Penjelasan Mengenai Peredaran Getah Bening (Limfa)

Limfa disebut juga getah bening, yaitu cairan badan yang tak kalah penting dari darah. Ada beberapa perbedaan antara limfa dengan darah. Di antaranya sanggup dijelaskan di bawah ini. Cairan limfa berwarna kuning keputih-putihan yang disebabkan lantaran adanya kandungan lemak dari usus. Jika darah tersusun dari banyak sel-sel darah, maka pada limfa spesialuntuk terdapat satu macam sel darah, yaitu limfosit, yang yaitu potongan dari sel darah putih. Limfosit inilah yang akan menyusun sistem imunitas pada tubuh, lantaran sanggup menghasilkan antibodi.

Cairan limfa juga mempunyai kandungan protein ibarat pada plasma darah, namun pada limfa ini kandungan proteinnya lebih sedikit dan mengandung lemak yang dihasilkan oleh usus. Perbedaan lain juga terlihat pada pembuluh limfa. Berbeda dengan pembuluh darah, pembuluh limfa ini mempunyai katup yang lebih banyak dengan struktur ibarat vena kecil dan bercabang-cabang halus dengan potongan ujung terbuka. Dari potongan yang terbuka inilah cairan jaenteng badan sanggup masuk ke dalam pembuluh limfa.

Pembuluh limfa mempunyai fungsi ibarat diberikut.
1. Mengangkut cairan dan protein dari jaenteng badan ke dalam darah.
2. Menghancurkan basil penyakit.
3. Menghasilkan zat antibodi.
4. Mengangkut emulsi lemak dari usus ke dalam darah.


Pembuluh limfa utama dalam badan terdiri atas bagian-bagian diberikut.

1. Duktus Limfatikus Dekster (Pembuluh Limfa Kanan)

Pembuluh ini terletak pada pembuluh balik di bawah tulang selangka kanan. Pembuluh limfe kanan yaitu daerah muara dari tiruana cairan limfe yang berasal dari kepala, leher, dada, paru-paru, jantung, dan lengan kanan.

2. Duktus Toraksikus (Pembuluh Limfa Dada)

Pembuluh ini terletak pada pembuluh balik di bawah tulang selangka kiri. Pembuluh ini yaitu daerah muara pembuluh lemak dari usus. Pembuluh limfe ini juga mengumpulkan cairan limfe yang berasal dari potongan lain selain yang disebutkan di atas.

Peredaran limfe dimulai dari seluruh badan dan berakhir di pembuluh balik. Pada tempat-tempat pertemuan pembuluh limfe terdapat kelenjar limfa. Kelenjar ini menghasilkan zat antibodi yang disebut limfosit, berfungsi untuk membasmi bibit penyakit. Kelenjar limfa yang terdapat dalam badan manusia, antara lain terdapat pada ketiak, leher, paha, lipatan siku, tonsil, amandel, adenoid. Agar lebih terang ihwal sistem limfa Anda sanggup memperhatikan Gambar diberikut!


 yaitu cairan badan yang tak kalah penting dari darah Penjelasan Mengenai Peredaran Getah Bening (Limfa)
Sistem limfatik pada manusia


Demikianlah Materi perihal Peredaran Getah Bening (Limfa) ini saya sampaikan, agar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Peredaran Getah Bening (Limfa)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel