Penjelasan Ihwal Beberapa Teori Mengenai Sel

Beberapa andal sudah mencoba menyelidiki wacana struktur dan fungsi sel, dan kemudian muncullah beberapa teori wacana sel. Sejarah ditemukannya teori wacana sel diawali inovasi mikroskop yang menjadi masukana untuk mempergampang melihat struktur sel. Berbagai penelitian para andal biologi, antara lain ibarat diberikut.

1. Robert Hooke (1635-1703)

Ia mencoba melihat struktur sel pada akutan gabus di bawah mikroskop. Dari hasil pengamatannya diketahui terlihat rongga-rongga yang dibatasi oleh dinding tebal. Jika dilihat secara keseluruhan, strukturnya ibarat masukang lebah. Satuan terkecil dari rongga tersebut dinamakan sel.

2. Schleiden (1804-1881) dan T. Schwann (1810-1882)

Mereka mengamati sel-sel jaenteng binatang dan tumbuhan. Schleiden mengadakan penelitian terhadap tumbuhan. Sesudah mengamati badan tumbuhan, ia menemukan bahwa banyak sel yang menyusun badan tumbuhan. Akhirnya ia menyimpulkan bahwa satuan terkecil dari flora yakni sel. Schwann melaksanakan penelitian terhadap hewan. Ternyata dalam pengamatannya tersebut ia melihat bahwa badan binatang juga tersusun dari banyak sel. Selanjutnya ia menyimpulkan bahwa satuan terkecil dari badan binatang yakni sel. Dari dua penelitian tersebut keduanya menyimpulkan bahwa sel ialah unit terkecil penyusun makhluk hidup.

3. Robert Brown

Pada tahun 1831, Brown mengamati struktur sel pada jaenteng tumbuhan anggrek dan melihat benda kecil yang terapung-apung dalam sel yang kemudian didiberi nama inti sel atau nukleus. Berdasarkan analisanya diketahui bahwa inti sel selalu terdapat dalam sel hidup dan kehadiran inti sel itu sangat penting, yaitu untuk mengatur segala proses yang terjadi di dalam sel.

 Beberapa andal sudah mencoba menyelidiki wacana struktur dan fungsi sel Penjelasan wacana Beberapa Teori terkena Sel
Robert Brown


4. Felix Durjadin dan Johannes Purkinye

Pada tahun 1835, setelah mengamati struktur sel, Felix Durjadin dan Johannes Purkinye melihat ada cairan dalam sel, kemudian cairan itu didiberinya nama protoplasma.

5. Max Schultze (1825-1874)

Ia menegaskan bahwa protoplasma ialah dasar-dasar fisik kehidupan. Protoplasma ialah daerah terjadinya proses hidup.

Dari pendapat beberapa andal biologi tersebut alhasil melahirkan beberapa teori sel antara lain:
  1. sel ialah unit struktural makhluk hidup;
  2. sel ialah unit fungsional makhluk hidup;
  3. sel ialah unit reproduksi makhluk hidup;
  4. sel ialah unit hereditas.


Beberapa teori sel itu mengatakan betapa pentingnya peranan sel alasannya yakni hampir tiruana proses kehidupan dan acara makhluk hidup dipengaruhi oleh sel.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Ihwal Beberapa Teori Mengenai Sel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel