RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

 berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester : IX /satu
Materi Pokok : Teks Memandu Acara
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 JP)


A. Kompetensi Inti
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianKompetensi
9.3.1 Mengidentifikasi dan menganalisis teks memandu acara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
9.3.1.1 Memahami struktur isi teks memandu acara
9.3.1.2 Mengidentifikasi kaidah- kaidah teks memandu acara
9.3.1.3 Mengidentifikasi ciri- ciri bahasa dalam teks memanduacara

9.4.1 Menyusun, menyajikan, dan menanggapi memandu acara sesuai dengan kaidah- kaidahnya secara lisan dan tulisan.
9.4.1.1 Memahami langkah- langkah menyusun teks memandu acara
9.4.1.2 Mendeskripsikan teks memandu acara secara tertulis
9.4.1.3 Menyajikanteks memandu acara secara lisan
9.4.1.4 Menginterpretasi teks memandu acara

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan1
Setelah membaca dari berbagai sumber, mengamati pemodelan/ tayangan video dan berdiskusi:
1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku beriman sebagai insan yg berbudaya dan menjunjung tinggi tata karma Sunda
2. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bertakwa sebagai pengamalan insan yang santun dan berbudi pekerti
3. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bersyukur atas nikmat sebagai manusia yang berbudaya dan bertatakrama
4. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku peduli terhadap teman dalam pembelajaran
5. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
6. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
7. Peserta didik dapat menjelaskan struktur teks memandu acara
8. Peserta didik dapat menjelaskan kaidah-kaidah yang benar dalam memandu acara
9. Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri bahasa dalam teks memandu acara
10. Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun teks memanduacara
Pertemuan2
Setelah membaca dari berbagai sumber, mengamati tayangan video dan berdiskusi:
1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku beriman sebagai insan yg berbudaya dan menjunjung tinggi tata karma Sunda
2. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bertakwa sebagai pengamalan insan yang santun dan berbudipekerti
3. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bersyukur atas nikmat sebagai manusia yang berbudaya dan bertatakrama
4. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku peduli terhadap teman dalam pembelajaran
5. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
6. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
7. Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun teks memandu acara
8. Peserta didik dapat mendemonstrasikan/memperagakan teks memandu acara
9. Peserta didik dapat memberikan tanggapan terhadap hasil penampilan teks memandu acara

D. Materi Pembelajaran
Pertemuan1

Penyusunan teks memandu acara
1. Pengertian memandu acara
2. Struktur teks memandu acara
3. Kaidah-kaidah menyusun teks memandu acara
4. Ciri-ciri ragam bahasa dalam menyusun teks memandu acara
Pertemuan2
Peragaan teks memandua cara
1. Langkah-langkah menyusun teks memanduacara
2. Cara-cara memandu acara yangbaik
3. Tatakrama dan etika dalam memanduacara

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : PembelajaranSaintifik
2. Metode : Kooperatif learning,discovery
3. Teknik : Ceramah, diskusi, tanyajawab, penugasan,

F. Sumber Belajar
1. Buku Teks Basa Sunda Disdik Provinsi Jawa Barat 2013
2. Internet/youtube
3. Buku referensi lain
4. Alam sekitar siswa

G. Media Pembelajaran
1. Media
• Gambar/ foto-foto kegiatan memanduacara
• Video tayangan kegiatan memanduacara
2. Alat dan bahan
• Naskah teks memandu acara
• LCD
• Infocus
• Laptop/komputer

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan1

1. Pendahuluan (15 menit)
a. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan berdoa, melihat kerapihan dan kebersihan kelas serta menanyakan presensi hari itu. (PPK:Religius dan Disiplin)
b. Guru memotivasi peserta didik,dengan menayangkan video kegiatan memandu acara
c. Guru memotivasi peserta didik, dengan membagikan teks memandu acara
d. Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang isi dari tayangan video berkaitan dengan memandu acara
e. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran memandu acara

2. Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati: KEGIATAN LITERASI


• Peserta didik mengamati tayangan video/pemodelan memandu acara
• Peserta didik membaca teks memandu acara melalui pemodelan teks

Menanya CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

• Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks memandu acara (struktur dan ciri-ciri bahasa)

Mengeksplorasi COLLABORATION (KERJASAMA)

• Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema acara
• Peserta didik mengenal dan mendiskusikan struktur teks memandu acara
• Peserta didik mengenal dan mendiskusikan ciri bahasa teks memanduacara
• Peserta didik memahami dan menerapkan penggunaan kata baku dalamkalimat
• Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks memandu acara
• Peserta didik mengenal unsurkebahasaan
• Peserta didik mendiskusikan teks memandu acara yang berkaitan dengan temaacara

Mengasosiasi: CREATIVE (KREATIFITAS)

• Peserta didik mendeskripsikan isi teks memanduacara
• Peserta didik mengurutkan bagian-bagian teks memanduacara
• Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks memanduacara

Mengomunikasikan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

• Peserta didik menjelaskan struktur teks memandu acara hasil identifikasi
• Peserta didik menjelaskan hasil analisis teks memandu acara hasil identifikasi
• Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks memandua cara yang berkaitan dengan kaidah-kaidahnya

3. Penutup (5menit)
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembahasan tentang struktur teks memandua cara CREATIVE (KREATIFITAS)
b. Peserta didik menyimpulkan kaidah-kaidah dan ragam bahasa dalam memandu acara
c. Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan tentang langkah-langkah menyusun teks memandu acara yang baik sesuai dengan tatakrama Sunda
d. Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang tentang peragaan teks memandu acara (Literasi dan Komunikatif)
e. Pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam (PPK:Religius)

Pertemuan2
1. Pendahuluan (15menit)

a. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan berdoa, melihat kerapihan dan kebersihan kelas serta menanyakan absen hari itu.
b. Guru memotivasi peserta didik, dengan menayangankan video memandu acara
c. Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang isi dari tayangan video berkaitan dengan memanduacara
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran memanduacara
e. Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan hasil pembelajaran sebelumnya tentang langkah-langkah menyusun teks memandu acara

2. Kegiatan inti (60menit)
Mengamati:

• Peserta didik mengamati tayangan video memandu acara
• Peserta didik membaca teks memandu acara melalui pemodelan teks

Menanya
• Peserta didik menanya tentang langkah-langkah menyusun teks memandu acara
• Peserta didik menanya hasil pengamatan dari penyajian teks
Memandu acara

Mengeksplorasi
• Peserta didik membaca dan mendiskusikan teks memandu acara yang berkaitan dengan tema acara
• Peserta didik memahami langkah-langkah menyusun teks memandu acara
• Peserta didik mendiskusikan langkah-langkah menyusun teks memandu acara
• Peserta didik mendiskusikan cara memandu acara yang baik dan santun

Mengasosiasi:
• Peserta didik mendeskripsikan isi teks memandu acara
• Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks memandu acara
• Peserta didik mengurutkan langkah-langkah menyusun teks memandu acara

Mengomunikasikan
• Peserta didik menjelaskan langkah-langkah menyusun teks Memandu acara
• Peserta didik mendemostrasikan teks memandu acara secara lisan sesuai dengan kaidah-kaidahnya
• Peserta didik memberikan tanggapan dari hasil peragaan dari teks memandu acara
• Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks memandu acara yang berkaitan
3. Penutup (5 menit)
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembahasan tentang teks memandu acara
b. Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan tentang memandu acara yang baik sesuai dengan tatakrama Sunda
c. Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
d. Pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam

I. Penilaian
1. Jenis/teknikpenilaian

a. Kompetensi Sikap:
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan:
Tes Lisan
c. Kompetensi Keterampilan:
Unjuk Kerja

2. Bentuk Instrumen dan Instrumen

..................., 16 Juli 2018
Mengetahui:
Kepala SMP......................               Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda,


..............................                            .................................
NIP                                                    NIP

Baca Juga:

Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel