Manfaat Mendengarkan Pidato Bagi Pendengar

Mendengarkan Pidato



Pada pembelajaran kali ini, engkau akan berguru mendengarkan pidato. Isi dan pidato biasanya pesan-pesan, gagasan-gagasan, ajakan-ajakan, imbauan-imbauan, dan harapan-harapan wacana banyak sekali hal, contohnya wacana politik, olahraga, pendidikan, pengetahuan, dan sebagainya. Dengarkan pidato yang disampaikan oleh kawanmu diberikut ini! Sebelumnya, tutuplah bukumu ini!



Selamat pagi bagi tiruana hadirin. Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa yang sudah mempersembahkan kekuatan lahir dan batin kepada kita tiruana sehingga sanggup bahu-membahu menyelenggarakan rapat dalam rangka peresmian pengurus karang taruna “Mekar Sari” yang barn.

Selanjutnya atas nama kepala desa dan yang mewakili masyarakat desa ini, kaini mengucapkan selamat atas terbentuknya pengurus karang taruna yang barn di desa yang kita cintai ini. Semoga pengurus yang gres nanti benar-benar sanggup melanjutkan usaha pengurus yang usang yang belum sanggup dilaksanakan.

Untuk pengurus karang taruna yang barn, kiprah kalian cukup banyak. Namun, kalian tidak perlu berkecil hati. Dengàn dilandasi semangat membangun, semangat rasa kebersamaan. dan persatuan yang tinggi, tiruana itu harus dilaksanakan dengan menganggapnya sebagai kewajiban, bukan semata-mata sebagai beban.

Dalam menjalankan kiprah kepengurusan yang barn nanti, tidakbolehlah segan berkonsultasi dengan pengurus yang lama. Setidak-tidaknya pengurus yang usang sudah berpengalaman. OIeh alasannya ialah itu, setiap anggota pengurus diberikut ketua karang taruna hendaknva menyadari bahwa pekerjaan ini ialah pekerjaan organisasi. Denan deinikian, kebutuhan umum hams senantiasa dinomorsatukan setelah kebutuhan pribadi. Jadi, yang diperlukan ialah pola perilaku tertib dan disiplin. Akhirnya, saya berpesan, tingkatkan terus solidaritas, tingkatkan terus kreativitas, tingkatkan ketertiban dan kedisiplinan, serta tingkatkan terus rasa persatuan dan kesatuan. Semoga mendapat kontribusi dan banyak sekali pihak. Selmat bekerja, selamat berluang!

Perhatikan pola pencatatan informasi, pesan, dan gagasan dalam pidato di atas!
  1. Acara Rapat peresmian pengurus karang taruna “Mekar Sari” yang baru.
  2. Orator : Kepala desa.
  3. Pokak-pokok isi pidato:
  • Salam dan puji syukur.
  • Ucapan selamat atas terbentuknya pengurus karang taruna yang baru.
  • Pemdiberian dorongan atau semangat kepada pengurus karang taruna yang baru.
  • Pengurus karang taruna yang gres tidak perlu segan untuk berkonsultasi dengan pengurus yang lama.
  • Setiap anggota pengurus hendaknya menyadari pekerjaannya masing-masing.
  • Dalam menjalankan tugasnya, setiap anggota pengurus perlu menerapkan pola perilaku tertib dan disiplin.
  • Pesan-pésan kepala desa biar setiap anggota pengurus meningkatkan solidaritas, kreativitas, ketertiban dan kedisiplinan, serta rasa persatuan dan kesatuan.
Berdasarkan pokok-pokok pidato di atas, engkau sanggup mengkonstruksikan informasi, pesan, dan gagasan yang disampaikan orator. Perhatikan pola pengkonstruksian tersebut di bawah ini!

Kepala desa mempersembahkan semangat kepada pengurus karang taruna yang gres dan setiap anggota pengurus harus menyadari pekerjaannya masing-masing. Untuk itu, pengurus karang taruna yang gres tidak perlu segan untuk berkonsultasi dengan pengurus yang lama. Dalam menjalankan tugasnya, setiap pengurus perlu menerapkan pola perilaku tertib dan disiplin. Selain itu, kepala desa juga berpesan biar setiap anggota pengurus meningkatkan solidaritas, kreativitas, ketertiban dan kedisiplinan, serta rasa persatuan dan kesatuan.
Sumber Pustaka: Gguaca Exact

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mendengarkan Pidato Bagi Pendengar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel