Kebijaksanaan Pembangunan Kota

Kebijaksanaan Pembangunan Kota


Kebijaksanaan pembangunan kota diputuskan semoga terjadi keserasian pembangunan kota dengan pembangunan pedesaan sekitarnya, keserasian pembangunan antara kota yang satu dengan kota yang lain, dan adanya peningkatan pelayanan di setiap kota. Tercapainya keserasian pembangunan kota dengan pembangunan pedesaan sekitamya akan membawa keberhasilan pembangunan regional, alasannya ialah pembangunan regional mencakup pembangunan tempat kota dan tempat desa.

Kota dan desa-desa sekitarnya memiliki relasi timbal balik, sehingga barang-barang hasil pertanian dan desa yang diharapkan oleh penduduk kota sanggup dikirim. Sebaliknya, hasil industri dan kota yang diharapkan dan dikonsumsi oleh penduduk desa sanggup disalurkan. Usaha-usaha pembangunan kota untuk mencapai keserasian dengan pembangunan pedesaan sekitamya, dilaksanakan pada banyak sekali bidang antara lain sebagai diberikut.



Bidang transportasi


Dalam bidang transportasi selalu diusahakan perbaikan, pemeliharaan, dan pembangunan jalan-jalan gres yang menghubungkan kota dengan desa di sekitamya. melaluiataubersamaini demikian, hasil produksi pertanian dan pedesaan praktis disalurkan ke kota. Sebaliknya, hasil produksi industri dan kota yang berkhasiat untuk meningkatkan pertanian dan pembangunan pedesaan praktis disalurkan ke desa. Untuk mendukung pembangunan bidang transportasi diusahak an pula pemugaran, perluasan, dan pembangunan terminal-terminal bus, dan pelabuhan-pelabuhan sungai di luar Jawa semoga sanggup memperlancar relasi antara kota-kota dan pedesaan.

Bidang masukana penerangan listrik


Peningkatan pembangunan pusat-pusat listrik di kota sanggup memperluas jaenteng listrik, sehingga dimungkinkan adanya listrik masuk desa.

Bidang pendidikan


Pembangunan sekolah-sekolah terutama SMU dan Sekolah Menengah kejuruan di kota-kota kecil akan bermanfaa bagi tempat pedesaan sekitarnya. Mengapa demikian? Alasannya, para cowok desa akan praktis melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Bidang industri


Peningkatan pembangunan industri dan proyek-proyek lain di kota kecil dan kota sedang sanggup menyerap tenaga kerja dan pedesaan. melaluiataubersamaini demikian, pembangunan mi akan sanggup mengurangi arus urbanisasi ke kota-kota besar.

Bidang perdagangan


melaluiataubersamaini dilaksanakannya pemugaran, perluasan, dan pembangunan pasar serta pertokoan di kota, akan semakin memperlancar perdagangan (distribusi) hasil industri dan kota dan hasil pertanian dan desa.

Bidang media massa


Pembangunan masukana media massa, menyerupai surat kabar, radio, dan televisi sanggup men ingkatkan masukana penyuluhan dan penerangan masyarakat.

Bidang perkreditan


Cabang-cabang Bank Rakyat Indonesia, maupun bank-bank perkreditan lainnya terus memperluas pelayanannya kepada masyarakat. Tujuaimya ialah semoga masyarakat lebih praktis memperoleh kredit untuk modal pertanian dan perjuangan produksi.

Bidang pelayanan kesehatan


Peningkatan pembangunan rumah sakit umum di kota-kota ditujukan untuk memperbesar daya tampung pasien, sehingga sanggup mendapatkan pasien dan desa dan sekitarnya.

Pembangunan kota kecil di sekitar kota metropolitan


Pembangunan kota-kota kecil dan kota satelit di sekitar kota metropolitan Jakarta, Surabaya, dan Bandung, diusahakan lebih mantap semoga sanggup mendukung pembangunan wilayah terpadu (an integrated development). Upaya itu bertujuan untuk mengurangi arus urbanisasi di sentra kota, memperbesar peranan kota-kota kecil sebagai tempat penyangga, dan menyediakan akomodasi perumahan di wilayah pinggiran metropolitan.
Sumber Pustaka: regina

Belum ada Komentar untuk "Kebijaksanaan Pembangunan Kota"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel