Membaca Intensif Paragraf Yang Berpola Deduktif

Membaca Intensif Paragraf Yang Berpola Deduktif



Pada unit 1, engkau sudah mencar ilmu memilih pola paragraf teks rumpang menurut letak kalimat utama dan kalimat penjelasnya. Pada pembelajaran kali mi, engkau akan mencar ilmu membaca intensif paragraf yang berpola deduktif. Pengalaman belajarmu pada unit 1 tersebut sanggup engkau manfaatkan pada pembelajaran kali ini.

Pada umumnya, sebuah paragraf terdiri atas gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan utama ialah pokok pikiran yang menjiwai seluruh paragraf, sedangkan gagasan utama ialah ilham pokok yang berfungsi pertanda gagasan utama.



Gagasan utama sanggup diubah menjadi kalimat utama dan gagasan penjelas daptt diubah menjadi kalimat penjelas. Untuk memilih kalimat utama dan kelimat penjelas, hams diketahui terlebih lampau ciri-cin kalimat tersebut. Ciri-ciri kalimat utama ialah meliputi pernyataan yang paling penting. bersifat umum, dan berupa simpulan, sedangkan kalimat penjelas berfungsi pertanda kalimat utama, bersifat khusus, menawarkan contoh-contoh yang terang berupa alasan yang menguatkan gagasan, dan berupa bukti-bukti yang menyakinkan.

Dilihat dan letak kalimat utamanya, paragraf sanggup dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf deduktif ialah paragraph yang diawali oleh kalimat utama dan diikuti beberapa kalimat penjelas. Paragraf induktif ialah paragraf yang diawali beberapa kalimat penjelas dan diakhiri kalimat utama. Untuk Paragraf campuran, letak kalimat utamanya ada di awal paragraf dan dipertegas kembali di tamat paragraf.
Sumber Pustaka: Gguaca Exact

Belum ada Komentar untuk "Membaca Intensif Paragraf Yang Berpola Deduktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel