Penjelasan Mengenai 2 Macam Kekebalan Pada Badan Manusia

Berdasarkan asalnya, kekebalan (imunitas) dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai diberikut

1. Kekebalan Aktif

Kekebalan aktif yakni jenis kekebalan yang sanggup dibentuk oleh badan dengan sendirinya sebab respon badan terhadap suatu antigen (benda asing) yang masuk ke dalam tubuh. Jenis kekebalan ini akan bertahan lama, bahkan sanggup bertahan seumur hidup.

Jenis kekebalan ini ada pula yang sengaja dibentuk dengan tujuan semoga badan sanggup membuat antibodi untuk melawan dan menghasilkan kekebalan yang baru. Misalnya, dengan memasukkan antigen (benda asing) berupa vaksin ke dalam tubuh. Vaksin ini berupa bibit penyakit atau virus yang sudah dilemahkan.

Percobaan untuk memperoleh kekebalan buatan pernah dilakukan oleh seorang peneliti dari Inggris, yaitu Edward Jenner pada masa ke-18. Dia melaksanakan percobaan dengan mengambil jerawat (bibit penyakit) dari penyakit cacar yang diderita oleh seujung sapi. Bibit penyakit itu selanjutnya didiberikan pada seorang anak. Ternyata anak tersebut tidak menderita sakit cacar ibarat sapi, tetapi justru sanggup membuat antibodi terhadap penyakit cacar itu.

Berdasarkan percobaan itu muncul teori bahwa kekebalan aktif sanggup dibentuk dengan mempersembahkan atau memasukkan antigen yang berupa bibit penyakit yang dilemahkan semoga badan sanggup merespon sehingga akan membentuk kekebalan tertentu.

2. Kekebalan Pasif

Kekebalan pasif tidak sama dari kekebalan aktif. Pada kekebalan pasif, badan seseorang eksklusif mendapatkan antibodi yang sudah jadi sehingga tidak perlu menciptakannya sendiri. Antibodi ini diperoleh dengan cara menyuntikkan suatu antigen ke dalam badan binatang yang sesuai. Hewan itu selanjutnya akan membuat antibodi untuk merespon antigen tersebut. Antibodi yang sudah terbentuk di dalam badan binatang tersebut kemudian diambil dan dimasukkan ke dalam badan seseorang yang memerlukan.

misal lain kekebalan pasif yaitu pemdiberian air susu ibu (ASI) pada anaknya. Pemdiberian ASI ini selain bertujuan untuk mempersembahkan masakan yang terbaik bagi anaknya juga untuk mempersembahkan kekebalan pada bayinya. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa air susu ibu yang gres menyusui mengandung antibodi yang baik untuk bayi sehingga bayi mempunyai kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Kekebalan pasif ini sifatnya sementara sehingga dalam jangka waktu tertentu antibodi tersebut akan hilang dari dalam tubuh.

Untuk bahan Biologi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!


Demikianlah bahan tantang 2 Macam Kekebalan pada Tubuh Manusia ini saya sampaikan, semoga bermanfaa ..

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai 2 Macam Kekebalan Pada Badan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel