Sirih : Khasiat Dan Manfaat Tanaman Sirih Untuk Kesehatan

Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan ✓ Tanaman ini termasuk familia Poaceae. Tumbuhnya yaitu pada tempat - tempat yang terbuka atau sedikit terlindung dan ada rambatannya alasannya ialah sirih ialah flora yang merambat. Sirih ialah flora orisinil Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon yang lainnya. Sebagai suatu budaya, daun dan buahnya biasa dikunyah berbarengan dengan gambir, pinang, tembakau dan juga kapur.

Teknik yang sanggup digunakan untuk mengembangbiakkan flora sirih yaitu dengan cara setek batangnya yang sudah agak renta yang terdiri atas 4-6 ruas, kemudian semaikan pada tempat yang teduh. Biarkan saja hingga tumbuh rindang sebelum dilakukan pemindahan ke pekarangan.
Daftar Isi Artikel Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan :
1. Menghilangkan Bau Badan
2. Obat Mimisan
3. Obat Koreng
4. Pemmembersihkan Mata
5. Obat Sariawan
6. Obat Bau Mulut
7. Obat Mengurangi Jerawat
8. Menguatkan Gigi
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak & kavikol yang mempunyai kemampuan untu mematikan terhadap kuman, antioksidasi dan juga sebagai fungisida, anti jamur. Sirih mempunyai khasiat untuk menghilangkan anyir tubuh yang ditimbulkan basil dan cendawan. Daun sirih juga mempunyai sifat untuk menahan perdarahan, untuk menyembuhkan luka pada kulit, dan juga untuk gangguan akses pencernaan. Sirih juga mempunyai sifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan sanggup menghentikan pendarahan. Biasanya untuk obat hidung yang berdarah, memakai 1 atau 2 lembar daun segar sirih yang sudah dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Kandungan materi aktif yang berupa fenol & kavikol yang terdapat pada daun sirih hutan bisa digunakan sebagai materi untuk pembuatan pestisida alami yaitu sebagai pengendali terhadap hama penghisap.

Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan

 Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan

Tanaman sirih mempunyai nama lain, tergantung pada daerahnya, antara lain : suruh, sedah (Jawa); seureuh (Sunda); ranub (Aceh); belo (Batak Karo); cambai (Lampung); uwit (Dayak); base (Bali); nahi (Bima); gapura (Bugis); mota (Flores); afo (Sentani); ju jiang (Cina).

Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan antara lain:

Menghilangkan Bau Badan.
Teknik membuat ramuannya yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih segar dengan 2 gelas air, hingga tertinggal 1 gelas. Kemudian minum siang hari.

Mimisan atau keluar darah dari hidung.
Selembar daun sirih muda dicuci, kemudian tekuk menjadi dua, gulung, kemudian masukkan ke hidung yang berdarah, hingga darah yang keluar berhenti mengalir. Tipsnya yaitu usahakan semoga penderita tetap dalam kondisi duduk tegak, supaya darah tidak megnalir ke belakang rongga hidung.

Koreng atau gatal-gatal.
Teknik membuat ramuannya yaitu dengan 20 lembar daun seirih yang tua, rebus dengan 3-4 gelas air, gunakan air rebusan daun sirih yang hangat untuk mencuci bab yang terkena koreng atau gatal.

Pemmembersihkan Mata yang Gatal atau Merah.
Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan yaitu sebagai pemmembersihkan mata yang gatal atau merah. Tekniknya yaitu rebus 5-6 lembar daun sirih muda dengan 1 gelas air, didihkan, dinginkan, gunakan untuk membasuh mata 3 kali sehari.

Obat sariawan.
Tekniknya ialah 1-2 lembar daun sirih dimembersihkankan, kemudian kunyah hingga menjadi lumat, diamkan sebentar di mulut, tempat terkena sariawan.

Obat Bau Mulut.
Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur.

Mengurangi Jerawat.
Carnya yaitu dengan membasuh wajah dengan air rebusan daun sirih.

Menguatkan Gigi semoga Tidak cepatdangampang Tanggal.
Kunyah daun sirih dengan pinang dan kapur.

Baca juga :
1. Manfaat dan Khasiat Alang-alang untuk Kesehatan
2. Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan

Selengkapnya artikel khasiat dan manfaat ada di : Manfaat Tanaman Obat

Demikian artikel Sirih : Khasiat dan Manfaat Tanaman Sirih untuk Kesehatan yang semoga bermanfaa.

Belum ada Komentar untuk "Sirih : Khasiat Dan Manfaat Tanaman Sirih Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel