Variasi Macam Bunga Menurut Kelengkapan Bagiannya

Variasi Macam Bunga Berdasarkan Kelengkapan Bagiannya


Bunga sanggup dikelompokkan menurut ke1engkap. bab bunga atau menurut kelengkapan alat kelabuin bunga.

Berdasarkan kelengkapan bab bunga, yaitu suplemen bunga dan alat kelabuin bunga, bunga dibedakan menjadi bunga Iengkap dan bunga tak lengkap.



Bunga lengkap

Bunga disebut bunga lengkap kalau bunga mempunyai kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. contohnya yakni bunga sepatu, tembakau, mawar, melati, dan terung. Bunga lengkap niscaya mempunyai dua macam alat kelabuin. alasannya itu disebut dengan bunga berkelabuin ganda (hermafrodit). Tetapi bunga berkelabuin ganda atau berkelabuin Iengkap belum tentu bunga lengkap.

Bunga tidak lengkap

Bunga disebut bunga tidak lengkap kalau tidak mempunyai salah satu atau beberapa bab bunga baik suplemen maupun jalat kelabuin bunga. Bunga tidak lengkap dibedakan:
  • Perhiasan bunga tidak lengkap, alasannya tidak mempunyai mahkota atau kelopak. Bunga yang tidak mempunyai suplemen bunga disebut dengan bunga telanjang.
  • Alat kelabuin tidak lengkap. Jika bunga spesialuntuk mempunyai salah satu alat kelabuin disebut bunga berkelabuin tunggal, terdiri dan bunga jantan dan bunga betina. contohnya bunga mentimun dan bunga salak. Atau kalau bunga tidak mempunyai alat kelabuin disebut bunga mandul (bunga tidak berkelabuin), contohnya bunga pita pada bunga matahari.
  1. Bunga ialah alat perkembangbiakan generatif tumbuhan biji.
  2. Bagian-bagian bunga yang memilih lengkap tidaknya bunga: suplemen bunga (kelopak, mahkota, tenda bunga), dan alat kelabuin (benang sari dan putik).
  3. Bunga lengkap niscaya bunga hermafrodit. Bunga berkelabuin lengkap (hermafrodit) belum tentu bunga lengkap. Bunga tidak Iengkap tidak mempunyai salah satu suplemen bunga atau alat kelabuin bunga.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Variasi Macam Bunga Menurut Kelengkapan Bagiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel