Makna Penting Peraturan Perundang-Undangan

Makna Penting Peraturan Perundang-Undangan



Coba lihat lagi kapal pada ilustrasi di depan. Pada gambar itu terlihat penumpang kapal yang melubangi tubuh kapal. Siapa yang akan rugi jikalau kapal itu berlubang? Tentu saja tidak spesialuntuk pembuat lubang yang rugi, tetapi tiruana penumpang yang ada di atas kapal itu. Kapal itu akan karam ditelan samudra.

Agar hal itu tidak terjadi, di dalam kapal harus ada peraturan. melaluiataubersamaini peraturan itu, setiap penumpang tidak sanggup berbuat sesuka hatinya. melaluiataubersamaini begitu, kapal akan selamat hingga tujuan. Jadi, peraturan itu menyelamatkan kapal.



Sekarang coba bayangkan kapal itu sebagai sebuah negara yang berjulukan Republik Indonesia. Mampukah negara Indonesia mencapai tujuannya jikalau masyarakat negaranya mirip penumpang pada kapal? Tentu tidak. Jika masyarakat negaraya mirip itu, Republik Indonesia akan bubar menyerupai kapal yang karam ditelan samudra. Agar hal mi tidak terjadi, apa yang harus dilakukan bangsa Indonesia?

Beruntunglah, para pendiri bangsa ini sudah memikirkan hal itu. Para pendiri bangsa ini sudah bekerja keras memeras otak untuk membuat peraturan yang sanggup menj amin tetap berdirinya negara Indonesia. Aturan-aturan itu tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Jadi, peraturan perundang-undangan itu sangat penting bagi negara alasannya yaitu menjamin keselamatan negara dan kehancuran.

Kini engkau tahu, arti penting peraturan perundang-undangan bagi negara. Lalu, apa arti penting peraturan perundang-undangan bagi masyarakat negara? Untuk menjawaban pertanyaan mi, engkau perlu mehhat manfaat peraturan pada skala yang lebih kecil yaitu di sekolahmu. Di sekolahrnu tentu ada peraturan.

Salah satu peraturan keluarga mengatur terkena disiplin. Misalnya: disiplin belajar, pulas malam, berdiri pulas, mengerjakan tugas-tugas rumah, dan lain-lain. Sedangkan peraturan di masyarakat misalnya: jam berguru masyarakat, kegiatan ronda malam, aturan berkunjung, dan lain-lain. Coba ulangi kegiatan padaArena 1 untuk menemukan manfaat peraturan dalam keluargamu bagi setiap anggota keluarga. Lalu, dengan cara yang sama pula temukan manfaat peraturan di masyarakat bagi masyarakat masyarakat. melaluiataubersamaini melaksanakan in pemahamanmu wacana manfaat peraturan akan semakin mendalam.

Sesudah mengetahui manfaat peraturan di sekolah, keluarga, dan masyarakat, kini engkau tahu makna penting peraturan itu. Bagaimana dengan peraturan negara? Di Indonesia peraturan itu dinamakan peraturan perundang-undangan. Seberapa jauhkah peraturan perundang-undangan bermakna bagi masyarakat negara? Untuk mengetahui makna penting peraturan perundang-undangan bagi masyarakat negara, engkau sanggup menelaah sejauh mana peraturan negara bermanfaa bagi masyarakat negara. Man kita lihat.

Bangsa Indonesia sudah bertekad bahwa dalam penyelenggaraan berbangsa dan bernegara, supremasi aturan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Hal mi sebagai konsekuensi keberadaan negara kita sebagai negara hukum. Untuk sanggup mewujudkan supremasi hukum, perlu adanya aturan aturan tersebut.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih

Belum ada Komentar untuk "Makna Penting Peraturan Perundang-Undangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel