Struktur Dan Bagian-Bagian Sel

Dari pengertian ihwal sel, Anda sudah mendapat sedikit citra yang terang ihwal sel. Walaupun sel adalah bab terkecil dari makhluk hidup, tetapi sel masih mempunyai bagian-bagian lebih kecil lagi yang menyusunnya. Di situlah terjadinya segala kegiatan di dalam sel. Bagian sel tersebut dinamakan orgguala. Jenis orgguala-orgguala tersebut majemuk dan masing-masing mempunyai karakteristik dan fungsi yang tidak sama-beda. Sel berukuran sangat kecil, yaitu berkisar antara 5-15 mikron, sehingga untuk melihatnya harus memakai alat menolong yang disebut mikroskop.

1. Membran Sel

Membran sel berupa selaput tipis, disebut juga plasmalema. Tebal membran antara 5-10 nm (1nm = 1 x10-9 m). Apabila diamati dengan mikroskop cahaya tidak terlihat jelas, tetapi keberadaannya sanggup dibuktikan pada waktu sel mengalami plasmolisis.

2. Inti Sel (Nukleus)

Nukleus adalah organ terbesar sel, dengan ukuran diameter antara 10-20 nm. Nukleus mempunyai bentuk lingkaran atau lonjong. Hampir tiruana sel mempunyai nukleus, alasannya nukleus ini berperan penting dalam kegiatan sel, terutama dalam melaksanakan sintesis protein. Namun ada beberapa sel yang tidak mempunyai nukleus antara lain sel eritrosit dan sel trombosit. Pada kedua sel ini kegiatan metabolisme terbatas dan tidak sanggup melaksanakan pembelahan.

3. Sitoplasma


Sitoplasma adalah suatu cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti sel) dan orgguala. Sitoplasma yang berada di dalam inti sel disebut nukleoplasma. Sitoplasma bersifat koloid kompleks, yaitu tidak padat dan tidak cair. Sifat koloid sitoplasma ini sanggup berubah-ubah tergantung kandungan air. Jika serius air tinggi maka koloid akan bersifat encer yang disebut dengan sol, sedangkan bila serius air rendah maka koloid bersifat padat lembek yang disebut dengan gel.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Dan Bagian-Bagian Sel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel