Keteladanan Nabi Muhammad Saw Sebagai Pemimpin Umat

Keteladanan Nabi Muhammad saw Sebagai Pemimpin Umat



Sebagai peinimpin umàt, dia tampil dengan dilandasi tauhid dan dituntun oleh wahyu. Kepemimpinannya tampil dengan penuh rasa kekeluargaan, sopan-santun, lemah-lembut dan gemar musyawarah.

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah engkau berlaku lemah-lernbut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dan sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila engkau sudah membulatkan tekad maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (QS. Au Imran: 159)



Tak ada suatu kesangsian bahwa binbingan suci atau agama yang dibawa dan diajarkan oleh Rasulullah saw. yaitu bimbingan kebenaran yang sanggup membawa umat insan kepada keselamatan dan kebahagiaan yang hakiki. Bimbingan tersebut mempersembahkan kepada insan makna kehidupan dalam seluruh arti kehidupan yang ideal, duniawiah, dan ukhrawiah. Seorang muslim dalam bentuk yang ideal, bukan saja meiniliki keimanan yang benar, amalan-amalan yang betul sepanjang yang digariskan dalam kitab suci Al-Quran dan As-Sunah Rasulullah saw. tetapi juga meiniliki budpekerti yang tinggi dan mulia.

Seseorang muslim mencerininkan kebenaran dan ketinggian anutan Islam. Potensi dan kekuatan umat Islam, justru terletak landasannya kepada tiga faktor, yaitu keimanannya yang teguh kepada Allah swt., kebenaran dan kesempurnaan amalan-amalannya, ketinggian budpekerti dan keluhuran budiriya selaku mukmin.

Manusia mukinin muslim yang mempunyai ketiga faktor tersebut, tidak akan menjadi lemah atau terombangambing dalam gelombang-gelombang kehidupan dan penghidupannya lahir dan batin, alasannya yaitu keimanan yang bersemayam dalam hatinya tak sanggup dipatahkan oleh tenaga-tenaga alainiah yang andal dan dahsyat. Muslim yang mengimani dan mengamalkan Islam yang diajarkan Nabi Muhammad tentu meiniliki syarat kemajuan dalam hidupnya sebagai individu dan selaku umat.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara

Belum ada Komentar untuk "Keteladanan Nabi Muhammad Saw Sebagai Pemimpin Umat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel