Apa Pengertian Administrasi Keuangan Itu?

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ✓ Istilah administrasi ialah proses dalam mencapai apa yang menjadi tujuannya melalui kemampuan dari orang lain. Sehingga dengan demikian diharapkan science and art. Dikatakan menggunakan pihak lain bukan berarti seseorang yang menjalankan administrasi tidak bekerja, namun ia mencurahkan segala kemampuan supaya mendorong tercapainya apa yang menjadi tujuan organisasi/ perusahaan dengan melalaui pihak lain/ orang lain. melaluiataubersamaini demikian dibutuhkan adanya fungsi administrasi yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Sedangkan keuangan intinya terdiri dari transaksi keluar dan masuk uang. Namun transaksi tersebut tidak spesialuntuk keluar dan masuk uang saja, tetapi bagaimana sanggup mempersembahkan keuntungan perusahaan.

Daftar Isi

1. Pergertian dan Fungsi Manajemen Keuangan
2. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan
3. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
4. Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan

 Istilah administrasi ialah proses dalam mencapai apa yang menjadi tujuannya melalui kema APA PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ITU?

Pergertian dan Fungsi Manajemen Keuangan

Berikut ialah beberapa andal yang mempersembahkan pendapatnya perihal Pengertian Manajemen Keuangan:
  1. Suad Husnan memdiberi pernyataan perihal pengertian administrasi keuangan yaitu manajemen terhahap tiruana fungsi keuangan.
  2. Bambang Riyanto, menyatakan : Semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan upaya menerima dana yang diharapkan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntunggkan serta upaya untuk mempergunakan dana yang didapatnya tersebut secara efisien dan efektif.
  3. Liefman memdiberi definisi manajemen keuangan adalah perjuangan penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk memperoleh aset (aktiva).
  4. Sedangkan pengertian administrasi keuangan berdasarkan James C. VanHorne ialah segala kegiatan yang berafiliasi dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan beberapa tujuan menyeluruh. Dari definisi tersebut sanggup diartikan bahwa kegiatan administrasi keuangan berafiliasi dengan: a. Bagaimana memperoleh dana untuk membiayai usaspesialuntuk b. Bagaimana mengelola dana tersebut sehingga tujuan perusahaan tercapai c. Bagaimana perusahaan mengelola asset yang dimiliki secara efisien dan efektif.
Dari pengertian administrasi keungan tersebut secara umum bisa dikatakan bahwa administrasi keuangan ialah administrasi yang menjalankan dan bertanggung tanggapan terhadap fungsi  keuangan yang mencakup mencari sumber dana (mendapatkan keuangan perusahan)  serta mengatur pemakainnya untuk operasional ataupun untuk investasi.

Baca Juga : misal Artikel Manajemen

Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan 

Prinsip-prinsip keuangan yang sering digunakan dalam dasar teori keuangan dan pembuatan keputusan keuangan ialah sebagai diberikut:
  • Prinsip self interest behavior ialah menentukan keputusan atau tindakan yang paling baik atau  yang paling menguntungkan
  • Prinsip risk aversion ialah tidak mau terhadap resiko
  • Prinsip diversification ialah adanya tindakan diversifikasi
  • Prinsip incremental benefit ialah seluruh keputusan keuangan wajib didasarkan pada selisih antara nilai satu alternatif dengan alternatif yang lainnya.
  • Prinsip signaling ialah mengajarkan bahwa setiap tindakan terdapat adanya informasi.
  • Prinsip capital market efficiency ialah supaya pasar modal bisa efisiensi secara warta dan efisiensi secara operasi.
  • Prinsip risk return trade off ialah apabila menginginkan keuntungan besar, maka bersiaplah untuk menanggung resiko yang besar.
  • Prinsip time value of money ialah bahwa nilai nominal uang pada hari ini tidak sama nilainya dengan nilai nominal uang pada bulan depan atau pada tahun depan.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

3 Jenis keputusan keuangan yang ialah tanggung tanggapan manajer keuangan yaitu:
  1. Mengambil keputusan investasi (investment decision). Yaitu berafiliasi dengan pemilihan investasi atas peluang yang ada, menentukan satu atau lebih alternatif investasi yang dianggap paling menguntungkan.
  2. Mengambil keputusan pembelanjaan (financing decision). Adalah berafiliasi dengan pemilihan terhadap bermacam - macam bentuk sumber dana yang tersedia dalam upaya untuk menjalankan investasi, menentukan satu alternatif/lebih pembelanjaan yang menjadikan biaya paling murah.
  3. Mengambil keputusan dividen (dividend decision) atau dividen policy. Yaitu berkaitan dengan penentuan terhadap besarnya persentase dari keuntungan yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham, stabilitas pembayaran dividen, pinjaman saham dividen dan pembelian kembali saham-saham yang beredar.

Pengambilan keputusan yang dilakukan harus dalam koridor tujuan yang seharusnya digunakan oleh perusahaan yaitu supaya bisa memaksimumkan nilai perusahaan. Pengertian nilai perusahaan yaitu harga dari sebuah perusahaan apabila perusahaan tersebut dijual. Jika perusahaan sudah “go public” maka nilai dari perusahaan tersebut tercermin dalam harga saham perusahaan tersebut.

Aktivitas perusahaan apabila dilihat dari sudut administrasi keuangan ialah ialah kiprah manajer keuangan. Tugasnya mencakup :
1. Perolehan dana dengan biaya murah.
2. Pemakaian dana yang efektif dan efisien
3. Melakukan analisis laporan keuangan
4. Melakukan analisis lingkungan Internal dan eksternal yang berkaitan dengan keputusan rutin dan keputusan khusus.

Tujuan Manajemen Keuangan Pada Perusahaan

Pada dasarnya tujuan administrasi keuangan (The Main Objective of Financial Management) ialah memaksimumkan nilai perusahaan atau memaksimumkan kemakmuran pemegang saham.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Puasa Senin Kamis
2. Pengertian website
Demikian artikel yang berjudul APA PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN ITU? yang agar bermanfaa.

Belum ada Komentar untuk "Apa Pengertian Administrasi Keuangan Itu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel