Makna Dan Contoh Hidup Modern Dalam Kaitannya Dengan Prinsip Kesederhanaan

Makna Dan Pola Hidup Modern Dalam Kaitannya melaluiataubersamaini Prinsip Kesederhanaan



Hidup sederhana bermakna menjalani hidup secara masuk akal sesuai dengan norma-nonna yang berlaku dalam masyarakat Indonesia. Ukuran hidup sederhana ditentukan oleh sikap seseorang dalam membuat keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan hidup dengan kemampuan yang dimilikinya. melaluiataubersamaini kata lain, dalam memenuhi kehutuhan hidup ini kita harus menyesuaikannya dengan kemampuan material dan tuntutan spiritual yang kita miliki. Meskipun demikian, bukanlah berarti kita harus mengalah pada keadaan. Dalam hidup kita wajib untuk berusaha meningkatkan kemampuan guna mencapai kehidupan yang lebih baik.



Pola hidup sederharia tidak spesialuntuk pada pemenuhari kehutuhari materi, tetapi juga mencakup kesederhariaan dalam sikap dan perbuatan. Sebagai contoh, seorang ilinuwan yang merniliki banyak sekali keahlian dalam banyak sekali disiplin ilmu tidak bersikap arogan terhadap sesamanya yang tidak mempunyai banyak sekali ilmu, begitu pula yang kaya harta benda. Sikap tersebut rnenunjukkan bahwa sebagai seorang ilmuwan atau orang kaya, ia pun tetap insan hiasa yang tidak terlepas dan segala keterbatasan. Dia sadar bahwa ilmu yang dimiliki dan kekayaan yang di milikinya itu tidak pernah sebanding dengan ilmu serta kekuasaan Tuhari Yang Maha Esa. Bahkan, ilmu dan kekayaan yang berhasil diraihnya itu intinya ialah rahmat karunia Tuhari Yang Maha Esa. melaluiataubersamaini kesadaran dan kesederhariaan yang dimilikinya itu sebetulnya beliau sudah menerapkan pola hidup modern dalam kaitannya dengan pola hidup sederharia.

Pembinaan hidup sederhana dalam sikap dan perbuatan harus diinternalisasikan sedini mungkin mulai dan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pola hidup sederharia ialah salah satu tumpuan cerinin kepribadian seseorang. OIeh alasannya yaitu itu, dalam mengisi kehidupan ini hendaknya kita tetap bersikap dan berperilaku yang mencerminkan kesederhariaan, meskipun kita sudah berhasil mencapai suatu kehahagiaan hidiip. Kita tetap berkewajiban untuk berusaha mencapai sesuatu yang lehih baik lagi, guna kepenti ngan kehidupan kita kini dan kehidupan kelak di kemudian hari.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Makna Dan Contoh Hidup Modern Dalam Kaitannya Dengan Prinsip Kesederhanaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel