Penjelasan Mengenai Peredaran Darah Pada Binatang Invertebrata Dan Vertebrata

1. Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata

Pada bahan ini Anda akan mempelajari peredaran darah pada hewan. Samakah peredaran darah pada binatang invertebrata dengan hewan- binatang lain? Dilihat dari struktur tubuhnya, ada beberapa perbedaan, terutama dengan binatang invertebrata.

Uraian diberikut akan menandakan wacana sistem peredaran darah pada hewan, baik vertebrata maupun invertebrata.

a. Peredaran Darah Cacing Tanah
Cairan yang terdapat dalam badan cacing tanah berupa darah. Darah ini beredar ke seluruh badan dengan melewati pembuluh darah sehingga disebut juga peredaran darah tertutup. Darah cacing tanah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut O2 . Berbeda dengan binatang vertebrata, hemoglobin cacing tanah ini tidak terdapat pada sel-sel darah merah.

Peredaran darah pada cacing tanah agak sederhana. Jantung cacing tanah berupa lima lengkung aorta. Darah dari pembuluh darah dorsal mengalir ke bab kepala, kemudian melewati lima lengkung aorta ke arah belakang melewati pembuluh darah ventral yang berada di bab perut. Pembuluh darah ventral mengangkut darah ke arah belakang, kemudian diteruskan ke suatu sistem pembuluh darah yang lebih kecil dan rumit, yang berakhir di kapiler- kapiler. Di sinilah terjadi pertukaran gas. Agar lebih jelas, perhatikan skemanya Gambar diberikut!

 Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata Penjelasan Mengenai Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata dan Vertebrata
Peredaran darah cacing tanah

b. Peredaran Darah Insekta
Peredaran darah pada insekta sanggup dengan simpel Anda amati pada belalang. Peredaran darah yang terjadi pada belalang yaitu peredaran darah terbuka, yaitu selama peredarannya, darah tidak terdapat di dalam pembuluh darah. Darah belalang yang beredar ke seluruh badan tidak membawa O2 , tetapi spesialuntuk membawa sari kuliner alasannya yaitu O2 dibawa oleh sistem trakea.

Sistem peredaran darah pada belalang terdiri atas pembuluh yang memanjang di atas akses pencernaan. Pembuluh ini terdiri atas bab paling depan berupa aorta dan tengah terdapat jantung pembuluh yang berupa gelembung-gelembung yang mempunyai lubang-lubang halus. Perhatikan pada Gambar diberikut ini!

 Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata Penjelasan Mengenai Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata dan Vertebrata
Pembuluh darah belalang

Darah dari jantung pembuluh dipompakan ke bab depan melalui aorta. Dari aorta, darah dikeluarkan ke jaenteng-jaenteng badan dan beredar ke seluruh badan tanpa melalui pembuluh darah. Di sinilah terjadi pertukaran zat. Darah mempersembahkan sari kuliner yang dibawa pada jaenteng badan dan mengambil sisa metabolisme dari jaenteng tubuh. Sesudah itu, darah akan masuk ke jantung pembuluh lagi melewati lubang-lubang halus.

2. Peredaran Darah pada Hewan Vertebrata

a. Peredaran Darah pada Ikan
Ikan mempunyai jantung yang terdiri atas dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik. Jantung tersebut terletak di akrab insang. Peredaran darah yang terjadi yaitu peredaran darah tertutup. Darah dari jantung akan dipompa melewati aorta ventral (perut) dan mengalir ke insang. Darah memasuki kapiler-kapiler dalam insang. Di sinilah terjadi pertukaran gas, yaitu CO2 dilepas dan darah akan mengambil O2 .

Selanjutnya, darah mengalir melewati aorta dorsal (punggung) menuju kapiler-kapiler di seluruh tubuh, untuk mempersembahkan O2 dan sari makanan. Akhirnya darah kembali menuju ke jantung melewati vena. Agar lebih terang Anda sanggup perhatikan skemanya pada Gambar diberikut!

 Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata Penjelasan Mengenai Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata dan Vertebrata
Peredaran darah pada ikan

b. Peredaran Darah pada Amfibi
Jantung katak terdiri atas tiga ruang, yaitu satu bilik dan dua serambi, tetapi gotong royong pada bilik terdapat sekat yang tiruan, sehingga darah dari serambi kiri dan kanan yang masuk ke bilik tidak sanggup bercampur. Perhatikan Gambar diberikut!

 Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata Penjelasan Mengenai Peredaran Darah pada Hewan Invertebrata dan Vertebrata
Jantung pada amfibi

Gambar Jantung pada amfibi diatas menandakan jantung pada amfibi, misalnya katak. Anak panah pada gambar mengatakan fatwa darah. Darah dari seluruh badan yang kaya CO2 bilik masuk melalui vena cava menuju ke serambi kanan. Dari sini darah akan mengalir ke bilik, kemudian darah akan dipompakan meninggalkan jantung menuju aorta yang bercabang- cabang, yaitu arteri pulmonalis yang menuju paru-paru dan arteri kutguaa yang menuju kulit.


Di dalam paru-paru dan kulit terjadi pengambilan O2 . Sesudah itu, darah akan mengalir menuju serambi kiri. Dari serambi kiri ini darah dialirkan ke bilik, jadinya darah dipompakan meninggalkan jantung melewati aorta dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Peredaran Darah Pada Binatang Invertebrata Dan Vertebrata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel