Contoh Dan Pengertian Paragraf Eksposisi Lengkap Dengan Ciri Dan Jenisnya

Pengertian Paragraf Eksposisi yaitu suatu paragraf atau kumpulan dari beberapa kalimat yang terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas lainnya yang mempunyai tujuan untuk memperlihatkan atau memberikan isu perihal sesuatu yang ingin disampaikan oleh penulis kepada para pembaca. paragraf eksposis mempunyai  sifat ilmiah atau non-fiksi. Paragraf yang bersifat non-fiksi maksudnya yaitu paragraf tersebut ditulisa atau di hasilkan dalam bentuk sebuah dongeng nyata, sanggup juga dalam bentuk dongeng kehidupan sehari-hari yang lalu di wujudkan kedalam bentuk suatu paragraf. Paragraf eksposisi biasanya bersumber dari hasil pengamatan, penelitian, atau pengalaman sang penulis.

Jenis Paragraf Eksposisi

#1. Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf ini sering dipakai untuk menjelaskan mengenai sesutu. Seperti Mendefinisikan, mendeskripsikan dan memperlihatkan pengertian perihal sesuatu dengan memakai paragraf.

#2. Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf ini sering dipakai untuk menjelaskan mengenai tahap-tahap dan proses-proses. bisanya kita sering menemukan jenis paragraf ini tekait dengan tutorial pembuat, cara membuat, proses terjadinya, dan lain sebagainya. Pada umumnya paragraf ini menjelaskan bagaimana terjadi suatu proses mulai dari awal hingga akhir.

#3. Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf ini sering dipakai untuk menjelaskan pengklasifikasian atau pengelompokan suatu hal. menyerupai hal yang bersifat homogen di klassifikasikan dengan hal yang bersifat komogen yang lainnya, dan hal yang bersifat heterogen dikumpulkan dengan hal yang bersifat heterogen lainnya.

#4. Paragraf Eksposisi Ilustrasi (contoh)

Paragraf ini sering dipakai untuk menjelaskan informasi-informasi perihal sesuatu dengan cara memperlihatkan citra mengenai suatu topik dengan topik-topik yang lainnya yang dianggap mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu.

#5. Paragraf Eksposisi Perbandingan & pertentangan

Paragraf ini sering dipakai untuk menjelaskan gagasan-gagasan yang disajikan dengan memperlihatkan bandingan antara hal satu dengan hal- hal yang lainnya.

Ciri-Ciri Paragraf

#1. Memberikan pegertian dan pengetahuan

intinya orang menulis memang mempunyai tujuan untuk mentransfer pengetahuannya kepada para pembaca. namun dengan adanya paragraf eksposisi ini, goresan pena yang dibentuk oleh penulis akan lebih spesifik fungsinya.

#2. Menjawab pertanyaan perihal apa, mengapa, kapan, dan bagaimana

paragraf eksposisi dengan beberapa jenis paragraf diatas akan sanggup dipakai untuk menyusun suatu tanggapan terkait tentang apa, mengapa, kapan, dan bagaimana akan suatu hal yang di tanyakan.

#3. Disampaikan secara lugas dengan memakai bahasa baku

Dalam penyampaian informai memang sangat dianjurkan untuk memakai penyampaian yang lugas dan memakai bahasa yang baku semoga para pembaca gampang untuk memahami paragraf tersebut. 

#4. Bersifat netral

paragraf eksposisi bisat netral, Dalam artian tidak memihak, dan memaksakan perilaku penulis terhadap pembaca. paragraf ini orientasinya yaitu umum, oleh sebab itu paragraf ini menggunakan penyampaian yang lugas dan memakai bahasa yang baku semoga sanggup di pahami oleh seluruh kalangan.

Contoh Pargraf Eksposisi

#1. Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

merupakan web atau blog yang menyediakan isu terkait dengan penelitian. isu yang disediakan oleh tipepedia yaitu terkait dengan metodologi penelitian, teknik penulisan ilmiah, statistika, dan lain sebagainya. dengan isu tersebut diharap sanggup bermanfaat bagi para peneliti dan kalangan umum.

#2. Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Kegiatan penelitian ilmiah diawali dengan perumusan masalah. sehabis dilema sanggup dirumuskan oleh peneliti dan sanggup diterima secara rasional, maka dilanjutkan dengan pembuatan hipotesis yang di landaskan pada rumusan dilema dan penelitian terdahulu. Tahapan selanjutnya yaitu pengumpulan data dan analisis data. Kegiatan Penelitian diakhiri dengan pembahasan dan pembuatan kesimpulan.

#3. Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Mahasiswa agribisnis universitas jember terdiri angkatan tahun 2015 terdiri dari 175 mahasiswa. 175 mahasiswa tersebut berasal dari jalur seleksi masuk universitas jember yang berbeda. 75 mahasiswa diterima di agribisnis universitas jember melaui jalur mandiri, 50 mahasiswa diterima di agribisnis fakultas pertanian universitas jember melaui jalur sbmptn. dan 50 mahsiswa diterima di agribisnis universitas jember melaui jalur snmptn.

#4. Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi (contoh)

Jantung merupakan organ badan yang sangat penting adanya. saat jantung tidak berfungsi maka seluruh organ badan akan berhenti. Sama halnya dengan karborator yang ada pada kendaraan. saat fungsi fungsi karburator tidak berjalan dengan baik atau mati maka kendaraan pun tidak akan berjalan dengan baik atau mati. 

Demikian Ulasan artikel kami terkait dengan Contoh dan Pengertian Paragraf Eksposisi Lengkap dengan Ciri dan Jenisnya. semoga bermanfaat kiprah makalah paragraf eksposisi dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Dan Pengertian Paragraf Eksposisi Lengkap Dengan Ciri Dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel