Ketahui 6 Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis mempunyai Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah  tersendiri dengan puasa puasa sunnah yang lainnya. puasa ini lebih utama dilakukan kedua-duanya, tetapi jikalau salah satu dari 2 hari ke 10 tidak sanggup untuk dilakukan, bukan berarti menggugurkan puasa yang satunya. sebab, banyak yang menyangka bahwa puasa Senin dan Kamis harus dilakukan dua - duanya, sehingga ketika telah berpuasa Senin dan Tertinggal Pada hari Kamis, ia berpikiran bahwa puasanya tidak sah.

 tersendiri dengan puasa puasa sunnah yang lainnya Ketahui 6 Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah Puasa Senin Kamis

Padahal puasa yang dilakukan tersebut tetap sah. Tetapi orang yang melakukannya tersebut belum Istiqomah. Istiqomah dalam melaksanakan ibadah merupakan salah satu yang sangat mendasar. sebab, dengan Istiqomah menciptakan pelakunya terkondisikan dalam melaksanakan ibadah puasa. karenanya ia mencicipi kenikmatan dan kelezatan dalam melaksanakan puasa senin kamis tersebut (Mendapatkan Hikmah Atas Puasanya).

Dengan demikian, melaksanakan puasa hari Senin maupun hanya hari Kamis tidak masalah. Akan tetapi jikalau hendak melaksanakan ibadah dengan penuh konsisten dan ketekunan, maka hari Senin dan dan kamis secara terus-menerus akan selalu dilakukan. dan jikalau seseorang telah bisa melaksanakan demikian, maka ia mempunyai nilai tersendiri bagi dirinya.


KEUTAMAAN DAN MANFAAT PUASA SENIN KAMIS

Keutamaan dan manfaat puasa Senin Kamis secara umum, puasa sunnah apapun yang dilakukan oleh seseorang dengan bukti selalu akan menciptakan pelakunya mendapat manfaat dan hikmah yang besar baik secara lahir maupun batin Sama halnya dengan puasa senin kamis terdapat banyak manfaat yang akan berdampak baik bagi pelakunya berikut ialah beberapa keutamaan puasa Senin Kamis:

#1  Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Banyak media untuk mendekatkan diri kepada Allah diantaranya ialah puasa senin kamis jikalau puasa ini dilakukan secara Istiqomah akan mengondisikan jiwa pelakunya menjadi damai dan dijauhkan dari banyak sekali problem dalam kehidupan yang menyesakkan lantaran hanya orang yang mempunyai hati yang bening yang bisa menjadi orang yang berhasil dalam banyak sekali hal yang ia lakukan dalam hidup dan diantara medianya ialah puasa Senin Kamis.

#2. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW


Tidak disangsikan atau diragukan lagi bahwa Rasulullah SAW selama hidupnya selalu melaksanakan puasa Senin dan Kamis. Ini berarti bukan hanya menurut kemanfaatan yang akan diterima oleh pelakunya akan tetapi juga sebagai bukti bahwa dia mengikuti jejak beliau. Dan mengikuti jejak dia hukumnya ialah sunnah.

#3. Terciptanya keluarga yang bahagia


Pada umumnya orang yang sering melaksanakan puasa Sunnah di harI  Senyum dan Tangis, maka orang tersebut secara otomatis mempunyai kepribadian yang baik menyerupai penyabar penyayang dan penuh rasa Solidaritas terhadap sesama. Terciptanya keluarga yang bahagia, didasarkan atas kepribadian individu. Misalnya kepribadian kepala rumah tangga yang baik akan memperlihatkan kebahagiaan kepada para anggota keluarg. Kepribadian yang baik sanggup di latih salah satuny dengan puasa senin kamis.

#4. Terkabulnya Hajat Dunia dan Akhirat

Memang, hajat seseorang dikabulkan atau tidak, hanya allah swt yang mengetahui. Namun, semakin sering seseorang hamba memohon kepada tuhannya, maka permohonannya akan di dengarkan oleh tuhannya (dianggap serius dan layak). Puasa senin kamis merupakan media seorang hamba untuk berinteraksi (memohon hajat dunia akhirat) kepada allah swt.

#5. Hari senin dan kamis ialah hari yang mulya

Hari Senin merupakan hari dilahirkannya Rosululloh SAW dan diturunkan Wahyu Kepada beliau. sedangkan puasa hari Kamis ialah hari dimana amalan seorang hamba diangkat ke sisi Tuhan. dengan melaksanakan puasa hari Senin ini dibutuhkan setiap kita, selalu mengambil sifat dan mencontoh Rasulullah s a w dalam setiap perilakunya setiap hari. pada puasa hari Senin merupakan wujud kita untuk mencar ilmu banyak dari rosululloh saw.

#6. Memberikan Kesehatan Tubuh

Setiap puasa selalu mendatangkan kesehatan bagi pelakunya Begitu juga dengan puasa senin kamis. puasa senin kamis secara khusus berdampak pada Kesehatan sebagai berikut:
a. Saat yang sempurna untuk mengistirahatkan pencernaan. lantaran ketika kita tidak berpuasa, alat pencernaan dalam badan bekerja sangat keras. sedangkan ketika berpuasa alat pencernaan tersebut beristirahat.
b. Pembersihan badan dari racun dan kotoran. dengan puasa senin kamis berarti membatasi kalori yang masuk dalam badan kita, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang sanggup membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
c. Mencegah penyakit kelebihan gizi atau overnutrisi yang menyebabkan kegemukan, yang sanggup menyebabkan penyakit degeneratif menyerupai kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing bagus (diabetes melitus), dan lain sebagainya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Ketahui #6 Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah  Puasa Senin Kamis. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami. 


Sumber : Hasan, Ali. 2013. Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah Sepanjang Masa.Sabil; Yogyakarta.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui 6 Manfaat / Faedah / Keutamaan / Hikmah Puasa Senin Kamis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel