#3 Syarat Wajib Shalat Bagi Orang Islam (Lengkap Dengan Hadits)

Assalamualaikum Wr.Wb. Saudara-saudaraku yang kami hormati. shalat merupakan ibadah mahdhoh yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kita sebagai umat Islam. Ibadah sholat harus lah dilakukan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Syariat agama Islam. ketentuan-ketentuan yang perlu kita perhatikan salah satunya yaitu syarat wajib shalat.

 shalat merupakan ibadah mahdhoh yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kita seba #3 Syarat Wajib Shalat Bagi Orang Islam (Lengkap Dengan Hadits)

Seorang muslim akan terkena tuntutan wajib shalat yaitu mereka yang memenuhi 3 persyaratan:


#1 - Orang Islam 

Artinya orang tersebut sudah menyatakan diri sebagai orang Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat: 

أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ
Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad bin Abdillah Utusan Allah
Oleh lantaran itu, maka selain orang Islam (kafir) tidak diwajibkan mengerjakan shalat. sekalipun mereka mengerjakan shalat, tidak akan diterima shalatnya dan tidak akan mendapat pahala sedikitpun. lantaran Sholat itu merupakan bab dari Islam. Nabi SAW bersabda:
Dari Abi tolhah bin Ubaidillah ra. Rosulullah SAW pernah ditanya orang perihal Islam. Maka Rasulullah SAW menjawab yaitu: shalat lima waktu sehari semalam (H.R Bukhari dan Muslim)


#2 - Orang yang sudah baligh 

Orang yang sudah baligh, maka untuk bawah umur belum dikenai tuntutan wajib shalat. hal tersebut sesuai dengan hadis Nabi SAW:
Dari Aisyah ra. bersama-sama Rasulullah SAW bersabda: di cabut tuntutan beribadah pada tiga perkara: dari anak kecil sehingga dewasa, dari orang yang tidur sehingga bangun, dari orang absurd sehingga ia sembuh. (H.R. Abu Daud)
Untuk melatih anak semoga sanggup dan membiasakan shalat, maka harus dilatih atau dibiasakan dari semenjak kecil semenjak usia anak 7 tahun. orang bau tanah berkewajiban memerintah semoga beliau rajin atau biasa melaksanakan shalat lima waktu dan boleh dipukul sebagai pengajaran Apabila anak meninggalkan shalat ketika ia sudah berusia 10 tahun.


#3 - Berakal sehat 

Berakal sehat, maka orang tidak sehat akalnya orang absurd tidak berkewajiban sholat termasuk orang yang Ayan, mabuk yang tidak disengaja, atau lantaran karena lain. orang yang memenuhi dua Persyaratan terakhir yaitu orang yang sudah remaja dan cendekia sehat disebut mukallaf.

CATATAN: 
Orang yang sudah dianggap remaja apabila orang itu sudah memenuhi 3 hal sebagai berikut:

  1. Orang tersebut sudah mencapai umur 9 tahun baik pria maupun wanita dan mereka telah pernah bermimpi Jima atau keluar sperma bagi laki-laki.
  2. Sudah berumur 9 tahun bagi anak wanita dan sudah pernah menstruasi (mengeluarkan darah haid)
  3. Sudah berumur 15 tahun bagi pria maupun wanita sekali pun belum pernah bermimpi Jima belum atau pernah mengeluarkan sperma atau belum pernah menstruasi

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan 3 syarat wajib sholat bagi orang muslim sebelum melaksanakan ibadah sholat. Semoga amal ibadah sholat kita di terima oleh allah dan semoga di catat sebagai amal baik. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "#3 Syarat Wajib Shalat Bagi Orang Islam (Lengkap Dengan Hadits)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel