Penjelasan Ihwal Kelembapan Udara Sebagai Unsur Cuaca Dan Iklim

Kelembapan udara ialah banyak sedikitnya uap air yang terkandung dalam udara. Alat yang dipakai untuk menghitung kelembapan udara ialah hygrometer. Kelembapan udara sanggup dibedakan menjadi dua macam, yaitu kelembapan mutlak atau diktatorial dan kelembapan nisbi atau relatif.

a) Kelembapan Mutlak (Absolut)
Kelembapan mutlak ialah banyaknya uap air yang terkandung dalam setiap 1 meter kubik udara. Udara memiliki kandungan jumlah uap air yang tidak sama. Hal ini disebabkan lantaran adanya perbedaan dari kekuatan udara dalam memuat uap air dan hubungannya dengan tingginya suatu udara.

b) Kelembapan Relatif (Nisbi)
Kelembapan relatif ialah perbandingan banyaknya uap air yang terdapat dalam udara dengan jumlah uap air maksimum yang sanggup dikandung oleh udara dalam suhu yang sama (dalam persen).



Keadaan udara di Indonesia rata- rata ialah lembap. Di dataran rendah erat pantai, rawa-rawa dan sungai- sungai besar, kelembapan udaranya relatif tinggi yaitu di atas 60%, sedangkan di daerah-daerah yang tinggi di lereng pegunungan, kelembapan udara itu relatif lebih rendah. Kelembapan udara yang tinggi, lebih memungkinkan terjadinya hujan, dibandingkan dengan kelembapan udara yang rendah.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Ihwal Kelembapan Udara Sebagai Unsur Cuaca Dan Iklim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel