Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)

Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)  ✓ Definisi dari Neraca ialah laporan yang menggambrkan kedaan keuangan suatu entitas perjuangan pada tanggal tertentu. Keadaan keuangan tersebut digambarkan dengan jumlah aktiva yang dimiliki, kewajibannya (utang) dan modalnya. melaluiataubersamaini demikian sanggup dijelaskan dengan persamaan akuntansi yang  diberikut ini:

Ativa = Utang + Modal

Pengertian aktiva ialah harta yang dimiliki oleh perusahaan atau dengan kata lain ialah investasi di dalam perusahaan. Utang ialah milik kreditur yang ditanamkan dalam perusahaan yang harus dilunasi. Modal ialah jumlah pemilik yang ditanamkan dalam perusahaan.
6. misal Laporan Keuangan Neraca

Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)

 Definisi dari Neraca ialah laporan yang menggambrkan kedaan keuangan suatu entitas perjuangan Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)

Penggolongan Aktiva, Hutang, dan Modal

Susunan aktiva dan modal (pinjaman dan modal) di dalam LAPORAN NERACA ialah diuraikan di bawah ini

- Harta/ Aktiva

  • Aktiva Lancar
  • Investasi Jangka Panjang
  • Aktiva Tetap Berwujud
  • Aktiva Tetap Tidak Berwujud
  • Aktiva lainnya
- Utang dan Modal

Hutang :
  • Hutang Lancar
  • Pendapatan yang Diterima di Muka
  • Utang Jangka Panjang
  • Utang Lainnya
Modal :
  • Modal Saham yang Disetor
  • Agio/ Disagio Modal Saham
  • Cadangan-cadangan
  • Laba Tidak Dibagi
Untuk masing-masing akun di atas akan dicoba diuraikan dan  termasuk elemen yang menjadi bab dari akun-akun tersebut.

Aktiva

Definisi aktiva ialah manfaat irit yang dibutuhkan bisa diperoleh/ dinikmati pada masa yang akan hadir pada suatu entitas perjuangan sebagai hasil dari transaksi pada masa lalu. Adapun 3 sifat pokok aktiva antara lain:
1). mempunyai kemungkinan manfaat pada masa yang akan hadir yang berbentuk kemampuan untuk memdiberi bantuan terhadap fatwa kas masuk pada masa yang akan hadir baik secara langsung/secara tidak langsung.
2). suatu etitas perjuangan tertentu bisa mendapat keuntungannya dan mengawasi manfaat tersebut.
3). transaksi yang menjadikan hak peruahaan dalam rangka mendapat dan mengawasi manfaat tersebut sudah terjadi.
Secara umum aktiva juga mempunyai sifat lain contohnya diperoleh sebesar harga perolehannya, sanggup ditukar dengan aktiva lainnya, mempunyai wujud, mempunyai kekuatan hukum. Sifat lainnya ini mempunyai sifat yang tidak mutlak contohnya aktiva sanggup didapatkan tanpa adanya harga perolehan, bisa juga aktiva tidak mempunyai wujud, dan lain sebagainya.

Aktiva Lancar

Apa yang dimaksud aktiva lancar? Pengertian aktiva lancar ialah uang kas dan aktiva-aktiva lain atau sumber-sumber yang dibutuhkan akan sanggup realisasikan menjadi uang kas atau sanggup dijual/ sanggup dikonsumsi selama siklus perjuangan perusahaan yang normal atau dalam satu tahun, mana yang lebih lama. Permasalahan yang terjadi ialah memilih lamanya siklus perjuangan dari perusahaan, biasanya siklus ini ditentukan dengan menghitung rata-rata waktu yang dibutuhkan semenjak pengeluaran uang untuk membeli barang/ jasa hingga dengan barang/ jasa tersebut sanggup diubah kembali menjadi uang. Atau dengan kata lain bahwa waktu rata-rata semenjak pengeluara uang, disimpan sebagai persediaan dijual dan bermetamorfosis piutang atau penerimaan kas dari perlunasan piutang.

Tata cara susunan aktiva lancar di dalam LAPORAN KEUANGAN NERACA ialah disusun menurut urutan likuiditasnya yang mana akun yang paling likuid dicantumkan pada bab yang atas disusul dengan yang kurang likuid dicatat di bawahnya.

Yang termasuk dalam Elemen/ Golongan Aktiva Lancar antara lain:

1. Kas dan setara kas (cek, money order, pos wesel, dan lain sebagainya)
2. Surat berharga
3. Piutang dagang
4. Piutang wesel
5. Piutang pegawai, anak perusahaan dan pihak lain, apabila akan diterima dalam waktu 1 tahun
6. Piutang angsuran yang akan dilunasi dlam jangka waktu 1 tahun
7. Persediaan barang dagangan, materi mentah, barang dalam proses, baran jadi, materi pemmenolong, sparepart yang akaan dipakai dalam pemeliharaan alat/ mesin
8. Biaya dibaayar di muka, contohnya asuransi, bunga, sewa, pajak, dan lain-lain.

Investasi Jangka Panjang

Yang termasuk dalam Elemen/ Golongan Investasi Jangka Panjang antara lain:

1. Investasi jangka panjang ibarat saham, surat pemberian (obligasi), dan wesel jangka panjang. Tujuan dari investasi ini ialah biasanya untuk mendapat pendapatan yang bersifat tetap, untuk mengawasai perusahaan lain atau untuk menjaga kontinuitas suplay materi baku, dan lain sebagainya.
2. Investasi dalam anak perusahaan, termasuk juga uang muka jangka panjang
3. Investasi dalam bentuk aktiva tetap berwujud, contohnya dalam bentuk tanah, mesin, dll.
4. Penyisihan dana untuk jangka panjang contohnya dana perlunasan obligasi, dana ekspansi, dana pembelian saham sendiri, dana pensiun, dana penggantian gedung, dsb.
5. Cash surrender value dari polis asuransi jiwa.

Aktiva Tetap Berwujud

Tata cara mencantumkan dalam laporan keuangan neraca ialah yang paling atas dimulai dari yang palin tetap (paling panjang umurnya) dan dilanjutan dengan aktiva tetap yang pendek umurnya. Bagi aktiva tetap yang disusutkan maka di NERACA ditunjukkan harga perolehannya (cost) dan akumulasi penyusutannya. Yang termasuk dalam elemen/ golongan aktiva tetap antara lain : tanah, gedung, kendaraan, dan lain sebagainya.

Aktiva Tetap Tidak Berwujud

 Pada kelompok ini ialah aktiva tetap jangka panjang yang tidak mempunyai wujud yang dimiliki oleh perusahaan. misal akun yang termasuk dalam aktiva tetap tidak berwujud  antara lain : goodwill, hak cipta, brand dagang, hak paten, dan lain sebagainya. Termasuk juga dalam kelompok ini ialah biaya pendirian perusahaan (organization cost).

Aktiva Lain-Lain

 Yang termasuk dalam kelompok aktiva lain-lain ialah titipan kepada penjual untuk menjamin ontrak, konstruksi dalam pengerjaan, dll.

Hutang

Pengertian pinjaman ialah pengorbanan manfaat irit yang akan timbul di masa yang akan datag yang dikarenakan kewajiban-kewajiban pada waktu kini pada suatu entitas perjuangan yang akan sanggup dipenuhi dengan mentransfer aktiva atau mempersembahkan jasa kepada entitas perjuangan lainnya pada waktu yang akan hadir sebagai tanggapan dari transaksi yang sudah lalu.

Hutang Lancar

Pengertian pemberian lancar atau hutang jangka pendek ialah pemberian yang perlunasannya memerlukan pemakaian sumber-sumber yang dikelompokkan dalam aktiva lancar atau dengan menjadikan pemberian yang baru. misal akun pemberian lancar ialah sebagai diberikut:
  • Hutang dagang : pemberian yang muncul alasannya ialah adanya pembelian barang dagangan/ jasa.
  • Hutang wesel : utang yang menggunakan bukti tertulis yang berupa kesanggupan untuk membayar pada tanggal tertentu yang sudah ditentukan.
  • Taksiran pemberian pajak : jumlah pajak penghasilan yang diperkirakn untuk keuntungan perusahaan pada periode yang bersangkutan.
  • Hutang biaya : biaya yang sudah menjadi beban namun belum dibayar. contohnya ialah pemberian penghasilan, pemberian bunga, dan lain-lain.
  • Hutang lain yang perlunasannya dalam jangka 12 bulan. Pada kelompok ini ialah pemberian yang perlunasannya menggunakan aktiva lancar. Hutang yang dilunasi tidak menggunakan aktiva lancar maka bukanlah dalam keompok ini. Seabagai pola ialah pemberian obligasi yang sudah jatuh tempo namun perlunasannya menggunakan dana perlunasan obligasi, maka utang obligasi semacam ini tidak termasuk dalam pemberian lancar.

Pendapatan Diterima di Muka

Merupakan angan pendapatan-pendapatan yang bukan ialah pendapatan pada tahun yang bersangkutan. Penerimaan tersebut akan di catat dalam laporan keuangan neraca sebagai pendapatan yang diterima di muka hingga dengan dimana penerimaan tersebut bisa diakui sebagai pendapatan.

Hutang Jangka Panjang

Pada pemberian jangka panjang perlunasannya tidak menggunakan sumber yang dikelompokkan dalam aktiva lancar. Sebagai pola ialah pemberian obligasi, pemberian wesel jangka panjang, dan lain sebagainya.

Hutang Lain-lain

Pada kelompok ini, tiruana pemberian yang tidak sanggup masuk di dalam pemberian jangka pendek. pendapatn diterima di muka, dan pemberian lain-lain maka akan dimasukkan dalam kelompok pinjaman-lain-lain.  Misalnya ialah pemberian obligasi yang perlunasannya dari dana perlunasan obligasi.

Modal

Modal sendiri ialah perbedaan antara jumlah aktiva dan jumlah utang. Modal pada perusahaan perseorangan berupa satu rekening yang didiberi nama modal. Pada perusahaan yang berbentuk CV ditunjukkan dalam rekening modal masin-masing anggota. Sedangkan modal dalam Perseroan terdiri dari beberapa akun, yaitu: modal disetor dan keuntungan tidak dibagi,  modal evaluasi kembali, dab modal sumbangan serta modal lain-lain.

Modal Disetor

Pengertian modal disetor ialah jumlah uang yng disetorkan oeh pemegang saham yang pada umumnya dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu:

- Modal saham (jumlah nominal dari saham yang beredar). Pada laporan neraca, cara mencantumkan modal saham beredar adalah:

Modal statuter                           xx
(-) Saham dalam portepel         xx  
Modal saham beredar               xx

- Agio/ disagio saham yaitu selisih dari setoran pemegang saham dengan nilai nominal saham. Agio saham ialah selisih di atas nominal sedangkan disagio ialah selisih dibawah nominal. Pada laporan keuangan neraca, agio akan menambah niai modal saham beredar sedangkan disagio akan mengurangi modal saham beredar.

Laba Tidak Dibagi (Laba Ditahan)

 Pengertian dari keuntungan tidak dibagi ialah jumlah dari laba-laba pada tahun sebelum tahun buku yang tidak dibagi sebagai deviden.

Di dalam laporan keuangan NERACA keuntungan tidak dibagi akan disajikan sebagai diberikut:
Laba tidak dibagi:
- Untuk ekspansi                    xx
- Untuk perlunasan obligasi   xx 
- Bebas                                   xx

Modal Penilaian Kembali

Apabila terjadi evaluasi kembali terhadap suatu aktiva dalam perusahaan, maka selisih dari nilai buku aktiva yang usang dan yang gres dicatat sebagai modal evaluasi kembali. Pada LAPORAN NERACA modal evaluasi kembali masuk dalam kelompok modal yang dijumahkan dengan unsur-unsur modal yang lain.

Modal Sumbangan

Modal sumbangan ialah modal yang timbul kalau sustu entitas perjuangan mendpatkan aktiva yang berasal dari sumbangan. Di dalam neraca, aktiva sumbangan dicatat ibarat aktiva biasa dan diimbangi dengan pencatatan pada modal sumbangan. Untuk modal sumbangan dicatat dalam kelompok modal dan dijumlahkan dengan unsur-unsur modal yang lain.

Modal Lain-Lain

Dalam kelompok modal lain-lain ialah modal perusahaan yang tidak bisa masuk dalam elemen modal disetor, keuntungan ditahan, modal evaluasi kembali, modal sumbangan.

Bentuk Neraca

Ada 2 macam bentuk neraca yaitu : bentuk rekening T dan bentuk laporan.

Bentuk Rekening T

Pada neraca bentuk T, aktiva dicatat pada sebelah kiri dengan urutan sebagai diberikut:
a). Aktiva lancar;
b). Investasi jangka panjang,
c). Aktiva tetap berwujud,
d). Aktiva tetap tidak berwujud,
e). Aktiva lain-lain.

Sedangkan untuk pasiva dicatat pada bab kanan dari neraca yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu pemberian dan modal. Untuk urutan ialah sebagai diberikut:
a). Hutang Lancar : pemberian dagang, pemberian wesel, pemberian muka layanan/ titipan, pemberian biaya, pemberian lancar lain-lain.
b). Pendapatan diterima di muka
c). Hutang jangka panjang
d).  Hutang lain-lain.

Modal disusun pada neraca dengan urutan sebagai diberikut:
- Modal saham beredar
- Agio/ disagio saham
- Modal penilaaian kembali
- Modal sumbangan
- Modal lain-lain
- Laba tidak dibagi : belum ada tujuannya, dicadangkan.

Bentuk Laporan

Pada BENTUK NERACA pada model ini susunan dari aktiva, pemberian dan modal disusun dengan urutan ke bawah. Untuk elemennya sama dengan neraca bentuk T.

misal Laporan Keuangan Neraca

misal Neraca Bentuk Rekening T

 Definisi dari Neraca ialah laporan yang menggambrkan kedaan keuangan suatu entitas perjuangan Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)

misal Neraca Bentuk Laporan

 Definisi dari Neraca ialah laporan yang menggambrkan kedaan keuangan suatu entitas perjuangan Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)
Baca juga : Akuntansi : Mengenal Proses Akuntansi Keuangan dan Definisi/ Pengertian Akuntansi Keuangan

Belum ada Komentar untuk "Neraca : Pengertian Laporan Keuangan Neraca (Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel