Pedoman Dan Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia

Pedoman Dan Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia



Pedoman usaha politik luar negeri yang bebas aktif menurut pada faktor-faktor diberikut,

  1. Dasa Sila Bandung yang mencerminkan solidaritas negara-negara Asia dan Afrika, dan usaha melawan imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, serta mengandung sifat non-intervensi (tidak turut campur urusari negara lain).
  2. Prinsip bahwa duduk kasus Asia hendaknya dipecahkan oleh bangsa Asia sendiri dengan kerjasama regional.
  3. Pemulihan kembali iman negara-negara lain terhadap maksud dan tujuan revolusi Indonesia dengan cra memperbanyak mitra daripada lawan, menjauhkan pertentangan dengan mencari keserasian yang sesuai dengan falsafah Pancasila.
  4. Pelaksanaan dilakukan dengan keluwesan dalam pendekatan dan penanggapan sehingga pengarahannva harus dilakukan untuk kepentingan nasional terutama kepentingan ekonomi rakyat.



Berdasarkan yang sudah disampaikan oleh Pemerintah pada 2 September 1948 di hadapan Badan Pekerja Komite Naiona1 Indonesia Pusat, sanggup kita temukan 0kok-pokok yang menjadi dasar politik luar negeri lndonesia, antara lain sebagai diberikut.

  1. Negara Indonesia menjalankan politik damai.
  2. Negara Indonesia berteman akrab dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dengan tidak mencampuri soal susunan dan corak pemerintahan negeri masing-masing.
  3. Negara Indonesia memrkua sendi-sendi aturan internasional dan organisasi internasional untuk menjamin perdamatan yang abadi.
  4. Negara Indonesia berusaha mempergampang jalannya pertukaran pembayaran internasional.
  5. Negara Indonesia memmenolong pelaksanaan keadilan sosial internasional dengan berpedoman pada Piagam PBB.
  6. Negara Indonesia dalam lingkungan PBB berusaha menyokong usaha kemerdekaan bangsa-bangsa yang masih dijajah. Sebab tanpa kemerdekaan, persaudaraan dan perdamaian internasional itu ridak akan tercapai.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Dan Prinsip Pokok Politik Luar Negeri Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel