Macam-Macam Pasar Berdasarkan Sifat Dalam Distribusi Dan Pasar

Macam-Macam Pasar Menurut Sifat

Berikut ini yakni macam-macam pasar yang menurut sifatnya.

Pasar Nyata

Pasar nyata (konkret) ialah daerah bertemunya penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi jual-beli. Tempat bertemunya penjual dan pembeli tersebut sanggup di dalam gedung atau bangunan maupun di daerah terbuka. Pada ketika penjual dan pembeli melaksanakan tawar-menawar, barang yang diperjual belikan berada di situ. Jadi, dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat. Dalam bahasa sehari-hari, sebutan “pasar” oleh masyarakat umum yakni pasar nyata ibarat ini.



Pasar Tidak Nyata

Untuk melaksanakan transaksi jual beli, penjual dan pembeli sanggup saja tidak certemu secara fisik, melainkan spesialuntuk berkomunikasi melalui surat, teepon, dan sanggup juga melalui telegram/facsiinile/internet. Inisalnya, Bu Yati yang berada di Yogyakarta ingin membeli kendaraan beroda empat milik Pak Suranto yang berada di Jakarta. Prosesjual beli dilakukan melalui surat dan telepon dalam rangka mencapai komitmen harga terhadap kendaraan beroda empat yang diperjualbelikan. Hubunganjarakjauh yang mereka lakukan dalam rangka mencapai komitmen harga dan jenis barang yang diperjualbelikan tersebut ialah pola pasar tidak nyata (abstrak).

Perhatikan juga pola diberikut ni! Bu Wahyu dan Bu Yuni bertemu dalam sebuah arisan di kantor. Bu Wahyu menunjukkan dagangan berupa perabot rumah tangga kepada Bu Yuni. Bu Wahyu tidak membawa barang, melainkan brosur yang memuat foto perabot rumah tangga beserta harga. Proses tawar menawar dalam rangka mencapai komitmen harga dan barang yang akan diperjualbelikan tersebutjuga ialah pasar abstrak.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Pasar Berdasarkan Sifat Dalam Distribusi Dan Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel