, b. Adakalanya mengakibatkan biaya social c. Pilihan konsumen terbatas d. Adakalanya biaya produksi lebih tinggi dan adakalanya distribusi pendapatan tidak seimbang. Contoh pasar persaingan tepat : perusahaan makanan, perusahaan peralatan pabrik dan perusahaan tekstil Ø Pasar Persaingan Tidak Sempurna Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau bisa mengendalikan harga output di pasar. Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli,pasar persaingan monopolistic dan oligopoly. A. Pasar monopoli merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan dimana terdapat kendala bagi perusahaan-perusahaan gres untuk memasuki pasar. Beberapa kendala masuk berupa waralaba pemerintah, paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka. B. Persaingan monopolistic merupakan industri yang mempunyai banyak produsen di mana perusahaan pesaing bebas memasuki industri dan perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan produk mereka. Diferensiasi produk dimaksudkan untuk memenuhi impian konsumen, membangun reputasi atas produk yang dihasilkan dan dan memperlihatkan pelayanan yang baik. Selain kelebihan berupa adanya keanekaragaman produk, efisiensi dan info perihal produk, diferensiasi produk juga mempunyai kelemahan yaitu adanya pemborosan, harga produk yang lebih mahal, kesalahan info dan kejenuhan masyarakat terhadap tayangan iklan. C. Oligopoly ialah industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang masing-masing cukup bisa untuk mempengaruhi harga pasar dari output yang dihasilkan. Selain mempunyai banyak bentuk dalam pasar oligopoly terdapat juga empat model yang umum dikenal yaitu model kolusi, model cournot, model kurva ajakan patah dan model kepemimpinan harga. Perusahaan-perusahaan yang mempunyai kekuatan pasar dihadapkan pada empat keputusan penting yaitu berapa output yang akan diproduksi, bagaimana memproduksinya, berapa input yang akan diminta dimasing-masing pasar dan berapa harga output yang akan ditetapkan. Keputusan harga dan output oleh perusahaan dalam pasar persaingan tidak tepat berbeda-beda tergantung pada bentuk pasar di mana perusahaan berada dan tujuan dari perusahaan ialah memaksimalkan keuntungan total. Diskriminasi harga merupakan ketetapan harga yang berbeda untuk pembeli barang yang sama atau penetapan harga dimana perbandingan harga dan biaya marjinal berbeda di antara para pembeli. Diskriminasi harga dibedakan menjadi tiga yaitu diskriminasi harga derajat ketiga, diskriminasi harga derajat kedua dan diskriminasi harga derajat pertama. Contoh pasar persaingan tidak sempurna: Perusahaan materi masakan (beras, minyak goreng,bumbu dapur,gula), persaingan harga pasar. BAB III PENUTUP
Kesimpulan Ekonomi Mikro tidak terlepas dari prilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan banyak sekali kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Secara garis besar ada empat jenis utama penyebab kegagalan pasar yaitu monopoli, ekternalitas, barang publik, dan kasus dimana terdapat info asimetris atau ketidakpastian. Dan konsep dasar struktur pasar dalam ekonomi mikro mencakup pasar monopoli, pasar persaingan sempurna, dan pasar persaingan tidak sempurna.
Belum ada Komentar untuk "Makalah Pengantar Ekonomi Mikro"
Posting Komentar