Bagian-Bagian Bunga Sebagai Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Bagian-Bagian Bunga Sebagai Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan


Bunga flora ada yang mempunyai tiruana bab bunga dan ada yang spesialuntuk mempunyai beberapa bab bunga. Bagian-bagian bunga meliputi pemanis bunga dan alat kelabuin bunga.

Perhiasan bunga

Perhiasan bunga ialah bab bunga yang tampak berbentuk lembaran menyerupai daun. Perhiasan bunga pada umumnya meliputi kelopak dan mahkota bunga. Kelopak terletak pada bulat luar, biasanya berwarna hijau. Pada waktu bunga masih kuncup, kelopak berfungsi selubung yang melindungi bunga.



Mahkota bunga terletak pada bulat sebelah dalam, biasanya berwarna-waini. Warna mahkota bunga berfungsi menarikdanunik serangga penyerbuk. Selain itu, mahkota bunga juga berfungsi melindungi benang sari dan putik, dan sebagai daerah hinggap serangga yang akan mengisap madu. Kadang-kadang, tidak sanggup dibedakan antara kelopak dan mahkota bunga. Perhiasan yang deinikian disebut dengan renda bunga. contohnya ialah bunga cempaka gading, pisang, dan kembang sungsang. Perhiasan bunga ada yang terdiri dan bab yang terpisah-pisah berupa helaian lepas-lepas, ada pula yang pada bab awal atau keseluruhan bagian-bagiannya bersatu.

Alat kelainin bunga (Atat perkembangbiakan)

Bagian kelainin bunga terdiri dan alat pembiakan jantan yaitu benang sari dan alat pembiakan betina yaitu putik. Benang sari berada pada bulat sebelah luar putik.
  • Benang sari
Benang sari terdiri dan kepala sari dan tangkai sari. Di dalam kepala sari terjadi pembentukan serbuk sari. Bila serbuk sari ini jatuh di kepala putik akan terbentuk buluh serbuk sari dan inti generatif membelah mehjadi 2 inti sperma. Beberapa jenis bunga mempunyai benang sari tidak sama panjang. Inisalnya bunga turi, buncis, dan kacang tanah mempunyai benang sari berjumlah sepuluh yang terpisah menjadi dua tukal (berkas). Satu benang sari terpisah dan sembilan lainnya bersatu. Pada bunga sepatu, seluruh tangkai benang sari berlekatan membentuk tabung tangkai sari yang mengelilingi putik. Bagian tangkai sari yang tidak berlekatan sangat pendek, yang terletak di ujung dan mendukung kepala sari.
  • Putik
Putik biasanya terletak di bab tengah bunga dan dikelilingi oleh banyak benang sari. Bagian-bagian putik ialah kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Bakal buah terletak paling bersahabat dengan dasar bunga. Bentuk bakal buah bervariasi. Bakal buah turi serupa tian yang terletak di atas awal pemanis bunga. Bentuk bakal buah bunga tasbih menyerupai gentong dan terbungkus oleh da’ bunga. Pada dasarnya, bentuk bakal buah berkaitan erat dengan bentuk buah yang akan terbentuk.

Bakal buah meliputi satu atau lebih bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga, yang meliputi beberap sel. Salah satu di antara kandung forum itu ialah telur, yang pada dasarnya akan dibuahi oleh inti sperma. Sesudah terjadi pembuahan, dinding bakal buah akan menjadi buah, dan bakal biji menjelma biji.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Bagian-Bagian Bunga Sebagai Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel