Bacaan Sujud Tilawah, Pengertian, Latin, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam Dan Luar Shalat

Pengertian sujud tilawah yakni sujud sebab membaca atau mendengarkan ayat sajadah dari Alquran sujud tilawah ini. Hukum sujud tilawah yakni sunnah. disunnahkan bagi setiap orang yang membaca atau mendengar ayat sajdah dari Alquran hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.


Pengertian sujud tilawah yakni sujud sebab membaca atau mendengarkan ayat sajadah dari A Bacaan SUJUD TILAWAH, Pengertian, Latin, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam dan Luar Shalat
Gambar Ilustrasi Sujud Tilawah
Syarat-syarat sujud tilawah
Orang yang akan melaksanakan sujud tilawah baik sebab ia membaca al-quran atau sebab mendengar harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  • Suci dari hadas maupun najis baik badan, pakaian, maupun tempatnya 
  • Menutup aurat 
  • menghadap ke kiblat 


Bacaan sujud tilawah arab, latin, arti
سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Bacaan Latin Sujud Tilawah
Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin.

Terjemah Do'a Sujud Tilawah

Wajahku bersujud kepada penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk telinga dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.
Surat - Surat yang ada Ayat Sajdah - Nya
Surat-surat dalam Al Alquran yang di dalam surat itu terdapat ayat sesudahnya dan ditepi lembar Alquran bertepatan dengan ayat sejuta itu biasanya ditandai dengan tertulis Assajdah dengan abjad arab yang lebih kecil. Surat - surat itu dan nomor ayatnya yakni sebagai berikut:
Surat - Surat yang ada Ayat Sajdah - Nya
Surat Al A'raf Ayat 206  Surat As Sajdah ayat 15 Surat Ar Ro'adu ayat 15
Surat Shaad ayat 24 Surat An Nahl ayat 49 Surat Fushilat ayat 62
Surat Al Isra' ayat 109 Surat An Najm ayat 62 Surat Al Insyiqaq ayat 21
Surat Maryam ayat 58 Surat Al Haj ayat 18 Surat Al 'Alaq ayat 19
Surat Al Furqaan ayat 60 Surat An Naml ayat 25 -


Tata tata cara sujud tilawah diluar shalat 
Bagi orang yang membaca al-quran atau mendengarkan kemudian menjumpai ayat Sajadah disunahkan untuk sujud. apabila orang tersebut dalam keadaan tidak sholat, apabila bacaan Alquran tersebut sudah hingga pada selesai ayat sajdah, hendaklah pribadi membaca Takbir (Allahu Akbar) dengan disertai niat untuk sujud tilawah, kemudian sujud dan membaca doa. setelah selesai membaca doanya kemudian takbir lagi, Kemudian duduk, dan setelah duduk kemudian salam dua kali dengan dengan menengok kekanan dan kekiri (seperti salam dalam shalat) dengan memenuhi syarat-syaratnya.

Tata cara sujud tilawah di dalam shalat 
Seseorang yang shalat, baik sebagai Imam atau makmum atau munfarid, baik pada shalat -shalat yang dibaca dengan secara keras atau dengan bunyi lemah, apabila membaca surat atau ayat al-quran yang didalam bacaannya terdapat ayat Sajadah, maka disunahkan untuk sujud, yaitu sujud tilawah (sujud sebab membaca surat atau ayat sajdah)

Cara melaksanakan sujud tilawah di dalam shalat, yaitu pada ketika membaca surat atau ayat sajdah, dan kawasan selesai ayat sajadah tersebut, kemudian membaca Takbir (Allahu akbar), terus pribadi sujud dan membaca doa sujud tilawah. setelah selesai kemudian takbir lagi dan terus berdiri, setelah bangkit meneruskan bacaan surat yang dibacanya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Bacaan SUJUD TILAWAH, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam dan Luar Shalat yang kami rangkum dari buku bacaan pribadi kami. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 
Sumber : Maskub, Muhammad. 2016. Tuntunan Shalat Wajib dan Sunat Ala Aswaja. Mediatera; Kebumen.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Sujud Tilawah, Pengertian, Latin, Tata Cara Sujud Tilawah Dalam Dan Luar Shalat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel