Biografi Singkat Kh Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlatul Ulama)

KH Hasyim Asy'ari adalah salah satu pendekar nasional yang sangat disegani oleh masyarakat indonesia, khususnya masyarakat yang menganut agama islam. Dikalangan ulama pesantren, dia dijuluki dengan sebutan Hadratus Syeikh (Maha Guru).


Kh. Hasyim Ay'ari mencar ilmu dasar-dasar ilmu agama  pada ayahnya. Setelah menginjak umur 15 tahun, dia berkelana menimba ilmu di banyak sekali pesantren yang ada di indonesia. Hingga pada tahun 1892, dia memutuskan untuk melanjutkan proses menimba ilmu di kota makkah.

Pada tahun 1899, sepulangnya dari Makkah, Kh Hasyim Asy'ari mendirikan Pondok Pesantren Tebu Ireng, yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Pulau Jawa.

Pada tahun 1925, Kh Hasyim Asy'ari menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya Nahdlotul Ulama (NU), yang berartikan kebangkitan Ulama.

Selama masa hidupnya, Kh Hasyim Asy'ari banyak menciptakan goresan pena dan catatan - catatan yang meliputi banyak sekali hal, menyerupai bidang pendidikan. Salah satu goresan pena dia mengenai pendidikan ialah Adab Al-alim Wal Muta'alim Fi Ahwali Ta'alumihi Wama Ta'limihi. Tulisan dia ini menjelaskan wacana pengajar dan pelajar dalam hal - hal yang perlu di perhatikan oleh pelajar selama belajar.

Pada usia 72 tahun, tepatnya tanggal 07 september 1947, dia meninggal dunia di jombang dan di makamkan di daerah pondok pesantren tebu ireng, jombang.

Demikian ulasan artikel kami tentang Biografi Singkat KH Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlotul Ulama) yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur. Semoga bermanfaat bagi kita sebagai kaum muslim dan bermanfaat dalam banyak sekali macam tulisan. Mohon maaf kalau ada kekurangan dan kesalahan. Terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Singkat Kh Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlatul Ulama)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel