Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat )

Pengertian komputer secara umum yakni suatu rangkaian elektronik terdiri dari ratusan bahkan milyaran komponen yang sanggup saling bekerja sama, membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti yang sanggup digunakan sebagai alat untuk mengolah data menjadi sebuah gosip yang bermanfaat sesuai dengan mekanisme yang sudah dirumuskan. Prosedur merupakan perintah insan yang di rumuskan kedalam komputer melalui bahasa pemograman.


Pengertian komputer secara umum yakni suatu rangkaian elektronik terdiri dari ratusan bah Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat )

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Menurut Wiliam dan Sawyer
Wiliam dan Sawyer menjelaskan dalam bukunya bahwa komputer yakni sebuah mesin yang mempunyai fungsi multiguna yang sanggup di progam, mendapatkan iput / masukan, dan juga sanggup menjalankan proses atau bahkan mentransformasi ke dalam bentuk sebuah iformasi yang bermanfaat bagi user.

Menurut Elias M. Awad
Agak berbeda dengan pendapat andal di atas, Elias M. Awad beropini bahwa komputer yakni sebuah alat hitung. Alat hitung yang sanggup digunakan dalam pengolahan data menjadi suatu out put yang sanggup diperlihatkan dalam bentuk out put data digital bahkan out put data analog. 

Menurut Wiliam M.Fuori
Pendapat ketiga wacana komputer yaitu oleh Wiliam M.Fuori. Dia beropini komputer ialah  sebuah alat yang sanggup digunakan untuk melaksanakan proses pengolahan data yang sanggup secara cepat melaksanakan perhitungan besar, menyerupai perhitungan aritmetika, dan juga operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia. Kaprikornus Pendapat Wiliam M. Fuori ini lebih menekankan bahwa komputer sebagai alat hitung.  

Menurut Robert H. Blissmer 
Pendapat yang terkahir Robert H. Blissmer . beliau juga beropini wacana pengertian komputer, beliau menjelaskan bahwa komper ialah sebuah alat elektronik yang dilengkapi dengan aneka macam kemampuan untuk menuntaskan aneka macam macam kiprah juga. Kemampuan komputer diantaranya menyerupai mendapatkan input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Pendapat ini bersifat lebih global, dan tidak spesifik terhadap suatu proses menyerupai perhitungan, namun lebih luas mencakup input sampai out put.


Perangkat yang ada Dalam Komputer

Komputer dalam melalkukan proses pengolahan data menjadi sebuah gosip membutuhkan beberapa perangkat yang harus ada dan beberapa perangkat pendukung. Perangkat yang ada dalam komputer terbagi menjadi tiga (3) yaitu perangkat keras ( (Hardware), perangkat lunak (Software), dan perangkat insan (Brainware). Berikut yakni ulasan singkatnya:

#1. Perangkat Keras (Hardware)
Hardware yakni perangkat / peralatan fisik penyusun sebuah komputer. Peralatan fisik artinya peralatan tersebut sanggup dilihat, di pegang, atau pun sanggup di pindahkan. Perangkat keras ini harus ada dalam sebuah komputer, sebab perangkat keras inilah yang sanggup menyusun sistem komputer. Perangkat keras terbagi menjadi dua yaitu perangkat keras utama (perangkat yang harus ada) dan perangkat keras pembantu (perangkat yang tidak harus ada).

Perangkat Keras Utama
Unit Masukan
Unit Memori
Unit Pusat Pemrosesan
Unit Perhitungan dan Penalaran
Unit Keluaran

Perangkat Keras Pembantu
Unit Penyimpanan
Unit Komunikasi Data

#2. Perangkta Lunak (Software)
Perangkat lunak yakni perintah - perintah yang diberikan kepada perangkat - perangkat keras semoga melaksanakan suatu pemrosesan data sesuai dengan perintah user. Oleh sebab itu, semua jenis perintah yang diberikan olej user kepada perangkat keras sanggup disebut dengan perangkat lunak atau software. Perangkat lunak sanggup dikelompokkan menjadi dua cuilan besar, yaitu perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.

Perangkat lunak Sistem Operasi
Perangkat lunak Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang harus ada dalam komputer. Perangkat ini juga merupakan cuilan yang tak terpisahkan dari sistem komputer. Sistem operasi yakni software yang berfungsi untuk mengktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada sistem komputer sehingga masing - masingnya sanggup saing berkomunikasi. tanpa sistem operasi komputer tidak sanggup berfungsi. Contoh sistem operasi yakni DOS, Unix, Linux, OS/2, Windows, Mac OS, dan lain sebagainya.

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi bahu-membahu tidak harus ada. Hany dengan perangkat lunak utama user sudah sanggup memakai komputer dengan baik. Tetapi apabila perangkat lunak aplikasi ini ada, maka pekerjaan user akan jauh lebih efisien dan lebih efektif. 

#3. Perangkat Manusia
Perangkat insan artinya user yang menunjukkan perintah kepada komputer untuk melaksanakan proses pengolahan data. Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah mesin, mesin yang sanggup digunakan untuk membantu insan dalam menuntaskan pekerjaannya. Untuk sanggup beker bekerja, mesin tersebut memerlukan adanya agenda dan yang menunjukkan perintah (user/manusia).


Komponen - Komponen Komputer

Komponen - komponen dalam komputer terdiri 7 unit penyusunnya. ketujuh unit tersebut tergolong kedalam unit perangkat keras dan unit perangkat bantu . Berikut yakni ketuju komponen komputer tersebut. 

#1. Unit Masukan
Unit masukan yakni cuilan dari sistem komputer yang bertugas untuk mendapatkan perintah maupun data dari luar dan selanjutnya masuk ke komputer. Unit masukan tidak hanya terdiri dari satu jenis alat saja, melainkan terdiri dari aneka macam jenis alat. Alat -  alat tersebut mencakup :
Papan ketik (keyboard)
Pembaca kartu (card reader)
Pembaca dengan cahaya : OMR (optical mark reader)
Pena cahaya (Light pen): Scanner
Pembaca dengan media mekanis : Joystik mouse
Pembaca dengan media magnetis : Digitiger MICR (magenetic ink recognation)

#2. Memori
Dalam dunia komputer, memori sering disebut dengan RAM (random acces memory = pengikat jalan masuk acak). Memori disebut dengan istilah demikian sebab memang data - data sanggup ditulis maupun di baca pada lokasi dimana saja di dalam memori. Jenis memori yang lain yakni ROM (read only memory = pengikat hanya baca). Rom yakni memory yang hanya sanggup di baca dan tidak sanggup di tulisi.

Pengisian ROM dengan agenda maupun data dikerjakan oleh pabrik. Rom biasanya sudah di tulisi agenda maupun data oleh pabrik dengan tujuan - tujuan - khusus. Misalnya diisi penterjemah (interpreter) bahasa BASIC. Kaprikornus Rom tidak termasuk sebagai memori yang sanggup kita gunakan untuk agenda - progam yang kita buat. 

#3. Unit Pusat Pemrosesan
Sebutan lain yang sering di pakai untuk memberi nama alat ini yakni CPU (central prossesing unit), atau kadang - kadang disebut secara singkat : prosesor. Unit ini terdiri dari rangkaian - rangkaian elektronik yang rumit dan kompleks. Apabila suatu perintah diterima oleh unit ini, maka perintah itu akan diinterpretasikan, dipecahkan kode-kodenya. 

#4. Unit Perhitungan dan Penalaran
Unit perhitungan dan daypikir (Alu = Aritmathic and Logic Unit), biasanya sudah menjadi satu lempengan yang kompak dengan unit sentra pemrosesan, dan biasanya keduanya sekaligus disebut dengan istilah unit sentra pemrosesan. 

#5. Unit Keluaran
Unit keluaran ini yakni unit yang bertugas untuk mengeluarkan hasil - hasil olahan dari komputer ke media yang sanggup di baca oleh user. Unit keluaran ini sanggup berupa :
Layar tampilan (Vidio display monitor)
Pencetak (printer) : Dot matrix printer, Pencetak Laser
Penggambar (Plotter)
Penampilan dengan media suara.

#6. Unit Penyimpanan
Memori komputer yang biasany terbuat dari materi semi konduktorm akan sanggup bekerja sebagai pengingat selama listrik menyala. Tetapi apabila fatwa listrik di padamkan maka semua data maupun agenda yang disimpan di dalamnya akan hilang. Supaya data atau progam tersebut tidak hilang maka perlu disimpan dalam suatu unit penyimpanan yang tidak akan rusak atau hilang ketika listrik padam. 

Unit yang digunakan untuk hal diatas biasanya bekerja secara magenetis, dan disebut unit penyimpanan magnetis. Tetapi tidak semua perangkat keras penyimpanan bekerja secara magnetis. Ada juga yang bekerja tidak secara magnetis, contohnya dalam kertas berlubang, ataupun secara optis. 

Dengan di simpan dalam unit penyimpanan ini, maka walaupun listrik mati, data maupun agenda yang sudah tersimpan tidak akan hilang, melainkan sanggup di baca lagi pada kesempatan yang lain dan selanjutnya di olah. 

#7. Unit Komunikasi Data
Unit komunikasi data ini digunakan sebagai media komunikasi data antar komputer baik intranet maupun internet. pengertian Intranet adalah Intranet yakni sebuah jaringan privat (private network) yang memakai protokol-protokol Internet (TCP/IP). Sedangkan pengertian internet yakni seluruh jaringan komputer yang saling terhubung memakai standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna (Sumber: wikipedia). 


Fungsi  dan Manfaat Komputer

Sejak komputer generasi pertama sampai generasi yang ada dikala ini, spesfikasi dan kemampuan komputer itu sendiri terus berkembang. perkembangan tersebut di sesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan dan keperluan para user. Berdasarkan semakin berkembangnya komputer tersebut, menjadikan komputer itu sendiri miliki aneka macam macam fungsi. Berikut yakni beberapa fungsi dari komputer :

Sebagai sarana untuk berkomunikasi antara satu user dengan user yang lain
Sebagai sarana untuk gosip pendidikan (Info Beasiswa, artikel, karya ilmiah, dsb)
Sebagai sarana dalam memudahkan dalam dunia kerja
Sebagai sarana dalam berbisnis (Bisnis Online, Internet Marketing, Dsb)
Sebagai sarana Kesehatan (Bpjs, Askes, Dsb)
Sebagai sarana Keamanan
Dan lain sebagainya

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat ) yang kami rangkum dari aneka macam macam literatur dan juga materi kuliah kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami .

Belum ada Komentar untuk "Belajar Komputer (Pengertian, Perangkat, Komponen, Fungsi, Manfaat )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel