Distribusi Frekuensi (Pengertian, Bab - Bagian, Pola Soal) Lengkap

Pengertian  distribusi frekuesi  adalah suatu penyusunan tabulasi data mentah menggunakan kelas bersama dengan frekuensi kelas yang berafiliasi disebut. Data mentah ialah data yang dikumpulkan yang diatur secara numerik. Pada waktu meringkas sejumlah besar data dalam kelas atau kelompok dan menetapkan  banyak individu yang termasuk dalam setiap kelas yang disebut dengan frekuensi kelas. Itulah pengertian distribusi frekuensi mernurut para hebat statistika.


uatu penyusunan tabulasi data mentah menggunakan kelas bersama dengan frekuensi kelas yang ber DISTRIBUSI FREKUENSI (Pengertian, Bagian - Bagian, Contoh Soal) LENGKAP

Bagian – Bagian dalam Distribusi Frekuensi

Sebuah distribusi frekuensi tentunya akan mempunyai bagian-bagiannya yang perlu difahami ialah sebagai berikut:

a.Kelas-kelas (Class)
Kelas ialah kelompok nilai data atau variabel

b.Batas kelas ( Class Limits)
Batas kelas ialah nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain. Terdapat dua batas kelas yaitu : 1) Batas Kelas Bawah ( Lower Class Limits) terdapat dideretan sebelah kiri setiap kelas, 2) Batas Kelas Atas ( Upper Class Limits) terdapat di formasi sebelah kanan setiap kelas.
Batas kelas merupakan batas semu dari setiap kelas, alasannya ialah diantara kelas yang satu dengan kelas yang lain masih terdapat lubang daerah angka-angka tertentu.

c.Tepi kelas ( Class Boundary/real limits/true class limits)
Tepi kelas juga disebut juga dengan batas faktual kelas, yaitu batas kelas yang tidak mempunyai lubang untuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas yang lain. Terdapat dua tepi kelas, yaitu : 1) tepi bawah kelas atau batas kelas bawah sebenarnya, 2) tepi ata kelas atau batas kelas atas sebenarnya.

Penempatan tepi bawah kelas dan tepi atas kelas bergantung pada keakuratan pencatatan data. Misalnya data dicatat dengan ketelitian hingga satu desimal, maka rumus tepi bawah kelas dan tepi atas kelas ialah sebagai berikut
    a.Tepi bawah kelas = batas bawah kelas – 0.5
    b.Tepi atas kelas = batas atas kelas – 0.5
    d.Titik tengah kelas atau tanda kelas (Class Mid Point, Class Marks)

Titik tengah kelas ialah angka atau nilai data yang sempurna terletak di tengah suatu kelas. Titik tengah kelas merupkan nilai yang mewakili kelasnya.
Titik Tengah Kelas =1/2 (batas atas + batas bawah)kelas 

e.Interval kelas (class interval)
Interval kelas ialah selang yang memisahkan kelas satu dengan kelas yang lain

f.Panjang interval kerlas atau luas kelas ( interval Size)
Panjang interval kelas ialah jarak antara tepi atas kelas dengan tepi bawah kelas 

g.Frekuensi kelas (class Freequensi)
Freekuensi kelas ialah banyaknya data yang termasuk kedalam kelas tertentu.

Beberapa Catatan Megenai Distribusi Frekuensi

1.Kadang – kadang suatu distribusi memliki panjang interval kelas yang tidak sama bergantung pada tujuannya

2.Kadang-kadang distribusi frekuensi mempunyai batas kelas yang berulang suatu nilai (batas kelas ) digunakan sebagai dua batas kelas.

3.Kadang-kadang distribusi frekuensi mempunyai kelas terbuka, artinya batas kelas atas pada kelas terakhir dan batas kelas bawah pada kelas pertama tidak ada.


CONTOH SOAL dan PENYELESAIANNYA DISTRIBUSI FREKUENSI

Untuk teladan soal dan penyelesaian distribusi frekuensi mencakup mean, median, dan modus, silahkan anda kunjungi artikel berikut ini Rumus Mean, Median, dan Modus (Pengukuran Nilai Sentral) Lengkap dengan Contohnya

itulah ulasan singkat artikel terkait dengan Distribusi Frekuensi (Ukuran Pemusatan dan Ukuran Penyebaran) yang kami rangkum dari buku praktikum Statistika yang disusun oleh tim pengajar dan tangan kanan laboratorium ekonomi pertanian jadwal study agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dalam pembuatan kiprah makalah distribusi frekuensi anda dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Distribusi Frekuensi (Pengertian, Bab - Bagian, Pola Soal) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel