Penjelasan Wacana Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan dalam pelaksanaannya harus diatur tidakboleh hingga mengganggu unsur lingkungan hidup. Pembangunan itu harus berwawasan lingkungan. Artinya, dengan upaya sadar dan bersiklus dalam memakai dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu kehidupan.

1. Tujuan Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Tujuan pembangunan berwawasan lingkungan ialah sebagai diberikut.
  1. Terwujudnya insan Indonesia sebagai pecinta dan pembina lingkungan hidup.
  2. Terwujudnya aktivitas pembangunan nasional di Indonesia yang berwawasan lingkungan tidak spesialuntuk untuk kepentingan sekarang, tapi juga untuk masa yang akan hadir.
  3. Terwujudnya memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia secara terkendali dan bertanggung jawaban.

Pembangunan tidak spesialuntuk diartikan sebagai pembangunan secara fisik (material) saja, tetapi harus mencakup mental dan spiritual. Semuanya itu sebagai suatu upaya mewujudkan tatanan kehidupan masyrakat Indonesia yang adil, makmur serta merata. Pembangunan diperlukan sanggup menyebabkan insan Indonesia menjadi insan yang cerdas, terampil, berdisiplin tinggi, mandiri, bermoral, dan manusiawi.

2. Ciri-Ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pengelolaan pembangunan yang berwawasan lingkungan harus menurut pada pelestarian kemampuan lingkungan yang harmonis dan seimbang guna menyokong pembangunan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan seluruh rakyat.

Ciri-ciri suatu pembangunan yang berwawasan lingkungan ialah sebagai diberikut.
  1. Pembangunan yang dilaksanakan bisa meminimalkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.
  2. Pembangunan yang dilaksanakan harus memerhatikan keseimbangan antara lingkungan fisik dan lingkungan emosi.
  3. Pembangunan yang dilaksanakan mendasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan serta memerhatikan moral atau nilai-nilai watak yang dianut dalam masyarakat.
  4. Pembangunan yang dilaksanakan harus mempunyai sifat-sifat mendasar dan ideal serta berjangka pendek dan panjang.
  5. Pembangunan yang dilaksanakan harus memperluas lapangan dan peluang kerja.
  6. Pembangunan yang dilaksanakan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat.
  7. Pembangunan yang dilaksanakan bisa melaksanakan pemerataan atau keseimbangan kesejahteraan hidup antargolongan dan antardaerah.
  8. Pembangunan yang dilaksanakan bisa mengatakan peningkatan produksi nasional, ditunjukkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi.
  9. Pembangunan nasional harus berpedoman untuk selalu mempertahankan stabilitas politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan nasional.

Pembangunan yang berwawasan lingkungan yang diterapkan di Indonesia pada hakikatnya bercirikan pada keselarasan relasi antara insan dengan Tuhan, insan dengan masyarakatnya, dan insan dengan alam (lingkungan), di mana tiruananya itu akan bermuara pada pembentukan insan Indonesia seutuhnya.


Untuk bahan Geografi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!

 dalam pelaksanaannya harus diatur tidakboleh hingga mengganggu unsur lingkungan hidup Penjelasan wacana Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Demikianlah bahan tantang Pembangunan Berwawasan Lingkungan ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Wacana Pembangunan Berwawasan Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel