Pengertian Dan Klarifikasi Perihal Inti Sel (Nukleus)

Nukleus ialah organ terbesar sel, dengan ukuran diameter antara 10-20 nm. Nukleus mempunyai bentuk lingkaran atau lonjong. Hampir tiruana sel mempunyai nukleus, sebab nukleus ini berperan penting dalam acara sel, terutama dalam melaksanakan sintesis protein. Namun ada beberapa sel yang tidak mempunyai nukleus antara lain sel eritrosit dan sel trombosit. Pada kedua sel ini acara metabolisme terbatas dan tidak sanggup melaksanakan pembelahan.

Biasanya sebuah sel spesialuntuk mempunyai satu nukleus saja, yang terletak di tengah. Namun ada sel-sel yang mempunyai inti lebih dari satu yaitu pada sel parenkim hati dan sel otot jantung, yang mempunyai dua buah nukleus. Adapun pada sel otot rangka terdapat banyak nukleus. Komposisi nukleus terdiri atas membran nukleus, matriks, dan anak inti.

a. Membran Nukleus (Karioteka)

Susunan molekul membran ini sama dengan susunan molekul membran sel, yaitu berupa lipoprotein. Membran inti juga dilengkapi dengan pori- pori yang sanggup memungkinkan hubungan antara nukleoplasma dan sitoplasma. Pori-pori ini berperan dalam memindahkan bahan antara inti sel dan sitoplasmanya.

Membran inti spesialuntuk sanggup dilihat dengan terang dengan memakai mikroskop elektron. Membran inti terdiri atas dua selaput yaitu selaput luar dan selaput dalam. Selaput luar mengandung ribosom pada sisi yang menghadap sitoplasma dan sering kali bekerjasama dengan membran retikulum endoplasma.

b. Matriks (Nukleoplasma)

Nukleoplasma terdiri atas cairan inti yang tersusun dari zat protein inti yang disebut dengan nukleoprotein.

c. Anak Inti (Nukleolus)

Di dalam nukleolus banyak terkandung kromosom, yaitu benang-benang halus DNA. Kromosom tersebut berfungsi untuk:
1) memilih ciri-ciri yang dimiliki sel;
2) mengatur bentuk sel;
3) memilih generasi selanjutnya.

DNA tersusun dalam kromosom yang terdapat pada nukleoplasma, sedangkan daerah sintesis RNA terjadi pada nukleolus. Untuk lebih memahami wacana struktur nukleus sanggup Anda lihat
pada Gambar diberikut.
 Nukleus mempunyai bentuk lingkaran atau lonjong Pengertian dan Penjelasan wacana Inti Sel (Nukleus)
Nukleus


Demikianlah bahan perihal Inti Sel (Nukleus) ini saya sampaikan, supaya bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Klarifikasi Perihal Inti Sel (Nukleus)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel