Struktur Dan Fungsi Hati Manusia

1. Struktur Hati

Untuk mengetahui dan memahami bentuk dan struktur hati, Anda sanggup melihat bentuk hati sapi. Pada manusia, hati berukuran sebesar kepalan tangan dengan berat ± 2 kg. Hati terdiri atas lobus kiri dan kanan menyerupai terlihat pada Gambar Berikut.

 Untuk mengetahui dan memahami bentuk dan struktur hati Struktur dan Fungsi Hati Manusia
Hati
Hati terletak di dalam rongga perut dan ialah kelenjar terbesar dalam badan kita. Hati dilindungi oleh selaput tipis pada serpihan luar yang disebut kapsula hepatis. Di dalam hati terdapat kelenjar empedu dan pembuluh darah yang dipersatukan oleh selaput tipis yang disebut Kapsula Gilson. Sel-sel hati bersatu membentuk lobula terdapat kurang lebih 100 ribu lobula.

Masing-masing lobula ini mempunyai panjang diameter antara 0,8 - 2 mm. Antara lobula satu dengan yang lain dipisahkan oleh ruangan- ruangan yang disebut lakuna. Di dalam hati juga terdapat sel-sel histiosit yang berfungsi untuk merombak sel darah merah yang sudah tua.

2. Fungsi Hati

Hati yaitu kelenjar badan yang juga berfungsi sebagai alat ekskresi, yaitu untuk mengubah zat membuangan dan materi racun untuk dikeluarkan ke dalam empedu dan urin. Selain itu, hati juga berfungsi sebagai diberikut.
  1. Menawarkan Racun
    Tanpa hati, insan akan mati terbunuh oleh racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun-racun tersebut sanggup berasal dari obat-obatan, alkohol, asam laktat, dan zat amonia. Salah satu proses metabolisme di dalam badan akan mempersembahkan hasil samping berupa asam laktat yang sanggup merugikan tubuh. Penumpukan asam laktat ditandai dengan rasa pegal pada otot.
    Hati akan mengubah asam laktat ini menjadi glikogen yaitu sejenis karbohidrat yang sanggup dipakai sebagai sumber energi yang disimpan di dalam otot. Coba Anda ingat lagi pada metabolisme karbohidrat. Pada proses metabolisme protein akan dihasilkan produk sampingan berupa zat amonia. Zat ini bersifat racun dan membahayakan tubuh. Tetapi kemudian hati mengubahnya menjadi urea dan dikeluarkannya bersama dengan air kencing.
  2. Tempat Pembentukan dan Pembongkaran Sel Darah Merah
    Hati akan dilewati darah kurang lebih 1,4 liter setiap menit. Pada dikala darah melewati hati tersebut maka akan mengalami “pencucian”, sekitar 3 juta sel darah merah mati setiap detik dan ini akan dilebur dan hasil peleburannya akan disimpan untuk didaur ulang sebagai materi baku dalam membuat sel darah merah gres serta sebagai materi baku zat empedu.
  3. Tempat Pembentukan dan Pembongkaran Protein
    Protein larut dalam plasma darah, sekitar 50 gram protein per hari dihasilkan oleh hati.
  4. Mengubah Glukosa Menjadi Glikogen atau Sebaliknya
    melaluiataubersamaini adanya fungsi hati ini maka kadar gula dalam darah sanggup diatur lantaran kadar gula darah yang tidak sempurna akan berakibat fatal bagi tubuh. Pada dikala gula darah dalam badan naik maka hati mengubahnya ke bentuk glikogen, dan sebaliknya pada dikala gula darah turun, glikogen diubah menjadi glukosa.
  5. Menghasilkan Zat yang Melarutkan Lemak
    Hati menghasilkan sekitar 0,5 – 1 liter zat empedu setiap hari. Zat inilah yang sanggup melarutkan lemak. Telah dijelaskan di depan bahwa sel darah yang mati akan didaur ulang sebagai materi baku untuk membuat sel darah merah dan zat empedu.
    Zat empedu ini mempunyai pigmen warna merah yang disebut dengan bilirubin dan hijau yang disebut dengan biliverdin. Orang yang mengalami kelainan pada hati, kadang kala akan menampakkan kulit dan mata yang berwarna kuning, yang disebut dengan penyakit kuning (jaundice). Ini disebabkan lantaran pigmen warna empedu keluar berlebihan dan membanjiri peredaran darah.
  6. Untuk Menyimpan Vitamin
    Hati menyimpan beberapa vitamin yang masuk ke dalam badan apabila jumlahnya berlebihan. Pada dikala tertentu ketika badan memerlukan maka akan mengeluarkannya. Jenis-jenis vitamin tersebut antara lain vitamin A, D, E, B12.

Begitu besar peranan hati dalam kehidupan kita bukan? Untuk itu kita harus menjaganya dan sedini mungkin mengetahui apabila hati mengalami gangguan. Penyakit hati yang paling membahayakan yaitu kanker hati atau dikenal dengan sirosis. Sirosis ini sanggup disebabkan oleh penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus. Dapat juga disebabkan lantaran mengkonsumsi alkohol dan kurangnya gizi makanan. melaluiataubersamaini demikian usahakanlah referensi hidup sehat, masakan bergizi, dan jauhi alkohol untuk menjaga hati kita.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Dan Fungsi Hati Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel