Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu) Dan Floem

A. Xilem

Fungsi xilem yakni sebagai tempat pengangkutan air dan zat-zat mineral dari akar ke bab daun. Susunan xilem ini ialah suatu jaenteng pengangkut yang kompleks, terdiri atas banyak sekali bentuk sel. Selain itu, sel-selnya ternyata ada yang sudah mati dan ada pula yang masih hidup, tetapi pada umumnya sel-sel penyusun xilem sudah mati dengan membran selnya yang tebal dan mengandung lignin sehingga fungsi xilem juga sebagai jaenteng penguat.

Unsur-unsur utama xilem yakni sebagai diberikut.
1.Trakeid
Susunan sel trakeid terdiri atas sel-sel yang sempit, dalam hal ini penebalan-penebalan pada dindingnya ternyata berlangsung lebih tebal kalau dibandingkan dengan yang sudah terjadi pada trakea. Sel-sel trakeid itu kebanyakan mengalami penebalan sekunder, lumen selnya tidak mengandung protoplas lagi. Dinding sel sering bernoktah. Trakeid mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai unsur penopang dan penghantar air.

2. Trakea (Komponen Pembuluh)
Trakea terdiri atas sel-sel silinder yang setelah cukup umur akan mati dan ujungnya saling bersatu membentuk sebuah tabung penghantar air bersel banyak yang disebut pembuluh. Dindingnya berlubang-lubang tempat lewat air dengan bebas dari satu sel ke sel lain sehingga berbentuk suatu tabung yang strukturnya ibarat sebuah talang. Kekhususan pada trakea antara lain, ukurannya lebih besar daripada sel-sel trakeid dan membentuk untaian sel- sel longitudinal yang panjang, penebalan-penebalannya terdiri atas zat lignin yang tipis dibandingkan trakeid.

3. Parenkim Xilem
Parenkim xilem biasanya tersusun dari sel-sel yang masih hidup. Dapat dijumpai pada xilem primer dan sekunder. Pada xilem sekunder dijumpai dua macam parenkim, yaitu parenkim kayu dan parenkim jari-jari empulur.

Parenkim kayu sel-selya dibuat oleh sel-sel pembentuk fusi unsur-unsur trakea yang sering mengalami penebalan sekunder pada dindingnya. Parenkim jari-jari empulur tersusun dari sel-sel yang pada umumnya mempunyai dua bentuk dasar, yakni yang bersumbu panjang ke arah radial dan sel-sel bersumbu panjang ke arah vertikal.

Sel-sel parenkim xilem berfungsi sebagai tempat cadangan makanan berupa zat tepung. Zat tepung biasanya tertimbun hingga pada saat-saat giatnya pertumbuhan kemudian berkurang bersamaan dengan acara kambium.

B. Floem

Floem berfungsi untuk mengangkut dan berbagi zat-zat makanan yang ialah hasil fotosintesis dari bagian- bab lain yang ada di bawahnya. Floem mempunyai susunan jaenteng yang sifatnya demikian kompleks, terdiri atas beberapa macam bentuk sel dan di antaranya terdapat sel-sel yang masih tetap hidup atau aktif sel dan sel-sel yang sudah mati.

Sel yang menyusun floem antara lain sel tapis, sel penyerta, sel serabut, kulit kayu, dan sel parenkim kulit kayu. Pada acara mencangkok, bab ini harus dikelupas habis. Tahukah Anda mengapa demikian? Hal ini dilakukan supaya zat- zat makanan tertimbun pada bab tersebut sehingga sanggup terbentuk akar- akar pada media cangkoknya. Struktur floem sanggup Anda lihat pada Gambar diberikut.
 Fungsi xilem yakni sebagai tempat pengangkutan air dan zat Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu) dan Floem
Struktur floem

Floem terdiri atas unsur-unsur diberikut.
a) Unsur-Unsur Tapis
Unsur-unsur tapis mempunyai ciri-ciri, yaitu adanya kawasan tipis di dinding dan pada dasarnya hilang dari protoplas. Daerah tapis ialah kawasan noktah yang termodifikasi dan tampak sebagai kawasan cekung di dinding yang berpori-pori. Pori-pori tersebut dilalui oleh plasmodesmata yang menghubungkan dua unsur tapis yang berdampingan. Sel-sel tapis ialah sel panjang yang ujungnya meruncing di bidang tangensial dan membulat di bidang radial. Dinding lateral banyak mengandung kawasan tapis yang berpori. Pada komponen bulu tapis, dinding ujungnya saling berlekatan dengan dinding ujung sel di bawahnya atau di atas sehingga membentuk formasi sel-sel memanjang yang disebut pembuluh tapis.

b) Sel Pengantar
Sel pengantar ialah sel muda yang bersifat meristematis. Sel-sel pengantar di duga mempunyai tugas dalam keluar masuknya zat-zat makanan melalui pembuluh tapis.

c) Sel Albumin
Sel albumin terdapat pada tumbuhan Conifer, yang ialah sel-sel empulur dan parenkim floem, mengandung banyak zat putih telur dan terletak akrab dengan sel-sel tapis. Diduga sel-sel albumin mempunyai fungsi serupa dengan sel pengantar.

d) Parenkim Floem
Parenkim floem ialah sel-sel hidup yang berfungsi untuk menyimpan zat-zat tepung, lemak, dan zat organik lainnya dan juga ialah tempat akumulasi beberapa zat ibarat zat tannin dan resin.

e) Serat-Serat Floem
Serat-serat floem ialah sel-sel jaenteng yang sudah mengayu. Di dalam berkas pengangkut, unsur-unsur xilem dan floem selalu terdapat berdampingan atau salah satu di antaranya terletak mengelilingi unsur lain.

Kenyataan di alam menawarkan bahwa floem selalu terdapat berpasangan dengan xilem untuk membentuk berkas pengangkut pada tumbuhan. Dalam pengamatan di bawah mikroskop, berkas pengangkut sanggup dengan simpel dibedakan dengan jaenteng parenkim di sekitarnya alasannya yakni relatif kecil dan tanpa ruang antarsel. Hanya trakea yang sel-selnya lebih besar dibanding-kan sel-sel di sekitarnya.

Berdasarkan letak xilem dan floemnya, berkas pengangkut dibedakan menjadi tiga tipe dasar, yaitu sebagai diberikut.
a) Kolateral
Anda sanggup membedakan 2 tipe berkas pengangkut pada tumbuhan. Kedua tipe berkas pengangkut itu disebut tipe kolateral. Tipe kolateral terjadi pada berkas pengangkut di mana letak xilem dan floem berdampingan. Floem berada di bab luar. Tipe kolateral dibedakan menjadi tiga.
1) Kolateral Tertutup
Tipe kolateral tertutup terbentuk bila antara xilem dan floem tidak terdapat kambium, melainkan terdapat parenkim. Berkas pengangkut tipe kolateral tertutup ini kadang dikelilingi jaenteng sklerenkim yang sering disebut sebagai seludang berkas pengangkut. Berkas pengangkut tipe kolateral tertutup ini sanggup dijumpai pada tumbuhan golongan Monokotil.

2) Kolateral Terbuka
Pada tipe ini antara xilem dan floem terdapat kambium, contohnya pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Pada tipe kolateral terbuka, kambium ialah penghubung antara xilem dan floem. Berdasarkan letak dan posisinya pada tipe ini, kambium dibedakan menjadi dua yaitu kambium fasikuler, bila kambiumnya terletak dalam berkas pengangkut dan kambium interfasikuler bila kambiumnya terletak di luar berkas pengangkut. Kambium fasikuler berperan dalam pembentukan floem ke arah luar dan xilem ke arah dalam.

3) Bikolateral
Bila xilem terdapat di antara dua xilem dan floem maka disebut bikolateral. Di antara floem bab luar dan xilem terdapat kambium, sedangkan antara xilem dan floem bab dalam tidak terdapat kambium. misalnya, pada tumbuhan Solanaceae. Untuk memahami perbedaan struktur tipe kolateral sanggup Anda perhatikan Gambar diberikut ini!
 Fungsi xilem yakni sebagai tempat pengangkutan air dan zat Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu) dan Floem
Kolateral terbuka, kolateral tertutup, dan bikolateral terbuka

b) Konsentris
Disebut tipe konsentris, yaitu bila jaenteng pengangkut yang ada terletak di tengah-tengah, sedangkan unsur jaenteng pengangkut lainnya mengelilingi unsur yang berada di tengah itu. Pada tipe konsentris letak xilem dikelilingi floem atau sebaliknya. Tipe konsentris dibedakan menjadi dua.
1) Konsentris amphikribral
Pada tipe ini letak xilem berada di tengah-tengah, dan floem mengelilingi xilem tersebut. Umumnya dijumpai pada tumbuhan golongan paku-pakuan (Pteridophyta).

2) Konsentris amphivasal
Pada tipe ini letak amphivasal floem berada di tengah-tengah, sedangkan xilem mengelilingi floem tersebut. contohnya pada Cirdyline sp. dan rhizoma Acorus calamus. Untuk memahami perbedaan struktur tipe konsentris, perhatikan Gambar diberikut!
 Fungsi xilem yakni sebagai tempat pengangkutan air dan zat Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu) dan Floem
Tipe konsentris amphikribral dan konsentris amphivasal


c) Radial
Tipe radial terjadi bila xilem dan floem bergantian berdasarkan arah jari-jari lingkaran. misal terdapat pada akar primer dikotil dan akar tumbuhan monokotil. Untuk memahami struktur tipe radial ini sanggup Anda perhatikan Gambar diberikut!

 Fungsi xilem yakni sebagai tempat pengangkutan air dan zat Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu) dan Floem
Tipe radial


Demikianlah bahan perihal Xilem (Pembuluh Kayu) dan Floem ini saya sampaikan, supaya bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Xilem (Pembuluh Kayu) Dan Floem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel