Pengertian Dan Klarifikasi Jaringan Parenkim Tumbuhan

Parenkim ialah jaenteng yang terbentuk atas sel hidup. Jaenteng parenkim disebut juga jaenteng dasar alasannya hampir pada setiap tumbuhan akan terdapat parenkim. Jaenteng parenkim terdapat pada jaenteng- jaenteng lain. Selain itu, jaenteng parenkim disebut juga jaenteng pemula alasannya pada tumbuhan primitif tubuhnya spesialuntuk terdiri atas sel-sel parenkim.

Jaenteng parenkim mempunyai membran sel yang tipis dan jarang mengandung lignin. Sel ini masih melaksanakan acara hidup dan mempunyai vakuola yang meliputi zat makanan. Jaenteng parenkim mempunyai kloroplas dan berbentuk poligonal dengan banyak ruang antarsel untuk pertukaran udara. Selain membentuk jaenteng sederhana, sel parenkim ialah komponen dari dua jaenteng kompleks, yaitu xilem dan floem. Untuk lebih memahami jaenteng parenkim, silahkan perhatikan gambar diberikut!
 ialah jaenteng yang terbentuk atas sel hidup Pengertian dan Penjelasan Jaenteng Parenkim Tumbuhan
Jaenteng Parenkim

Beberapa organ badan tumbuhan yang mengandung jaenteng parenkim ialah sebagai diberikut.
  1. Batang
    Jaenteng parenkim pada batang terdapat pada empulur dan di antara epidermis dan pembuluh angkut.
  2. Akar
    Jaenteng parenkim pada akar juga terletak di antara epidermis dan pembuluh angkut sebagai korteks.
  3. Mesofil daun
    Jaenteng parenkim pada mesofil daun kadang kala berdiferensiasi menjadi jaenteng tiang dan bunga karang.
  4. Pembentuk daging buah
  5. Pembentuk endosperma

Jaenteng parenkim dibedakan menurut fungsi dan bentuknya. Macam-macam jaenteng parenkim menurut fungsinya, antara lain menyerupai diberikut :
1) Parenkim Asimilasi (Klorenkim)
Parenkim asimilasi banyak mengandung klorofil sehingga sanggup bermanfaa untuk proses fotosintesis.
2) Parenkim Udara (Aerenkim)
Pada parenkim udara terdapat ruang antarsel, fungsinya ialah untuk aerasi atau pertukaran gas pada tumbuhan air, yaitu untuk mengapung pada permukaan air.
3) Parenkim Air
Parenkim air berfungsi untuk menyimpan air. Parenkim ini dijumpai pada tumbuhan xerofit dan epifit. misalnya, parenkim yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan Agave dan Aloe.
4) Parenkim Makanan
Parenkim ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Bisa terdapat pada akar, umbi, buah, dan batang. Makanan cadangan tersebut sanggup berbentuk zat-zat padat, contohnya tepung, protein, lemak, dan tetes-tetes minyak
5) Parenkim Pengangkut
Jaenteng parenkim pengangkut mempunyai kegunaan sebagai alat pengangkut yang menghubungkan jaenteng-jaenteng sebelah luar dan dalam yang disebut dengan parenkim jari-jari empulur.

Berdasarkan bentuknya, parenkim dibedakan menjadi empat.
  1. Parenkim palisade, ialah parenkim penyusun mesofil, kadang pada biji berbentuk sel panjang, tegak, mengandung banyak kloroplas.
  2. Parenkim bunga karang, juga ialah parenkim penyusun mesofil daun. Bentuk dan ukuran parenkim ini tak teratur dengan ruang antarsel yang lebih besar.
  3. Parenkim bintang, berbentuk menyerupai bintang bersambungan ujungnya contohnya pada tangkai daun Canna sp.
  4. Parenkim lipatan, dinding selnya mengadakan lipatan ke arah dalam serta banyak mengandung kloroplas. Misalnya pada mesofil daun pinus dan padi.
Demikianlah bahan perihal Jaenteng Parenkim Tumbuhan ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Klarifikasi Jaringan Parenkim Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel