Makna Pengendalian Diri Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna Pengendalian Diri Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia



Apa arti pengendalian diri? Sebutkan alasan mengapa pengendalian diri sanggup mewujudkan keadilan sosial!

Makna Pengendalian Diri



Manusia yakni makhluk bermasyarakat. Sebagai makhluk bermasyarakat, kebebasan insan selalu dibatasi oleh kewajibannya untuk menghargai dan menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain. Kita hidup dalam keadaan bebas (merdeka), tetapi tidak sebebas-bebasnya. Kebebasan ibarat ini diriamakan kebebasan yang bertanggung balasan dan selaras dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kerakyatan.



Untuk sanggup menampilkan kebebasan yang bertanggung jawaban, tiap-tiap orang dituntut bisa mengendalikan diri. Mengendalikan diri berarti menahan dan mengarahkan segala impian dan kemauan kita sesuai hukum yang berlaku di masyarakat. Mengendalikan diri berasal dan kesadaran akan tanggung balasan untuk menghormati dan menghargai orang lain dalam masyarakat.

Orang yang meiniliki perilaku pengendalian diri yang berpengaruh akan menyadari bahwa insan yakni makhluk bermasyarakat. Dalam mempertahankan dan menjalani hidupnya insan tidak mungkin sanggup bangun sendiri tanpa menolongan dan kolaborasi dengan insan lain. Kenyataan ini menumbuhkan kesadaran bahwa insan intinya memenuhi tiruana kebutuhannya berkat menolongan dan kolaborasi dengan orang lain. Untuk mewujudkan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan hidup dalam korelasi sosial, antara langsung dengan masyarakatnya dibutuhkan perilaku pengendalian diri.

Dalam masyarakat Indonesia yang berguaka ragam, kemauan dan kemampuan mengendalikan diri ialah perilaku yang penting, bahkan sangat dibutuhkan alasannya yakni perilaku ini sanggup menumbuhkan keseimbangan dan stabilitas masyarakat. Oleh alasannya yakni itu, kemauan dan kemampuan mengendalikan diri dijadikan sebagai tolok ukur pengamalan nilai-nilai Pancasila. Hal ini berarti pengendalian diri ialah syarat mutlak yang harus diiniliki untuk sanggup menghayati dan mengamalkan Pancasila.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih

Belum ada Komentar untuk "Makna Pengendalian Diri Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel