5+ Pola Teks Mekanisme Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya

Contoh teks prosedur - Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara, salah satunya ialah memakai sebuah goresan pena berupa teks prosedur. Dalam dunia industri, teks jenis ini merupakan suatu hal yang sudah lazim untuk dipakai dalam setiap aktifitas produksi dan pemasaran. Namun, tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui apa itu teks mekanisme ? apa fungsi teks prodsedur? dan bagaimana misalnya ?


 Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara 5+ Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak para pembaca sekalian untuk memahami secara kompleks semua hal yang berkaitan dengan teks mekanisme biar anda sanggup membuatnya. selain itu, penulis juga akan menawarkan beberapa contoh teks prosedur. berikut ialah ulasannya:

Pengertian Teks Prosedur

adalah sebuah karya tulis yang dipakai untuk menjelaskan tahapan - tahapan yang saling berafiliasi dalam menuntaskan suatu kegiatan. Tapahapan - tahapan yang disajikan kedalam teks mekanisme harus sanggup menjelaskan tahapan - tahapan secara jelas, runtut, dan tahapan satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain (tidak menyimpang). Hal lain yang tidak kalah penting ialah informasi yang disajikan kedalam teks mekanisme ialah informasi yang urutan tahapannya bersifat logis.

Ciri - Ciri Teks Prosedur

Terdapat beberapa cirikhas khusus yang ada pada teks mekanisme sehingga sanggup membedakan jenis teks ini dengan beberapa jenis teks yang lain menyerupai teks eksplanasi, teks eksposisi, teks anekdot, dan jenis teks yang lainnya. Berikut ialah uraiannya:
  • Pola kalimat yang dipakai ialah imperatif atau perintah 
  • Kata kerja yang dipakai ialah jenis aktif 
  • Menerapkan konjungsi atau yang juga dikenal sebagai kata penghubung 
  • Memakai kata keterangan untuk pertanda tempat, waktu dan cara supaya lebih akurat.

Fungsi dan Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari pembuatan karya tulis ini ialah dipakai untuk memperlihatkan suatu proses terjadinya aktivitas kepada para pembaca, dengan keinginan biar para pembaca sanggup melaksanakan apa yang dilakuakan oleh penulis menyerupai yang ditulis dalam teks mekanisme kompleks tersebut. Teks mekanisme kompleks haruslah gampang untuk dipahami, sesuai dengan apa yang diperlukan oleh penulis dan pembaca, dan logis. Oleh alasannya ialah itu, hendaknya penulis harus memperhatikan pilihan kata yang digunakan, menentukan kalimat yang efektif, dan penggunaan paragraf yang tepat.

Teks mekanisme kompleks ini banyak dipakai oleh para penulis untuk menawarkan petunjuk dalam melaksanakan atau menciptakan suatu kegiatan. petunjuk untuk melaksanakan atau menciptakan suatu aktivitas akan sanggup dengan gampang dipahami oleh para pembaca apabila disajikan dengan teks proseder yang kompleks (tahapannya saling berhubungan).

Struktur Teks Prosedur

Dalam pembuatan teks proseder yang kompleks terdapat beberapa pecahan yang harus ada yaitu pecahan tujuan, pecahan material, dan pecahan langkah-langkah yang kami jelaskan secara singkat menyerupai dibawah ini :

Bagian Awal (Bagian Tujuan)

Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya menawarkan klarifikasi terkait dengan tujuan dari pelaksanaan atau pembuatan suatu aktivitas yang di jelaskan. Penjelasan wacana tujuan pelaksanaan atau pembuatan suatu aktivitas mencakup klarifikasi aktivitas itu sendiri dan klarifikasi capaian simpulan yang diperlukan atau manfaat yang sanggup di capai. 

Bagian Kedua (Bagian Material)

Setelah penulis menjelaskan aktivitas dan capaian simpulan yang di harapkan, kemudian penulis menawarkan klarifikasi terkait dengan hal - hal apa saja yang perlu di persiapkan dan hal - hal apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan aktivitas tersebut. Contoh hal - hal yang perlu dipersiapkan ialah menyerupai materi dan alat.

Bagian Ketiga (Tahapan - Tahapan)

Bagian yang terkhri ini, penulis menawarkan klarifikasi terkait dengan langkah - langkah atau tahapan - tahapan yang perlu di lakukan dalam menciptakan suatu kegiatan. tahapan - tahapan tersebut harus tersusun secara sistematis, logis, dan gampang untuk dipahami oleh pembaca. 


Nah, Setelah kita memahami apa itu teks mekanisme kompleks dan pecahan - pecahan apa saja yang perlu ada didalamnya, selanjutnya kita akan memberikan 5 Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Praktis di Pahami. Berikut ialah 5 contohnya. 

#1. Contoh Teks Prosedur Sederhana Tentang Cara Sholat Yang Benar

 Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara 5+ Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya
Contoh teks mekanisme shalat: Sumber:islami.co

Sholat ialah aktivitas ibadah bagi kaum muslim yang dilakukan lima kali dalam satu hari. Sholat dilakukan lima kali sehari tepatnya pada waktu subuh (dini hari), dhuhur (siang hari), ashar (sore hari), magharib (menjelang matahari tengelam), dan isya' (malah hari). Tujuan dari sholat ialah untuk mendekatkan diri kepada allah swt.  Nah, untuk sanggup sholat dengan benar harus mengkuti rukun - rukun (tahapan) sholat, Berikut ialah rukun - rukun sholat yang perlu dilakukan:
  1. Berdiri bagi yang bisa (Jika tidak diperkenankan duduk atau berbaring)
  2. Takbiiratul-Ihraam,
  3. Membaca Al-Fatihah di setiap rakaatnya,
  4. Ruku’,
  5. I’tidal sehabis ruku’,
  6. Sujud dengan anggota badan yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah,
  7. Duduk di antara dua sujud,
  8. Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan,
  9. Tertib di setiap melaksanakan rukun-rukun sholat,
  10. Tasyahhud Akhir,
  11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir,
  12. Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
  13. Salam dua kali.

#2. Contoh Teks Prosesdur Kompleks Tentang Cara Mengurus Kartu Pelajar

 Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara 5+ Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya
Contoh teks mekanisme menciptakan kartu pelajar | sumber: bukalapak.com

Kartu pelajar ialah kartu identitas siswa yang diberikan oleh pihak sekolah kepada seluruh siswa yang telah terdaftar menjadi siswa di setiap sekolah masing -  masing. Kartu pelajar sanggup dipakai oleh para siswa dalam beberapa hal yaitu, sebagai pengganti kartu tanda penduduk yang dikarenakan siswa tersebut belum mempunyai kartu tanda penduduk, mendapatkan pelayanan yang disediakan sekolah menyerupai kesehatan, perpustakaan, dan lain sebagainya. Jika anda ingin mempunyai kartu tanda siswa, anda harus memintanya kepada pihak sekolah. tahapan atau langkah - langkahnya ialah sebagai berikut :
  1. Datanglah ke kantor sekolah Anda di pecahan tata usaha
  2. Mintalah blanko untuk registrasi kartu pelajar kepada petugas tata usaha.
  3. Anda mengisi data yang tertera pada blanko tersebut  dengan benar dan jujur.
  4. Setelah blanko selesai Anda isi, serahkan kepada petugas pecahan tata usaha
  5. Setelah itu, Anda akan memasuki ruang yang disediakan untuk mengambibl foto anda   
  6. Anda akan mendapatkan selembaran kertas sebagai bukti pengambilan kartu pelajar.

#3. Contoh Teks Prosedur Kompeks Tentang Cara Membuat Layang - Layang

 Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara 5+ Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya
Contoh teks mekanisme menciptakan layang-layang | Sumber : Youtube.com

Layang - layang ialah mainan yang berbentuk lembaran materi tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali dan dikendalikan oleh pemainnya. Layang - layang disukai oleh banyaka kalangan. Tidak hanya kangan anak -  anak saja yang bermain layangan, namun juga banyak kalangan renta yang gemar bermain layangan. 

Layang - layang tidak hanya ada di indonesia saja. Layang - layang dikenal oleh seluruh dunia yang dikarenakan layang - layang tidak hanya difungsikan untuk permainan. Fungsi lain dari layang - layang ialah sebagai alat bantu untuk menjerat atau memancing, alat bantu penelitian ilmiah, Sebagai media energi alternatif, dan sebagai fungsi ritual. untuk menciptakan layang-layang yang sederhana, terdapat materi yang harus anda persiapkan dan tahapan atau langkah yang harus anda ikuti. Berikut ialah penjelasannya:

Bahan dan Alat yang Perlu dipersiapka

  • Penggaris
  • Pisau dan Gunting
  • Pita kaset (jika perlu)
  • 1 (satu) ruas bambu dengandiameter +/- 1 cm dan panjang +/- 50 cm
  • 1 (satu) ruas bambu dengan diameter +/- 1 cm dan panjang +/- 90 cm
  • Kertas layangan (Kertas tipis atau kertas minyak)
  • Spidol/pewarna
  • Lem Kertas
  • Tali atau benang.

Langkah Pembuatan Kerangka

  1. Persiapkan 2 ruas bambu yang di sayat tipis menyerupai lidi dengan ukuran kurang lebih 100cm dan 60cm
  2. Ambil 2 ruas bambu yang telah dibentuk dan letakkan secara menyilang menyerupai salib. pecahan horizontal kira-kia 80 % dari atas.
  3. Ambil benang dan talikan benang tersebut di tengah poros kedua ruas bambu tersebut dengan tujuan biar sayapnya seimbang (harus seimbang antara kanan dan kiri).
  4. Ikat dengan benang pada pada perempatan batang babu tersebut, pada step ini usahakan jangan gunakan simpul tali mati dahulu.
  5. Gunakan benang jahit untuk mengikat masing-masing ujung dari kerangka layangan untuk memudahkan pada ketika mengaitkan benang / tali.

Langkah Pembungkusan layangan Kertas

  1. Persiapkan kertas layangan. kertas layangan sanggup berupa kertas tipis atau sanggup juga berup kertas minyak, namun ada juga yang memakai plastik.
  2. Gambarlah pola kerangka layangan pada kertas tersebut memakai spidol dengan cara meletakkan kerangka diatas kertas (Lebihkan 1-2 cm space diluar pola kerangka untuk pelipatan kertas).
  3. Potong kertas yang telah di beri pola dengan rapi memakai gunting. Harus sesuai dengan pola yang telah digambar. 
  4. Lipat kertas layangan kebagian belakang kerangka layangan yang telah di persiapkan space pelipatan tadi dan rakatkan dengan memakai lem
  5. Berikan hiasan pada layangan yang telah anda buat dengan design yang menarik dan indah.

#4. Contoh Teks Prosedur Kompleks Tentang Cara Membuat Minunam Juice

 Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara 5+ Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya
Contoh teks mekanisme cara memuat jus | Sumber : juicefromtheraw.com

Minuman Jus ialah minuman yang berasal dari cairan yang diperoleh secara alami dari dalam buah - buahan.  Minuman jus ini banyak di minati oleh banyak kalangan, mulai dari yang muda dari yang tua. Banyak varian rasa yang tergantung dari buah yang dipakai untuk menciptakan minuman jus. Banyak manfaat yang terkandung dalam minuman jus ini menyerupai mempekebal daya tahan badan yang dikarenakan terdapat banyak vitamin c pada buah jeruk yang dipakai dalam menciptakan minuman jus. Nah untuk menciptakan jus, terdapat beberapa materi dan alat yang perlu dipersiapkan dan tahapan yang perlu anda ikuti. penjelasannya ialah sebagi berikut:

Bahan dan Alat yang Perlu dipersiapkan

  • Buah yang akan dipakai untuk menciptakan jus (Jeruk, Apel, Alpukat, dsb)
  • Gula Secukupnya
  • Air Mineral Secukupnya
  • Belender
  • Sendok Makan
  • Saringan

Langkah - Langkah yang sanggup Anda ikuti

  1. Bersihkan buah - buahan yang akan anda gunakan sebagai jus
  2. Iris - iris buah -  buahan dengan ukuran sedang biar supaya muat masuk kedalam belender
  3. Masukan buah yang telah diiris, gula secukupnya, dan air meniral secukupnya kedalam blender.
  4. Nyalakan blender dan tunggu sampai jusnya lembut, kurang lebih 30 detik.
  5. Tuangkan kedalam gelas cantik.
  6. Hias dan tambahkan hidangan pendukungnya menyerupai biskuit, jelly, dan lain sebagainya.

#5. Contoh Teks Prosedur Sederhana Membuat Makanan Nasi Goreng

 Memberikan aba-aba kepada orang lain sanggup dilakukan dengan aneka macam macam cara 5+ Contoh TEKS PROSEDUR Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya
Contoh teks mekanisme menciptakan nasi goreng | Sumber : Vemale.com

Makanan Nasi goreng ialah makanan khas indonesia yang berupa nasi yang di aduk dan digoreng dengan bumbu (bawang merah, bawang putihm garam, cabai) memakai margarin atau minyak goreng.  Biasanya terdapat materi tambahan yang dimasukan kedalamnya, menyerupai kecap manis, telur, ayam, kerupuk, dan lain sebagainya. 

Nasi goreng banyak diminati orang masyarakat baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Nasi goreng lezat di santap di ketika menjelang malam dipinggir jalan. Tak heran kenapa banyak sekali masyarakat yang menjual nasi goreng di pinggir jalan. Nah, sebernya gampang sekali untuk menciptakan nasi goreng. Anda tinggal mempersiapkan materi dan alat serta mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

Bahan dan Alat yang Perlu di Persiapkan

  • Wajan Goreng
  • Spatula
  • Ulek - Ulek
  • 3 Siung Bawang merah
  • 2 Siung Bawang putih
  • 1 Batang Daun Bawang
  • Cabai Rawit Sesuai Selera
  • Garam Secukupnya
  • Merica Sesuai Selera
  • Minyak Goreng Secukupnya
  • 3 Butir Telur
  • 2 Piring Nasi Putih
  • Saus Tomat Secukupnya
  • Pelengkap (bakso, udang, daging ayam, sosis, atau sanggup diadaptasi dengan selera)

Tahapan dalm menciptakan Nasi Goreng

  1. Silahkan anda menyiapkan wajan dan kemudian tuangkan minyak goreng secukupnya kedalam wajan. Panaskan wajan yang telah di masuki minyak goreng dengan api yang sedang.
  2. Tumbuk bawang merah, bawang putih, garam, dan cabe dengan memakai ulek - ulek sampai halus. 
  3. Setelah minyak panas, ambil masukan bawang merah bawang putih dan cabe yang telah diulek menjadi satu sampai matang dan menjadikan bau harum.
  4. Tambahkan materi embel-embel sesuai selera anda, aduk sampai merata dan matang.
  5. Masukan  dua piring nasi putih kedalam wajan dan kemudian aduk sampai tercampur dengan semua materi dan merata.
  6. Tambah saus tomat, merica, dan bumbu lainnya yang akan menambah kenikmatan cita rasa dari nasi goreng buatan anda sampai semua tercampur rata.
  7. Terus aduk semua materi yang telah anda masukkan kedalam wajan sampai merata. Jika telah tercium bau harum dan sudah matang, angkat nasi dan sajikan di atas piring.
  8. Agar nasi goreng telur Istimewa terlihat menarik sebaiknya hias dengan irisan tomat atau yang lainnya sesuai dengan selera Anda.
  9. Nah, Sekarang Nasi gorengpun buatan anda yang nika sudah siap untuk santap atau dihidangkan kepada keluarga.
Berikut ialah vidio pembuatan nasi goreng yang kami semat dari youtube:


Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 5 Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Praktis di Pahami yang kami susun dari aneka macam macam literatur yang kami baca. Semoga bermanfaat dalam kiprah makalah teks mekanisme anda dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pola Teks Mekanisme Kompleks, Sederhana, Protokol Beserta Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel