Komunikasi Massa : Pengertian, Contoh, Ciri-Ciri, Karakteristik, Fungsi, Berdasarkan Para Ahli

Pengertian komunikasi massa yaitu bentuk komunikasi yang menghubungkan antara komunikator dengan komunikan secara masal, heterogen, dan terpencar dengan memakai media massa, sehingga sanggup menimbulkan adanya perubahan perilaku terhadap komunikan (penerima pesan). Definisi komunikasi massa yang lain yaitu penyebaran pesan dengan memakai media yang ditujukan kepada massa yang aneh (sejumlah orang yg tidak tampak oleh si penyampai pesan).



Pengertian Komunikasi Massa Menurut Para Ahli
Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman, banyak para ilmuan dari banyak sekali macam bidang ilmu pengetahuan yang memperlihatkan pendapat tenteng pengertian komunikasi massa. Pendapat - pendapat para jago tersebut akan pengertian komunikasi massa bukanlah suatu permasalahan, namun hal tersebut merupakan wawasan - wawasan yang sanggup kita gunakan sebagai refrensi dalam memahami komunikasi massa itu sendiri. Berikut yaitu bebapa pengertian komunikasi massa berdasarkan para ahli:

#1 - Pendapat Wright
Salah satu ilmuan komunikasi bernaman Wright menjelaskan bahwa komunikasi massa yaitu bentuk gres komunikasi sanggup dibedakan dari corak-corak yang usang alasannya yaitu mempunyai karakteristik utama sebagai berikut:

  • Mampu mencapai banyak khalayak secara serentak
  • Diarahkan pada khalayak yang relatif besar
  • Bersifat heterogen dan anonim
  • Pesan disampaikan secara terbuka
  • Bersifat sekilas (khususnya media elektronik). 


#2. - Pendapat Freidson
Pendapat kedua yang di sampaikan oleh freidson menjlaskan bahwa komunikasi massa yaitu jenis komunikasi yang di alamtkan kepada seluruh populasi dari banyak sekali kalangan atau kelompok sosial, dan mempunyai sifat yang umum atau tidak spesifik terhadap satu populasi atau individu. Komunikasi jenis ini juga mempunyai anggapan tersirat akan adanya alat-alat khusus untuk memberikan pesan semoga komunikasi itu sanggup mencapai pada ketika yang sama semua orang yang mewakili banyak sekali lapisan masyarakat, baik itu masyarakat madani atau masyarakat secara umum.

#3 - Pendapat Jay Black dan Frederick C
Pendapat ketiga yang di sampaikan oleh Jay Black dan Frederick C juga menjelaskan bahwa komunikasi massa yaitu suatu proses dimana informasi atau pesan yang diproduksi secara massal/tidak sedikit itu disebarkan kepada massa peserta pesan yang luas, anonim, dan heterogen. Luas dalam hal tersebut artinya yaitu umum, tidak terikat oleh ruang dan waktu. Anonim yang dimaksud dalam pengertian tersebut berarti peserta pesan (komunikan) merupakan peserta pesan yang tidak tau satu sama lain atau tidak mengenal. Sedangkan heterogen berarti peserta pesan terdiri dari banyak sekali macam latar belakang yang mencakup status, pekerjaan, usia, dan lain sebagainya.

#4 - Pendapat Gebner
Pendapat keempat yang di sampaikan oleh gebner menjelaskan bahwa Komunikasi massa yaitu acara memproduksi dan mendistribusi informasi yang berlandaskan teknologi forum dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat. Pada ini lebih menitik tekankan pada produksi dan distribusi pesan kepada komunikan yang cenderung bersifat heterogen.

Ciri - Ciri Komunikasi Massa
Dalam menganalisis sebua komunikasi, terdapat beberapa ciri - ciri yang perlu di perhatikan . Berikut yaitu beberapa ciri - ciri komunikasi massa yang harus anda ketahui:

  • Komunikasi massa berlangsung satu arah,
  • Komunikator  pada komunikasi massa melembaga
  • Pesan pada komunikasi massa bersifat umum
  • Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan
  • Komunikan kommunikasi massa bersifat heterogen


Fungsi Komunikasi Massa
Komunikasi massa dalam pengaplikasiaanya mempunyai beberapa fungsi yang di sesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Berikut yaitu beberapa fungsi komunikasi massa dalam kehidupan masyarakat

#1. Pengawasan (Surveillance)
Media merupakan sarana penting dalam keberlangsungan acara komunikasi massa. Media berperan dalam memproduksi dan mendistribusi suatu berita. Dengan begitu, media dalam komunikasi massa sanggup mengambil daerah untuk mengadakan pengawasan. Seperti peliputan isu yang berkembang di masyarakat, kecelakaan, kriminalitas dan lain sebagainya.

#2. Interpretasi (interpretation)
Komunikasi massa berfungsi untuk menafsirkan atau menginterpretasikan isu yang belum terang yang sedang berkembang. Kegiatan teresebut sanggup berupa klarifikasi, penyampaian komplain, dan sanggup berupa penterjemahan suatu isu. Dalam dunia jurnalistik, istilah ini juga biasa dikenal dengan editorial dan propaganda.

#3. Sosialisasi
Fungsi keempat dari komunikasi massa yaitu sosialisasi, artinya komunikasi massa sanggup dipakai sebagai sarana untuk menyebar luaskan informasi, nilai - nilai, norma - norma sosial, dan pengetahuan dari generasi kegenerasi selanjutnya. Fungsi ini juga sering disebut dengan fungsi pendidikan.

#4. Hiburan (Entertaint)
Fungsi hiburan mempunyai peringkat tertinggi bila di bandingkan dengan fungsi - fungsi yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan, adanya teknologi yang semakin akan terus mendukung pekembangan media komunikasi massa. Semakin berkembang media massa tersebut akan meningkatkan persuasi terhadap komunikan. Hiburan - hiburan yang di sajikan oleh media massa sangat di minati oleh komunikan.

Karakteristik Komunikasi Massa
Berdasarkan ciri - ciri dari komunikasi massa, maka karakteristik dari komunikasi massa ittu sendiri yaitu sebagai berikut:

#1. Komunikasi massa berlangsung satu arah
Keberlangsungan komunikasi massa, tidak lah lepas dari adanya suatu media yang menghubungkan antara komunikator dengan banyak komunikan. Adanya media dalam acara komunikasi massa sanggup menunda adanya timbal balik dari komunikan kepada komunikator. Penundaan timbal balik (feedback) tersebut mengakibatkan acara komunikasi massa hanya terjadi satu arah yaitu dari komunikator kepada komunikan saja.

#2. Komunikator  melembaga
Dalam komunikasi massa, komunikator merupakan perwakilan dari suatu forum atau instansi penerbitan dalam penyampaian informasi atau gagasan yang berkaitan dengan suatu peristiwa, fenomena, atau isu yang sedang berkembang di masyarakat. Penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan sanggup berupa siaran radio, artikel, tajuk rencana,  surat kabar, dan lain sebagainya.

#3. Informasi bersifat umum
Komunikasi massa merupakan jenis komunikasi yang terbuka, artinya pesan sanggup di terima oleh barbagai macam kalang, baik tua, muda, kaya, maupun miskin. Informasi yang di sampaikan dalam komunikasi massa tidak di tujukan kepada spesifik individu atau kelompok. Oleh alasannya yaitu itu informasi atau pesan yang ada dalam komunikasi massa bersifat umum. Informasi atau pesan dalam komunikasi massa sanggup berupa teks berita, teks eksplanasi, teks eksposisi, siaran radio, siaran televisi, dan lain sebagainya.

#4. Menimbulkan Keserempakan
Kelebihan dari jenis komunikasi massa ini salah satunya yaitu sanggup menjangkau banyak khalayak sebagai komunikan (penerima pesan). Jumlah khalayak yang di jangkau sangat banyak bahkan tidak terbatas tergantung media massa yang digunakan. Selain itu, pada kerikil yang bersamaan komunikan yang heterogen sanggup mendapatkan informasi secara serempak dan sama. Dengan memakai media massa, proses komunikasi akan menjadi lebih efektif, efisien, dan menjangkau banyak khalayak.

#5. Komunikan bersifat heterogen dan anonim
Dalam keberlangsungan proses komunikasi massa, komunikator cenderung tidak mengetahui dan tidak mengenal (anonim) komunikannya. Hal tersebut dikarenakan adanya media menjadi penghalang di antara keduanya (tidak bertatap muka). Selain itu, komunikan bersifat heterogen yang berarti peserta pesan dalam komunikasi massa terdari dari banyak sekali macam latar belakang yang mencakup status, pendidikan, pendapatan, dan lain sebagainya.

Contoh Komunikasi Massa "KIAMAT 2012"

Pengertian komunikasi massa yaitu bentuk komunikasi yang menghubungkan antara komunikator KOMUNIKASI MASSA : Pengertian, Contoh, Ciri-ciri, Karakteristik, Fungsi, Menurut Para Ahli

Pada tahun 2012, indonesia bahkan dunia di gemparkan oleh sebuah isu KIAMAT BESAR 2012. Isu tersebut menakut - nakuti seluruh masyarakat yang tersebar di seluruh penjuru dunia yang mengetahui isu tersebut. Isu tersebut terus di kembangkan oleh media massa.

Masyarakat sebagai komunikan tidak sedikit yang merasa ketakutan akan isu tersebut. Tidak sedikit pula masyarakat yang mempersiapkan keselamatannya datangnya selesai zaman tersebut. Bangunan - bangunan kuat, kendaraan tahan banting, dan seluruh harta benda di pertaruhkan untuk mempersiapkan datangnya selesai zaman 2012.

Isu tersebut telah banyak merubah prilaku masyarakat. Namun isu tersebut tidak terbukti kebenarannya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan komunikasi massa yang mencakup pengertian, contoh, ciri - ciri, karakteristik, dan fungsinya. Semoga artikel ini sanggup membantu anda dalam pembuatan materi makalah komunikasi massa. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Komunikasi Massa : Pengertian, Contoh, Ciri-Ciri, Karakteristik, Fungsi, Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel