Sistem Endrokrin Dan Penjelasannya

Sebagai seorang pelajar, Anda tentu pernah menghadapi suatu ujian yang menuntut suatu kelulusan. Untuk menghadapinya, Anda harus mencar ilmu sungguh-sungguh untuk mempersiapkan ujian itu. Tahukah Anda, apa yang terjadi pada badan Anda ketika itu? Pada ketika itu, kelenjar adrenalin yang letak dan posisinya di atas ginjal memproduksi hormon ini. Sekresi ini bertujuan untuk memperkuat denyut jantung dan mempercepat frekuensi denyutnya. Sekresi hormon ini juga berfungsi mengubah glikogen menjadi glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi yang diharapkan oleh tubuh. Dari proses ini Anda akan mempunyai semangat yang besar dalam mempersiapkan ujian tersebut.

Dari fakta ini, Anda sudah mendapat suatu citra wacana hormon. Hormon ini tolong-menolong ialah senyawa organik yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin disebut juga kelenjar buntu alasannya ialah tidak mempunyai akses khusus sehingga hormon yang dikeluarkan akan masuk dalam peredaran darah dan mempengaruhi organ-organ tertentu. Mekanisme endokrin sanggup dijelaskan dengan Gambar diberikut

 Anda tentu pernah menghadapi suatu ujian yang menuntut suatu kelulusan Sistem Endrokrin dan Penjelasannya
Mekanisme endokrin

Hormon mempunyai dampak pada badan secara bertahap, namun pasti. Fungsi utama hormon adalah:
  1. mengendalikan proses-proses yang terjadi di dalam badan menyerupai proses pertumbuhan, perkembangan sexsual dan proses metabolisme yang lain;
  2. menjaga keseimbangan dalam badan atau disebut juga homeostasis.

Sebagai penjaga keseimbagan tubuh, maka hormon ini mempunyai prosedur kerja umpan balik, artinya ialah jumlah produksi hormon tertentu akan besar lengan berkuasa terhadap produksi hormon yang lain. Misalnya, kerja antara PTH dan hormon tiroksin mempersembahkan suatu sistem pengawasan dan keseimbangan homeostasis dengan cepat setelah terjadi suatu perubahan.

Selain itu, sekresi beberapa hormon juga dipengaruhi oleh kebutuhan akan hormon tersebut. Beberapa hormon juga bekerja secara antagonis, contohnya, insulin dengan glukogen, serta PTH dengan kalsitonin. Hubungan ini juga sanggup dilihat pada alur hormon, perhatikan Gambar diberikut!

 Anda tentu pernah menghadapi suatu ujian yang menuntut suatu kelulusan Sistem Endrokrin dan Penjelasannya
Alur hormon
Pengaturan hormon yang lain ialah apabila sebuah hormon merangsang produksi hormon kedua, maka hormon kedua sanggup menekan produksi hormon pertama tadi. Hubungan ini sanggup dilihat antara estrogen dengan FSH. Jika jumlah estrogen naik, maka justru akan menekan produksi FSH. Jenis kelenjar endokrin terdapat pada kawasan tertentu di dalam badan sanggup Anda lihat Gambar diberikut.

 Anda tentu pernah menghadapi suatu ujian yang menuntut suatu kelulusan Sistem Endrokrin dan Penjelasannya


Kelenjar endokrin dan letak dan posisinya pada tubuh

Demikianlah materi wacana Sistem Endokrin ini saya sampaikan, biar bermanfaa ..

Belum ada Komentar untuk "Sistem Endrokrin Dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel