Penjelasan Mengenai Pembuluh Darah Sebagai Alat Peredaran Darah

Untuk memahami ihwal pembuluh darah, cobalah Anda perhatikan Gambar diberikut ini!

 cobalah Anda perhatikan Gambar  diberikut ini Penjelasan Mengenai Pembuluh Darah sebagai Alat Peredaran Darah
Pembuluh darah

Jika memperhatikan Gambar diatas, mungkin Anda akan membayangkan bahwa bentuk pembuluh darah menyerupai selang panjang, yang di dalamnya meliputi cairan darah. Melalui pembuluh darah darah mengalir beredar ke seluruh tubuh. Pembuluh darah ini mempunyai otot tebal dan elastis. Macam pembuluh darah yaitu sebagai diberikut.

1. Pembuluh Nadi/Arteri

Pembuluh ini ialah pembuluh yang keluar dari jantung. Pembuluh ini mempunyai 1 buah katup/klep berbentuk bulan sabit yang disebut valvula semilunaris. Fungsi pembuluh ini yaitu untuk menjaga fatwa darah tetap searah. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga.
a) Pembuluh Nadi Besar
Pembuluh nadi besar disebut juga aorta. Pembuluh ini bekerjasama pribadi dengan bilik kiri, sehingga membawa darah kaya O2 yang akan dibawa ke seluruh tubuh, bab kepala maupun bab bawah dari organ tubuh. Pembuluh nadi lain yang bekerjasama dengan bilik kanan yaitu arteri pulmonales, yaitu mengangkut darah yang kaya CO2 . Pembuluh ini menghubungkan darah menuju organ paru-paru kiri dan kanan. Gas CO2 di dalam paru-paru akan dilepaskan dan diganti dengan O2 yang kemudian dibawa menuju jantung.

b) Arteri
Pembuluh arteri ialah cabang dari aorta.

c) Arteriola
Pembuluh ini ialah cabang arteri yang bekerjasama pribadi dengan kapiler. Pada kapiler ini akan terjadi pertukaran gas, kemudian dari kapiler ini darah akan kembali ke jantung melalui venula dan dibawa ke pembuluh balik (vena).

2. Pembuluh Balik/Vena

Pembuluh balik disebut juga vena, yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh badan ke jantung. Masuknya darah ke ruangan serambi kanan dari jantung. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga.
a) Vena Cava
Pembuluh ini mengangkut darah dari bab atas (kepala) yang disebut vena cava superior dan dari bab bawah, contohnya kaki, ginjal, hati, dan lain-lain yang disebut vena cava inferior.

b) Vena
misal pembuluh vena, yaitu vena pulmonalis. Pembuluh ini mengangkut darah yang kaya O 2 dari paru-paru menuju ke serambi kiri.

c) Venula
Pembuluh venula ialah pembuluh balik yang pribadi berhu- bungan dengan kapiler.

Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) sama-sama mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengalirkan darah ke jantung dan dari jantung. Namun di antara keduanya mempunyai perbedaan. Perbedaan tersebut sanggup terlihat pada tabel di bawah ini.

 cobalah Anda perhatikan Gambar  diberikut ini Penjelasan Mengenai Pembuluh Darah sebagai Alat Peredaran Darah
Perbedaan Pembuluh Nadi dan Balik


Demikianlah bahan perihal Pembuluh Darah sebagai Alat Peredaran Darah ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Pembuluh Darah Sebagai Alat Peredaran Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel