Penjelasan Atau Definisi Rumus Molekul Dan Rumus Empiris

Rumus kimia zat menyatakan jenis dan jumlah relatif atom-atom yang terdapat dalam zat itu. Angka yang menyatakan jumlah atom suatu unsur dalam rumus kimia disebut angka indeks. Rumus kimia zat sanggup berupa rumus molekul atau rumus empiris.

1. Rumus Molekul
Rumus molekul yaitu rumus yang menyatakan jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Makara rumus molekul menyatakan susunan gotong royong dari molekul zat.
misal:
  1. Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
  2. Rumus molekul glukosa C6H12O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen.

2. Rumus Empiris
Rumus empiris yaitu rumus yang menyatakan perbandingan terkecil atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa. Rumus kimia senyawa ion ialah rumus empiris.
misal:
  1. Natrium klorida ialah senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida NaCl.
  2. Kalsium klorida ialah senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2 .

Pada kondisi kamar, sebagian unsur-unsur ada yang membentuk molekul-molekul. Rumus kimia unsur-unsur semacam ini tidak digambarkan spesialuntuk dengan lambang unsurnya, melainkan unsur beserta jumlah atom yang membentuk molekul unsur tersebut.
misal:
  1. Rumus kimia gas oksigen yaitu O2 , berarti rumus kimia gas oksigen terdiri atas molekul-molekul oksigen yang dibangun oleh dua atom oksigen.
  2. Rumus kimia fosfor yaitu P4 , berarti rumus kimia unsur fosfor terdiri atas molekul-molekul fosfor yang tiap molekulnya dibuat dari empat buah atom fosfor.

Semua senyawa mempunyai rumus empiris. Senyawa molekul mempunyai rumus molekul selain rumus empiris. Pada banyak senyawa, rumus molekul sama dengan rumus empirisnya. Senyawa ion spesialuntuk mempunyai rumus empiris. Jadi, tiruana senyawa yang mempunyai rumus molekul, niscaya mempunyai rumus empiris. Namun, senyawa yang mempunyai rumus empiris, belum tentu mempunyai rumus molekul.

Langkah-langkah memilih rumus empiris dan rumus molekul sebagai diberikut.

menyatakan jenis dan jumlah relatif atom Penjelasan atau Definisi Rumus Molekul dan Rumus Empiris


Keterangan:
y : massa unsur dibagi dengan Ar
x : dikalikan dengan hasil perbandingan dengan Mr rumus molekul dan Mr rumus empiris


Untuk Materi Kimia lainnya, silahkan klik gambar diberikut ...!

menyatakan jenis dan jumlah relatif atom Penjelasan atau Definisi Rumus Molekul dan Rumus Empiris


Demikianlah bahan Kimia wacana Rumus Molekul dan Rumus Empiris ini saya sampaikan, Semoga bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Atau Definisi Rumus Molekul Dan Rumus Empiris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel