Pentingnya Bekerja Keras Untuk Mencapai Cita-Cita

Pentingnya Bekerja Keras Untuk Mencapai Cita-Cita


Bekerja yaitu berbuat untuk menghasilkan sesuatu. Hasil kerja keras tersebut diperlukan berkhasiat bagi diri kita dan orang lain. Kemerdekaan bangsa dan negara yang kita nikmati kini mi ialah hasilm perjuangan kerja keras dan pengorbanan para pejuang bangsa. Oleh sebab itu, kini kita berkewajiban bekerja keras untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala hiding kehidupan. Pembangunan yaitu perjuangan secara sadar yang perlu dilakukan untuk mengubah nasib. Nasib kita akan tetap jelek dan serba belum sempurnanya jikalau kita tidak sadar dan segera bertindak untuk melakukan pembangunan.

Pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.



Tujuan nasional bangsa Indonesia dituangkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, Alinea Keempat yang meliputi sebagai diberikut:
  1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia:
  2. memajukan kesejahteraan timur:
  3. mencerciaskan kehidupan bangsa:
  4. ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan keinerdekaan, perdamaian ahadi, dan keadilan sosial.
Hal itu mengisyaratkan bahwa setiap masyarakat negara Indonesia harus berperan serta dalam menyukseskan pembangunan dengan bekerja keras berdasarkan bidang dan, kemampuannya untuk mencapai cita-cita.

Pengertian dan Tata Teknik Bekerja Keras untuk Mencapai Cita-Cita

Bekerja berarti suatu perjuangan yang dilakukan oleh insan untuk memperoleh hasil dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Bekerja keras berarti mendayagunakan seluruh tenaga dan pikirannya untuk mencapai hasil yang diperlukan atau dicita-citakan. Adapun ciri-ciri orang yang bekerja keras, antara lain
  1. memiliki ketabahan, tekun, dan pantang menyerah;
  2. bekerja secara sungguh-sungguh;
  3. memiliki semangat untuk maju atau mengubah nasib;
  4. tidak praktis putus asa;
  5. melaksanakan kiprah atau kewajiban sebaik-baiknya;
  6. memiliki inisiatif (usaha atau tindakan yang mula-mula) dan kreatif (memiliki daya cipta atau kemampuan untuk mencipt).

Berbagai Pola Hidup Sederhana dan Bekerja Keras

Dalam masa pembangunan mi, kita sebagai pelajar harus rajin berguru semoga nantinya menjadi insan pembangunan yang bisa berperan serta dalam membangun negara dan bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila 1an Undang-Undang Dasar 1945. melaluiataubersamaini rajin berguru dan bekerja keras berarti kita secara tidak pribadi sudah berbakti kepada kedua orang renta dan berperan serta dalam mengisi pembangunan nasional.

Di samping rajin berguru dan bekerja keras, kita harus membiasakan pula bersikap hidup sederhana. Bersikap hidup sederhana berarti perilaku hidup seadanya, bersahaja, tidak boros, tidak menjangkau apa yang di luar kemampuannya, serta bisa menyesuaikan din dengan keadaan sekitarnya. Hidup sederhana sanggup juga diartikan hidup cermat, hemat, tepat, dan berasaskan manfaat. Cermat berarti kita harus teliti memikirkan tiruana kebutuhan hidup. Hemat berarti kita harus berhati-hati dalam memakai harta benda semoga ada keuntungannya dalam mencapai tujuan hidup.

Ciri-ciri dan referensi hidup sederhana yaitu sebagai diberi kut:
  1. sikap dan tutur kata selalu wajar, bersahaja, dan tidak berlebihan;
  2. terpenuhinya kebutuhan secara wajar, tidak berlebihan, tidak boros, dan tidak memamerkan kekayaan;
  3. tidak bersikap tinggi hati dan tidak rneremehkan orang lain;
  4. menghargai dan tidak membeda-bedakan orang lain;
  5. merniliki kesetiakawanan yang tinggi;
  6. bersikap hernat. cermat, dan tepa salira yang tinggi.
Pola hidup sederhana dan bekerja keras sanggup diwujudkan dalam kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, dan bernegara.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Bekerja Keras Untuk Mencapai Cita-Cita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel