Pemanfaatan Bioteknologi Kloning Dan Imbas Buruknya

Pemanfaatan Bioteknologi Kloning


Saat ini bioteknologi sudah semakin berkembang sehingga bioteknologi sanggup dimanfaatkan untuk bioremediasi, menemukan bibit unggul, menghasilkan insulin dan antibiotik, serta produksi energi. Berikut ini akan diuraikan terkena memanfaatkan bioteknologi secara lebih jelas.

Kloning

Apakah sebenamva kloning itu? Kioning ialah proses membuat suatu organisme yang mempunyai jalan masuk yang identik dengan organism lain (kembar identik). Artinya, setiap DNA dan masing-masing organisme sama. Sebenamya kloning sudah usang diketahui, yaitu dengan adanya insan yang lahir kembar identik, tetapi hal ini tercipta secara alami.



Saat ini sudah dilakukan teknologi kloning modern, dengan membuat kembar identik pada organisme di laboratorium. Kloning pertama kali populer diseluruh dunia ketika dombajJolly dipertunjukkan tahun 1997. tetapi bekerjsama teknologi kloning sudah adajauh sebelum kemunculan Doll. Bagaimana insan sanggup melaksanakan pembuatan salman genetik yang identik dan suatu organisme? Ada sepasang cara untuk melaksanakan hal tersebut, yaitu membuat embrio kembar secara buatan, atau embno buatan dan transfer inti sel somatik.
  • Membuat ernbrio kernbar secara buatan.
Membuat embrio kembar secara buatan ialah teknologi pengklonan dengan memakai teknologi yang tidak terlalu susah lantaran menjiplak proses alaini dalam membuat kembar identik. Di alam. proses kembar identik terjadi sesaat setelah pembuahan sel telur oleh sel sperma. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi ini, sd telur yang sudah dibuahi akan menghasilkan zigot. Kemudian, zigot mencoba membelah din menjadi dua sd embrio dan keduanya terpisah.

Setiap sel terus membelah dan balasannya berubah menjadi individu yang tcrpisah di dalam badan induknya. Karena kedua sel berasal dan zigot yang sarna. individu yang dihasilkan akan identik secara genetik. Proses membuat emhrio kembar secara buatan memakai pendekatan yang sama. tetapi prosesnya terjadi dalam cawan petri dan bukan di dalam badan induknya. Hal ini dilakukan dengan cara memisahkan secara manual embrio yang masih sangat muda menjadi sel-sel individu dan kemudian membiarkan setiap sel membelah dalam dirinya (mengembangkan din). Embnio yang dihasilkan kemudian ditempatkan ke dalam induk pengganti (surrogate mother), di mana embrio tersebut akan berkembang hingga dilahirkan. Karena tiruana embnio berasal dan zigot yang sama, proses tersebut disebut identik secara genetik.
  • Transfer inti set sornatik
Transfer inti sel somatik (SCNT Somatic Cell Nuclear Transfer) memakai pendekatan yang tidak sama daripada membuat embrio kembar secara buatan. tetapi proses ini membenikan hasil yang sama, yaitu suatu kion identik atau salman genetik dan suatu individu. Metode ini dipakai untuk membuat domba Dolly. Untuk membuat Dolly, peneliti mengisolasi sel somatik (setiap sel dalarn badan kecuali sel sperma dan sd telur), dan satu domba sampaumur betina, kemudian inti dan sd tersebut ditransfer ke dalam sel telur asal inti sel tersebut diambil.

Sesudah mengalaini sepasang pelukaan zat kiinia (cheinical tweaks), sel telur dengan inti sd yang gres akan berperilaku seakan-akan menyerupai zigot yang gres saja dibuahi. Sel tersebut berubah menjadi ernbrio, kemudian ditanamkan pada induk pengganti hingga saatnya lahir.

Domba Dolly ialah suatu replica genetik sesungguhnya dan satu domba betina sampaumur yang mendonorkan inti sd sornatik ke sd telur. Dolly merup akan marnalia pertama yang pernah
dikion dan sel somatik dewasa.

Bagaimana SCNT tidak sama dengan cara alaini dalam membuat embrio? Metode pembuahan suatu sel telur oleh sperma dan kioning SCNT mempersembahkan hasil yang sama, yaitu suatu pembelahan bola sel yang disebut ernbrio. Perbedaan kedua metode ini ialah dan mana asal kedua kromosorn, lantaran suatu embrio terdiri dan sel-sel yang mengandung dua pasang sd kromosom.

Pada pembuahan, sperma dan sel telur mengandung sepasang kromosorn sehingga ketika sperma dan sd telur bergabung, zigot yang dihasilkan merniliki dua pasang kromosom (sepasang dan ayah dan sepasang dan ibu). Pada SCNT. sepasang sd yang ada pada sd telur dipindahkan, kernudian tempatnya diisi oleh inti dan sel somatic yang sudah mengandung dua pasang kromosom. Oleh lantaran itu, embrio yang dihasilkan kedua pasang sel krornosorn berasal dan Sel sornatik.

Apakah perbedaan pengklonan organisme dan pengklonan gen? Pengklonan organisme merujuk pada pembuahan suatu salman genetic yang identik dan suatu organisme, sedangkan pengklonan gen berarti mengisolasi atau meinisahkan sam salman identik satu gen dan tiruana gen iada satu organisme. Biasanya, pmses ini melibatkan penyalinan deretan DNA dan gen tersebut ke dalam DNA yang lebih kccil dan simpel dimasuki. misalnya plasinid. Hal ini akan rnernudahkan kita untuk mempelajari kegunaan dan gen secara individu dalam laboratorium. misal pengklonan gen ialah pembuatan insulin. Manfaat kioning antara lain sebagai diberikut.
  • Kloning unnik ru/uan kedokteran
Dan tiruana alasan. kioning untuk tujuan kedokteran ialah yang paling potensial mempersembahkan laba bagi manusia. Banyak sekali hal yang dipelajari oleh peneliti wacana penyakit insan dan mempelajari model hewan. menyerupai tikus. Model binatang tersebut direkayasa secara genetik untuk melaksanakan mutasi yang menyebabkan penyakit dalam gennva. Teknologi kion mungkin mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam membuat model binatang transgenik, dan hasilnya ialah populasi dan binatang yang identik secara genetik untuk dipelajari.
  • Kloning set huiung (stern cell) untuk penelitian
Sel batang ialah blok bangunan badan yang bertanggung jawaban terhadap perkembangan, pemeliharaan, dan perbaikan badan selama hidup. Sebagai hasilnya, sel ini sanggup dipakai untuk memperbaiki organ dan jaenteng badan yang rusak atau sudah mati.
  • Kloning unruk menghasilkan obat
Hewan ternak menyerupai sapi. domba, dan kambing ketika ini sedang direkayasa secara genetik untuk rnenghasilkan obat dan protein yang mempunyai kegunaan dalam hidang kedokteran.
  • Kloning uniuk inembuat insulin
Saat ini. untuk memenuhi kebutuhan insulin yang tinggi dipakai basil untuk rnenghasilkan insulin. Pada basil itu disisipkan gen insulin dart manusia. Insulin ialah hormon yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Hormon ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes melitus lantaran penderita diabetes meletus tidak bisa menghasilkan hormon tersebut. Hormon insulin dihasilkan oleh kelenjar pankreas yang berfungsi rnengubah glukosa dalarn darah menjadi glikogen.

Dampak Buruk Melakukan Kloning

Apabila melaksanakan penelitian, tidak tiruana basil yang didapat itu baik, tentu saja ada yang gagal. Selain itu, hasil penelitian sanggup juga mempersembahkan efek yang buruk. Berikut mi akan diuraikan rnengenai efek jelek kioning.
  • Kegagalan rang cukup tinggi
Pengklonan binatang rnclalui transfer inti sd somatik sama sekali tidak efisien, laju kesuksesan antara 0, 1 — 3 persen. Artinya perjuangan yang dilakukan sangat banyak, tetapi tingkat keberhasilan sangat kecil. Hal ini disebabkan antara lain proses pembuatan inti dan sel telur dan inti yang ditransfer rnungkin tidak kompatibel, penanarnan ernbrio dalam induk pengganti mungkin gagal. dan keharnilan itu sendiri mungkin gagal.
  • Masallah selama perkembangan selanjutnya
Ketahanan hewari yang dikion cenderung lebih rendah dibandingkan binatang yang tidak dikion. Ilmuwan menyebutnya tanda-tanda Large Offcpring Syndrome’(LOS). Hasil kion biasanya merniliki organ besar yang abnormal, menyerupai ginjal yang cacat, otak malf ormasi (pembentukan otak yang tidak benar), dan sistem imunisasi (kekebalan) yang cacat.
  • Pola verbal yang abnormal
Pada proses memprogram DNA ada kemungkinan terjadi pembuatan jadwal yang tidak lengkap sehingga sanggup menyebabkan embrio berkembang abnormal.
Sumber Pustaka: Gguaca Exact

Belum ada Komentar untuk "Pemanfaatan Bioteknologi Kloning Dan Imbas Buruknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel