Bacaan Do'a Sujud Syukur, Niat, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Syukur (Lengkap)

Pengertian sujud syukur ialah sujut yang dilakukan dikarenakan telah memperoleh kenikmatan sebagai tanda terima kasih (bersyukur) kepada Allah SWT. Kenikmatan itu banyak wujudnya, baik secara jasmani maupun rohani. Seperti dikaruniai anak, dikaruniai harta, terlepas dari bahaya, berhasil ujian, memperoleh kabar gembira, dan lain sebagainya.
Pengertian sujud syukur ialah sujut yang dilakukan dikarenakan telah memperoleh kenikmatan seb Bacaan Do'a Sujud Syukur, Niat, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Syukur (LENGKAP)
Ilustrasi Gambar Muslim Sujud Syukur
Nabi Muhammad Saw Bersabda:
حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخُزَاعِيُّ وَأَحْمَدُ بْنُ يُوسُفَ السُّلَمِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ عَنْ بَكَّارِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي بَكْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى
Artinya : Telah menceritakan kepada kami ['Abdah bin Abdullah Al Khuza'i] dan [Ahmad bin Yusuf As Sulami] keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami [Abu 'Ashim] dari [Bakkar bin Abdul Aziz bin Abdullah bin Abu Bakrah] dari [Bapaknya] dari [Abu Bakrah] berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila didatangi oleh urusan yang menyenangkan atau diberi kabar gembira, dia tersungkur sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Tabaraka wa Ta'ala. " (H.R Ibnu Majah)
Untuk melaksanakan sujud syukur tidak harus dalam keadaan suci, baik hadas maupun najis. sebab tidak terkait dengan salat akan sujud syukur dilarang dilakukan di dalam shalat melainkan hanya boleh di luar shalat.


Tata Cara dan Bacaan Do'a Sujud Syukur

Pengertian sujud syukur ialah sujut yang dilakukan dikarenakan telah memperoleh kenikmatan seb Bacaan Do'a Sujud Syukur, Niat, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Syukur (LENGKAP)
Gambar Tahapan Sujud Syukur

Untuk melaksanakan sujud syukur perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

#1 - Niat dalam hati
Niat dalam hati hendak melaksanakan syujud syukur. Adapun niatnya sanggup dilafalkan dalam bahasa arab dan bahasa indonesia. Berikut ialah bacaan niat syujud syukur dalam bahasa arab :
نَوَيْتُ سُنَّةً لِسُجُوْدِ الشُّكْرِ ِللهِ تَعَلَى
Artinya : Saya berniat sujud syukur sunnah sebab allah yang maha tinggi
#2 - Takbir dan Sujud Syukur 
Mengucapkan takbiratul ihram (الله اكبر) di iringi dengan mengangkat kedua tangan. Setelah itu, memposisikan badan untuk bersujud layaknya sujud pada sholat lima waktu.

#3 - Membaca Tasbih 10 Kali
Adapun bacaan tasbih beserta artinya ialah sebagai berikut:
ُسُبْحَانَ اللهُ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلاَِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَر
Artinya : Maha suci allah, segala puji bagi allah, tiada yang kuasa selain allah, allah maha besar
#4 - Membaca Shalawat nabi 10 kali
Adapun bacaan shalawat atas nabi beserta artinya ialah sebagai berikut:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Artinya :Ya Allah, wahai Tuhanku muliakan oleh-Mu akan Muhammad dan akan keluargaya
#5 - Membaca Do'a Sapu Jagat
Adapun bacaan do'a sapu jagat beserta artinya ialah sebagai berikut:
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya :Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.
 #6 - Kembali duduk dan Salam
Setelah bacaan doa sujud syukur semua telah di baca, maka selanjutnya duduk tawaruk dan di lanjutkan dengan dua salam ke kanan dan kekiri.

Demikian ulasan artikel kami pada kesempatan kali ini yang membahas wacana sujud syukur. Marilah kita semua sebagai umat muslim senantiasa menunaikan ibadah sujud syukur di dikala kita mendapat karunia nikmat dari allah swt. kami sebagai penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekeliruan. Terima kasih telah berkunjung.
Sumber : Maskub, Muhammad. 2016. Tuntunan Shalat Wajib dan Sunat Ala Aswaja. Mediatera; Kebumen.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Do'a Sujud Syukur, Niat, Pengertian, Syarat, Tata Cara Sujud Syukur (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel