Jenis - Jenis Metode Penelitian Yang Perlu Di Ketahui

Jenis-jenis penelitian sanggup dikelompokan berdasarkan bidang-bidang, tujuan, metode, tingkat eksplanasi (level of Explanation) dan waktu. Menurut bidang penelitian sanggup dibedakan menjadi penelitian akademis, professional, dan institusional. Dari segi tujuan, metode penelitian sanggup dibedakan menjadi penelitian murni dan terapan.


Metode Penelitian yang Perlu di ketahui Via toovia.com
Dari segi metode penelitian sanggup dibedakan menjadi penelitian survey, exposfacto, eksperimen, naturalistik, policy reaserch,evaluation reasearc, action reseach, sejarah dan research dan development (R & D). Dari level of Explanation sanggup di bedakan menjadi penelitian deskriptif, kompratif, dan asosiatif. Dari segi waktu sanggup di bedakan menjadi cross sectional dan longitudinal. Jenis-jenis penelitian secara umum sanggup di tunjukan pada tabel berikut.

Jenis Jenis Penelitian
Bidang
Tujuan
 Metode
Tingkat Eksplanasi
Waktu
Akademis
Murni
Survey
Dekskriptif
Cross Sectional
Profesional
Terapan
Exposfacto
Komparatif
Longitudinal
Institusional

Eksperimen
Assosiatif



Naturalistik

Policy reseach
Evaluasi
Sejarah
R & D


Penelitian akademik


Penelitian akademik Via commons

Penelitian yang dilkukan para mahasiswa dalam menciptakan skripsi, thesis, disertasi. Penelitian ini merupakan sarana edukatif, sehingga lebih mementingkan validitas internal (caranya yang harus betul). Variabel penelitian terbatas serta kecanggihan analisis diubahsuaikan dengan jenjang pendidikan S1, S2, S3.

Penelitian profesional


Penelitian profesional Via commons

Penelitian yang dilkukan oleh orang yang berprofesi sebagai peneliti ( termasuk dosen). Tujuannya yakni mendapat pengetahuan (ilmu, teknologi, dan seni) baru. Variabel penelitian lengkap, kecanggihan analisis diubahsuaikan dengan kepentingan masyarakat ilmiah. Penelitian dilakukan dengan cara yang betul (validitas eksternal) dan akhirnya sanggup berkhasiat untuk pengembangan ilmu.

Penelitian institusional


Penelitian institusional Via news.vanderbilt.
Penelitian yang bertujuan untuk mendapat gosip yang sanggup dipakai untuk pengembangan lembaga. Hasil penelitian akan sangat berkhasiat bagi pimpinan untuk pembuatan keputusan. Hasil penelitian lebih menekankan pada validitas eksternal , variabel lengkap dan kecanggihan analisis diubahsuaikan untuk pengambilan keputusan.

Belum ada Komentar untuk "Jenis - Jenis Metode Penelitian Yang Perlu Di Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel