Definisi Mitos (Mitologi) Dan Perbedaannya Dengan Sejarah

Definisi Mitos (Mitologi) Dan Perbedaannya melaluiataubersamaini Sejarah



Mitos biasanya dimulai dengan "kata yang empunya cerita" atau "kata sahibul hikayat". Mitos berasal dari kata Mythos (bahasa Yunani) yang artinya sama dengan dongeng. Mitos dan sejarah sama-sama menceritakan masa lampau, tetapi keduanya mempunyai perbedaan sebgai diberikut.


Di Indonesia kisah Mitos terdapat pada hampir setiap daerah. Di Sumatera ada kisah Mitos yang menceritakan bahwa Raja Alexander Agung atau Zulkarnaen turun di Gunung Siguntang. Alexander Agung itulah yang menurunkan raja-raja Sumatera Dalam Babad Tanah Jawa, disebutkan bahwa raja-raja Mataram yaitu keturunan para nabi. Deinikian juga di kawasan Sunda ada kisah Dayang Sumbi yang bersumpah akan kawin dengan siapa saja yang sanggup mengantarkan gulungan benang yang terjatuh. Dayang Sumbi terpaksa harus kawin dengan si tumang anjing jantan peliharaannya, alasannya yaitu anjing itu yang mengantarkan gulungan benang yang dimintanya.



Di Indonesia ini bekerjsama beredar dua jenis mitos, yaitu Mitos orisinil dan Mitos bukan orisinil yang berasal dan luar negeri, terutama dan India dan Arab. Menurut spesialis folkior berjulukan Moens Zorab, Mitos-Mitos India sudah diambil oleh orang-orang Jawa. Dewa-dewa India dalam epos Mahabarata dan Ramayana, dijadikan sebagai hero dan tuhan Jawa. Bahkan orang Jawa percaya bahwa Mitos-Mitos itu bukan terjadi di India tetapi di Pulau Jawa. Gunung Semeru di Jawa Timur, dianggap suci oleh mereka, sebagai penjelmaan dan Gunung Mahameru di India.

Mitos bersama dengan nyanyian rakyat, mantra, syair, dan pepatah termasuk tradisi lisan. Tradisi lian itu menjadi sejarah, apabila ada sumber sejarah lain yang mendukungnya. Bagi masyarakat yang belum mengenal tulisan, mungkin sanggup mengandalkan tradisi ekspresi dalam penulisan sejarah, tetapi akurasinya tetap diragukan, apabila mekanisme penelitian sejarah tidak diterapkan.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Definisi Mitos (Mitologi) Dan Perbedaannya Dengan Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel