Perwujudan Pengamalan Kebenaran Dan Keadilan

Perwujudan Pengamalan Kebenaran Dan Keadilan


Berikut ini yakni perwujudan pengamalan kebenaran dan keadilan

Di Lingkungan Keluarga


Keluarga ialah bentuk masyarakat terkecil yang terdiri dan ayah, ibu, anak-anak. Apabila seluruh keluarga sejahtera maka masyarakat sejahtera dan negara akan sejahtera. Dan keluarga yang baik akan lahir individu-individu yang baik pula. Karena itulah pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga menjadi penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat.



Sebagai teladan hubungan dalam keluarga tidak spesialuntuk melaksanakan ketentuan-ketentuan formal yang menyangkut hak kewajiban suami istri, tetapi juga melaksanakan keadilan yang mendasari hubungan kasih akung dalam keluarga. Jika keadilan tersebut tidak sanggup ditegakkan maka akan menyebabkan keresahan dan penderitaan baik untuk suami istri maupun anggota keluarga lain.

misal lain, sikap dan sikap orang bau tanah harus membenikan teladan yang baik dan adil terhadap anaka naknya. Apabila tidak sanggup memdiberi perlakuan yang sama/seimbang hendaknya mengutarakan sebab
akibatnya, sehingga tidak menyebabkan kesan orang bau tanah tidak adil. Kewajiban nak yaitu menjaga nama baik Ibu, Bapak, sopan dalam berbicara, dan bersikap baik kepada keduanya.

Di Lingkungan Sekolah


Kegiatan di sekolah yang sanggup mendorong para siswa untuk mempunyai keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan antara lain sebagai diberikut.
  1. Dalam rangka pengembangan etiket ditunjukkan dengan acara yang berbudi luhur, ibarat acara peningkatan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertingkah laris yang baik scrta berdisiplin.
  2. Penerapan dan pelaksanaan tata-tertib sekolah balk yang dilakukan oleh guru, yaitu contoh-contoh penegakan disiplin dan ketaatan untuk mematuhi tata tertib yang ada. Apabila tata tertib tidak sanggup berjalan maka kekacauan, ketidaktertiban, dan keresahan yang akan terjadi sehingga mengakibarkan terganggunya acara proses belajar-mengajar.
  3. Kegiatan-kegiatan pramuka, palang merah remaja, penelitian, pecinta alam, olah raga, dan banyak acara lainnya yang memotivasi siswa untuk melaksanakan benar dan adil serta memupuk sikap berani membela kebenaran dan keadilan.

Di Lingkungan Masyarakat


sepertiyang sudah disebutkan bahwa penegakan kebenaran dan keadilan dalam kehidupan masyarakat ialah perbuatan terpuji dan ialah tuntunan sopan santun yang harus dilaksanakan. Pada dasarnya perbuatan yang sanggup diterima di masyarakat ialah perbuatan-perbuatan baik. Namun, apabila yang terjdi yakni perbuatan yang tidak baik maka kewajiban yang harus dilakukan antara lain:
  1. berusaha mencegah atau melarangnya dengan segala kekuatan dan kekuasaannya,
  2. apabila tidak sanggup berbuat dengan kekuatan dan kekuasaan cegahlah dengan mulut atau tulisan, dan
  3. jika teguran tidak sanggup maka cukuplah dengan diam, walaupun hal mi ialah upaya yang paling lemah.
misal-contoh keadilan dalam masyarakat antara lain sebagai diberikut.
  1. Keadilan dalam beragamadan diberibadah artinya setiap orang mempunyai hak menentukan dan memeluk serta melaksanakan ibadah agamanya.
  2. Keadilan dalam kehidupan rumah tangga.
  3. Keadilan dalam perjanjian, contohnya pinjaman-piutang, sewa-menyewa, jual-beli yang dilakukan secara tertulis dan adil, serta dilaksanakan secara jujur, sesuai kesepakatannya.
  4. Keadilan dalam hukum, asas perlakuan yang sama dalam hukum.
  5. Keutamaan ibarat membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan lebih besar atau memaaflcan orang lain.
  6. Mendamaikan perselisihan dengan dasar persaudaraan keadilan serta memperlakukannya dengan bijaksana.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Perwujudan Pengamalan Kebenaran Dan Keadilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel