Penjelasan Mengenai Usus Besar Dan Anus Sebagai Sistem Pencernaan Manusia

A. Usus Besar

Usus besar meliputi kuman dengan jumlah mencapai triliunan. Mikroba ini berfungsi dalam proses pembusukan. Ada beberapa kuman yang sanggup menghasilkan vitamin B dan K.

Kegiatan bakteri-bakteri ini dalam mencerna sisa-sisa protein sanggup menghasilkan anyir kedaluwarsa yang keluar dalam bentuk gas dari dubur. Gas yang dihasilkan sanggup mencapai 2 liter setiap hari. Proses perembesan air dan mineral ini menyerupai menimba air membersihkan di dalam akses got yang airnya sangat kotor alasannya ialah di dalam usus besar ini spesialuntuk terdapat kuliner dalam bentuk sisa-sisa yang akan dibusukkan dan dimembuang ke luar tubuh. Itulah kerja dari usus besar ini. Hebat bukan?

Di dalam usus besar, kuliner spesialuntuk akan mengalami perembesan air dan beberapa garam mineral. Di dalam usus ini kuliner sudah berwujud dalam bentuk ampas. Adanya kuman saprofit, yaitu Eschericia coli menimbulkan ampas kuliner akan membusuk yang selanjutnya akan dikeluarkan dalam bentuk feses.

Jika dalam dinding usus besar seseorang terinfeksi, kesannya perembesan air akan terganggu, sehingga wujud feses dalam keadaan cair yang disebut dengan tanda-tanda diare. Apabila seseorang menahan membuang air besar, maka akan menimbulkan perembesan air yang berlebihan sehingga feses menjadi keras yang disebut dengan konstipasi (sembelit) yang sanggup menimbulkan pecahnya pembuluh darah vena sekitar anus yang gejalanya disebut dengan hemoroid (ambeien). Agar Anda lebih memahami struktur usus besar, perhatikan Gambar diberikut!

 Usus besar meliputi kuman dengan jumlah mencapai triliunan Penjelasan Mengenai Usus Besar dan Anus sebagai Sistem Pencernaan Manusia
Usus Besar

B. Anus

Feses akan didorong oleh otot-otot polos di sekitarnya menuju ke anus dan tertimbun di situ dan akhirnya menimbulkan seseorang merasa ingin membuang air besar. Proses membuang air besar ini disebut defekasi. Otot-otot di sekitar anus berkontraksi sehingga anus membuka dan mengeluarkan feses dari anus.


Feses yang dihasilkan dari organ pemmembuangan dipengaruhi oleh jenis makanan. Makanan yang banyak mengandung serat flora lebih banyak menghasilkan feses, alasannya ialah susah dicerna. Makanan yang lain umumnya 95% sanggup diserap oleh usus halus dan 5% menjadi kotoran dalam bentuk feses. Sekitar 75% kandungan feses terdiri dari air. Sisanya ialah berupa zat Makanan.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Usus Besar Dan Anus Sebagai Sistem Pencernaan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel